Akhir pekan saatnya luangkan waktumu untuk liburan. Setelah 5 hari kerja di kota dengan suasana penat sampai bikin otakmu panas, nggak ada salahnya kan weekend mlipir minggir ke daerah asri yang bersuhu dingin. Dengan kriteria itu, salah satu daerah yang wajib kamu kunjungi adalah Desa Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah!

Memiliki suasana alam yang masih terjaga dan kesejukan khas pedesaan, pikiranmu bakal lebih segar saat main ke sini. Ditambah lagi ada wisata baru bernama Oemah Bamboo Merapi, tempat baru yang asik buat hunting foto buat feeds Instagram-mu!

Sempat mengalami kerusakan pasca erupsi Merapi 2010, New Selo berbenah diri. Kini ada Oemah Bamboo Merapi yang bikin New Selo semakin apik…

Asik, kan? via youtube.com

Masih teringat jelas kala Merapi mengamuk pada 2010 silam. Erupsinya memporak-porandakan segala yang berada di dekatnya. Tak terkecuali Desa Selo di Boyolali. Keindahan obyek wisata Selo yang terkenal akan keasriannya hancur karena amuk Merapi. Namun, tak lama setelahnya mereka berbenah diri. Mendapat bantuan dari relawan-relawan Merapi, Desa Selo berubah jadi wisata New Selo yang lebih tertata dan indah.

Icon dan wajah baru Desa Selo adalah Oemah Bamboo Merapi yang kini sedang hits di sosial media. Karenanya pesona New Selo kini semakin dikenal luas oleh masyarakat. Dulunya sempat luluh lantak karena erupsi Merapi, kini sudah cantik dan semakin berwarna. Oemah Bamboo Merapi cocok untuk pelarian singkatmu dari kegiatan di perkotaan yang menjemukan.

Letak Oemah Bamboo Merapi yang berada di ketinggian 1700 mdpl menyuguhkan udara sejuk yang asri. Cocok buat pelarian dari panas dan teriknya kota besar..

Advertisement

Keren tuh pemandangannya… via twitter.com

Suasana perkotaan yang panas ditambah dengan segala kesibukannya pasti merenggut waktu dan tenagamu. Berlama-lama berada di kota kadang akan membuatmu susah berpikir jernih. Kesibukan kerja semakin membuatmu pusing nggak karuan. Karenanya kamu wajib sejenak melarikan diri dari sana guna menjaga pikiranmu tetap sehat. Biar fisik dan pikiranmu tetap sehat gitu, alias nggak stress. Hehe…

Nah, letak Oemah Bamboo yang berada di ketinggian 1700 mdpl ini cocok jadi tempat pelarianmu. Berada di ketinggian segitu, suasana sejuk dan asrinya sudah pasti terasa. Pikiranmu yang tadinya spaneng dan pusing karena kerjaan bakal lebih fresh deh. Weekend besok kabur gih ke sana~ 😀

Dikelilingi 7 gunung, kamu bisa menikmati indahnya dari Oemah Bamboo Merapi. Feeds Instagram-mu dijamin bakal banjir ‘like’

Keindahan gunung Merapi memang sudah nggak perlu dipertanyakan lagi. Pun demikian dengan Gunung Merbabu yang menyimpan sejuta pesona yang pasti memanjakan mata. Nongkrong di Oemah Bamboo Merapi, nggak cuma bisa nikmati 2 gunung itu aja. Ada 7 gunung yang mengelilingi tempat ini. Indahnya jelas nggak usah ditanya lagi…

Jika cuaca cerah, kamu bisa menaiki gardu pandang setinggi 10 meter yang berada di Oemah Bamboo Merapi ini. Dari puncaknya, kamu bisa melihat tujuh gunung yang mengelilinya dengan indah. Mulai dari Merapi dan Merbabu, Gunung Lawu di Karanganyar, Gunung Sindoro dan Sumbing, Gunung Telomoyo, bahkan puncak Gunung Slamet bisa terlihat.

Kalau berfoto di sini, kamu cuma tinggal pilih saja mau background gunung yang mana.

Bangunannya yang terbuat dari bambu jadi daya tarik tersendiri. Foto-foto di sini hasilnya ciamik banget, loh…

Kalau pemandangan tujuh gunung tersebut kurang membuatmu tertarik, pesona bangunan Oemah Bamboo Merapi juga nggak kalah indah kok. Mulai dari lantai, terowongan, gazebo hingga gardu pandang yang ada di sana terbuat dari bambu loh.

Oemah Bamboo Merapi sendiri sejatinya dibangun sukarelawan Barameru Merapi. Butuh kira-kira 3.000-4.000 batang bambu yang didatangkan dari wilayah Mekoro, Ampel, untuk membangun Oemah Bambu Merapi ini. Tenang, tak perlu takut bambunya reyot karena rayap. Sebelum dirangkai, setiap bambu sudah disuntik obat agar tak mudah keropos kok.

Kalau cuma untuk 80-100 orang mah pasti kuat~

Oemah Bamboo Merapi sejatinya akan dipergunakan sebagai kedai kopi, tapi belum dibuka aja sudah seramai ini. Tempatnya asik sih…

Tempat seasik ini niatnya memang tak hanya digunakan sebagai spot selfie doang. Niat awal Oemah Bamboo Merapi aslinya adalah sebuah kedai kopi. Di tempat yang memiliki suhu dingin dan panorama hijau pegunungan yang masih asri, ngopi sudah menjadi budaya asik di sana.

Untuk sekarang, kedai kopi Oemah Bamboo Merapi ini memang belum secara resmi dibuka. Namun lihat saja pengunjung yang datang ke sana. Sehari-harinya bisa mencapai 80 orang pengunjung yang datang ke sana. Bahkan kalau hari libur bisa sampai 500 orang dalam seharinya!

Coba deh bayangkan kalau kedai kopinya sudah dibuka, ngopi di sana sambil menikmati sejuk dan asrinya desa Selo bakal bikin hidupmu lebih selow~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya