Cantik! Ibarat kemolekan tubuh perawan yang masih terjaga dari pikiran nakal pria, Indonesia menawarkan berjuta pesona alam yang luar biasa cantiknya. Mulai dari Sabang sampai Merauke, berjuta keindahan alam Indonesia siap memanjakan mata dari para penikmatnya. Salah satu destinasi alam yang tengah menjadi tujuan hits traveler saat ini adalah Labuan Cermin!

Kalau kamu mengaku sebagai traveler sejati, silahkan arahkan tujuan travelingmu ke sana. Danau Labuan Cermin dijamin bisa membuatmu berdecak kagum akan pesonanya.

Meski perjalanan ke sana agak ribet dan penuh perjuangan. Semuanya akan terbayar lunas kok begitu kamu sampai di tujuan. Serius!

Disambut pemandangan indah~ via www.instagram.com

Terletak di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Danau Labuan Cermin dikelola oleh masyarakat sekitar dibawah naungan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin, atau disingkat ‘Lekma lamin’. Perjalanan ke sana terbilang sedikit ribet.

Salah satu rute yang bisa kamu ambil adalah rute seperti ini:

Advertisement

“Perjalanan bisa di mulai dari kota kabupaten Berau, lalu menuju ke Tanjung Redep. Dari Tanjung Redep kita melanjutkan perjalanan menuju ke Kec. Biduk-biduk, perjalanan dari Berau menuju ke kecamatan biduk-biduk memakan waktu sekitar 6 sampai 7 jam. Setelah sampai disana sudah banyak petunjuk arah untuk menuju danau labuan cermin.”

Ribet, kan? Tapi sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi dengan pemandangan indah hutan tropis yang masih alami. Lengkap dengan binatang-binatang liar seperti monyet dan burung-burung. Capek sih pasti. Tapi semuanya bakal nggak terbayar ketika kamu sampai di tujuannya kok.

Keindahan Danau Labuan Cermin dijamin bakal membuatmu terpana. Jernihnya air danau akan membuatmu serasa bercermin di sana

Sesampainya di Danau Labuan Cermin, matamu pasti akan terpana oleh keindahannya. Airnya yang bening dan jernih seakan tak pernah terjamah tangan manusia. Saking jernihnya, dasar danau yang dalamnya hingga 3 meter ini sampai bisa terlihat dengan jelas, loh. Ini adalah alasan kenapa danau indah yang satu ini dinamakan Labuan Cermin. Lha emang airnya jernih dan bening banget, sih.

Pun demikian pula dengan pemandangan sekitarnya. Ukuran danau yang tak terlalu besar dan dikelilingi pepohonan akan membuatmu betah berlama di sana

Noh! Dijamin bakal betah di sana~ via www.instagram.com

Tak hanya danaunya yang memiliki pemandangan memesona, pemandangan sekitar danau pun juga tak kalah indahnya. Meski ukuran danau yang indah ini tak lebih besar dari ukuran lapangan sepak bola, namun keindahannya tak perlu kamu pertanyakan. Hutan tropis yang mengelilinginya menambah sempurna keindahan danau berair jernih tersebut. Hutan tropis tersebut tak hanya menambah keindahannya, namun juga menambah sensasi alam yang makin syahdu pada danau Labuan Cermin~

Tak hanya itu, keunikannya juga terletak dari dua jenis airnya yang berbeda. Ada air tawar dan air asin yang harmonis menguatkan pesonanya

Keren gak, cuy? via www.instagram.com

Namun di balik pesona pemandangannya, suguhan utama danau Labuan Cermin terletak pada dua jenis air yang berkumpul jadi satu di sini. Pesona alam yang seperti ini sangat jarang kamu temukan di mana pun juga. Pada lapisan atas, air tawar mengalir dengan jernih di sana. Namun selisih beberapa meter di bawahnya, ada aliran air asin yang juga mengalir berdampingan di danau tersebut. Kedua aliran air tersebut mengalir dengan harmonis tanpa terlihat ada batasnya. Unik, kan?

Karena memang ada dua aliran air yang berbeda, biota yang hidup di dalamnya juga berbeda. Kamu tak cuma akan menemukan ikan-ikan air tawar, namun juga ikan-ikan air laut di dalamnya. Dijamin kamu tak akan menyesal deh saat main ke sana.
Meski demikian, karena memang Labuan Cermin yang sudah semakin terkenal, tak bisa dihindari juga peningkatan jumlah pengunjung yang jalan-jalan ke sana. Oleh karena itu, saat kamu jalan-jalan ke sana usahakan untuk selalu menjaga kenyamanan dan kebersihannya, ya. 😀