Hal apa yang terbayang di kepalamu ketika mendengar kata Purwokerto? Ya mungkin langsung teringat bahasa ‘ngapak’ kali ya. Maklum saja, kota yang berada di Kabupaten Banyumas ini identik dengan masyarakat berbahasa ‘ngapak.’ Selain itu, Purwokerto juga identik dengan makanan khas gethuk goreng dan juga Soto Sokaraja. Apalagi yang identik dengan Purwokerto hayo?

Ternyata Purwokerto nggak cuman terkait dengan dunia ngapak semata, namun juga dunia ghaib. Ada beberapa kisah misteri yang ada di Kota Purwokerto dan sekitarnya. Paling sedap emang dibaca malam-malam. Yuk simak sama-sama kisah mistis di sana!

 

Kita mulai dengan kisah misteri di SMA 2 Purwokerto. Salah satu SMA terbesar di Purwokerto ini terkenal dengan cerita mistisnya

sma 2 purwokerto via www.smadhapeduli.org

Kisah misteri SMA 2 Purwokerto memang cukup terkenal. Pantas saja, bangunan sekolah ini masih menggunakan bangunan lawas yang tampak angker. Di aulanya kabarnya sering muncul penampakan perempuan yang cuma punya satu tangan. Selain itu, ada juga yang dihantui dengan mayat bergantung dengan penuh darah di tubuhnya. Serem banget sih ini. Konon menurut sejarah, dulunya tempat ini memang dijadikan tempat penyimpanan mayat jaman penjajahan Jepang. Mungkin karena sebab itulah bangunan ini dihuni banyak makhluk halus. Serem sih, penyimpanan mayat, Bro!

Advertisement

 

Pabrik gula Kalibagor sudah mangkrak puluhan tahun. Hawa seram pabrik ini begitu terasa…

dari luar aja udah serem abis via wowasiknya.com

Di luar kota Purwokerto, arah Banyumas, terdapat pabrik gula Kalibagor yang sudah mangkrak. Sejak 1997 pabrik gula ini memang sudah tidak pernah beroperasi. Alhasil bangunan tua inipun jadi tempat yang begitu menyeramkan. Cocok buat uji nyali sih. Tapi sepertinya, jangankan uji nyali, mampir ke bangunan itu aja pada takut deh. Horor abis bangunannya. Apalagi ada kuburan Belanda yang berada di komplek pabrik gula ini.

 

Jembatan Kali Banjaran sering muncul penampakan sesosok makhluk dengan wajah yang menyeramkan!

jembatan kali banjaran via i.ytimg.com

Sungai Banjaran memanjang dan mengalir dari pegunungan di Purwokerto ke arah selatan. Sepanjang sungai banjaran di Purwokerto tersebut berdiri beberapa jembatan yang menghubungkan beberapa desa disana. Salah satu desa yang dilewati adalah Desa Beji. Di jembatan yang melewati desa ini kabarnya ada beberapa orang yang melihat penampakan sesosok makhluk dengan wajah yang menyeramkan. Waduh…

 

Gunung Slamet letaknya tak begitu jauh dari Purwokerto. Konon, gunung Slamet adalah gunung paling angker di Jawa!

gunung slamet paling angker via nasional.tempo.co

Meskipun nggak berada di kota, Gunung Slamet terletak tak jauh dari Purwokerto. Kalau ditanyakan kepada kawan-kawan pendaki gunung, gunung mana yang paling angker? maka tak akan sedikit yang menjawab Gunung Slamet. Memang gunung ini banyak menyimpan misteri, gaes. Gunung Slamet ini konon merupakan kerajaan ghaib dimana ada dua pohon besar (dari arah Pos Bambangan) sebagai gerbang kerajaan ghaib tersebut. Waduh, pasti banyak banget penunggunya, ya!

Di Pos Samarantu dikenal cukup horor bagi para pendaki. Dihimbau untuk tidak mendirikan tenda di pos ini karena akan diganggu makhluk tak kasat mata. Sementara di Pintu Pendakian Guci, konon ada makhluk kecil yang suka mencuri makanan dan tiba-tiba menghilang. Gunung ini juga banyak didatangi pejabat atau tokoh yang ingin ngalap berkah maupun pesugihan. Penunggunya, Naga Cerek, meminta tumbal nyawa kepada si peminta pesugihan tersebut. Ih, ngeri deh. Jangan sesekali ikutan ritual aneh-aneh gitu ya, Guys!

 

Rumah Sakit Geriatri dibangun di bekas bangunan lama Rumah Sakit Margono yang sudah tidak dipakai selama 11 tahun. Pasien sering sekali diganggu makhluk halus di sini…

Meskipun Rumah Sakit Geriatri ini tergolong baru namun nuansa horornya begitu terasa mengingat bekas bangunan lama yang sudah tidak digunakan selama 11 tahun. Rumah Sakit ini dikhususkan untuk pasien lansia. Konon kabarnya, makhluk halus di sini terkadang menyamar menjadi perawat di sana. Waduh, jadi serem bayangin perawatnya bukan manusia. Pasien di sana pun sering diganggu dengan suara kuntilanak hingga digedor-gedor di lift. Ampun deh…

 

Jadi warga Purwokerto, benarkah kisah horor di atas? Apakah kamu juga sering mendengar, bahkan mengalaminya? Kalau ada kisah horor di Purwokerto maupun Banyumas silakan ditulis di kolom komentar ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya