Mungkin banyak diantara kamu yang belum pernah dengar tentang Padang 12, kota ini ada di Ketapang, Kalimantan Barat. Padang 12 ini disebut-sebut sebagai kota yang sangat indah melebihi kota-kota lain di dunia. Kota ini memang membuat penasaran, siapa sih yang nggak mau datang ke kota yang super indah? Apalagi tempatnya di Indonesia, nggak perlu jauh-jauh ke luar negri dengan biaya mahal. Tapi tunggu dulu, meski di Indonesia, kamu nggak mungkin bisa melihatnya.

Padang 12 ini nggak bisa dilihat oleh sembarang orang, cuma mereka yang berhati bersih saja yang bisa melihatnya.

Nggak ada apa-apa kan via www.nyunyu.com

Kota ini katanya sama seperti kota manusia pada umumnya, hanya saja tidak bisa dilihat manusia biasa. Padang 12 memang kota gaib yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang berhati bersih dan suci. Sampai sekarang hanya beberapa orang saja yang pernah melihat atau bertemu dengan penduduknya. Meski nggak terlihat, banyak warga sekitar yang mempercayai keberadaan kota ini. Kalau kamu rajin beribadah, mungkin ada kesempatan untuk melihat kota ini.

Penduduknya disebut orang Limun atau orang ‘kebenaran’. Ada yang bilang mereka keturunan malaikat, ada juga yang bilang mereka jin muslim.

Entah gimana sosok mereka via www.toptenthailand.com

Sama seperti kotanya, penduduk Padang 12 juga nggak bisa dilihat manusia, kecuali orang Limun itu sengaja menampakkan diri. Tapi dari kesaksian mereka yang melihatnya, orang Limun berparas seperti manusia pada umumnya, bedanya mereka nggak punya belahan diantara bawah hidung dan atas bibir. Orang Limun ini disebut-sebut sebagai orang suci yang taat beribadah. Ada juga yang menyebutnya keturunan malaikat Harut dan Marut yang tinggal di bumi. Bahkan orang Limun disebut juga sebagai jin muslim yang sudah lama tinggal di daerah situ. Siapa pun mereka, banyak yang meyakini kalau orang Limun hidup sama seperti manusia biasa.

Jangan bayangkan Padang 12 adalah kota yang terlihat seperti kerajaan kuno. Padang 12 jauh lebih modern dari kota-kota di Indonesia, bahkan semuanya serba mewah.

Advertisement

Mungkin Padang 12 seperti ini via 7-themes.com

Salah satu hal yang paling menarik sekaligus aneh dari Padang 12 tentu saja kemewahannya. Kalau selama ini biasanya bayangin kerajaan gaib selalu menyeramkan, Padang 12 malah disebut indah dan mewah. Katanya di sini banyak rumah-rumah mewah dengan jalanan yang sangat bersih. Tapi yang paling aneh, sering dikatakan kalau saking mewahnya, mobil-mobil sport seperti ferrari biasa berseliweran di jalanan kota. Nggak cuma itu, orang Limun juga punya jet pribadi dan kapal pesiar. Gimana belinya tuh? Entah benar atau tidak, nggak sedikit yang percaya kisah ini dan meyakini kalau orang Limun membeli semuanya itu dari dunia manusia biasa kemudian menjadikannya gaib dengan masuk ke Padang 12. Hebat juga ya orang Limun.

Meski punya kehidupan mewah, orang Limun malah nggak punya uang lho, mereka beli pakai kunyit. Tapi kunyit ini bakal berubah jadi emas keesokan harinya.

Mungkin ada orang Limun juga via ngeblokk.wordpress.com

Salah satu kisah paling terkenal tentang Padang 12 ini adalah seorang bidan yang tengah malam didatangi sepasang lelaki bersama istrinya yang mau melahirkan. Karena kasian, bidan itu pun mau membantunya untuk melahirkan. Setelah selesai melahirkan dan mau pulang, sepasang suami istri itu ternyata nggak punya uang dan cuma memberi sekantung kunyit. Pagi harinya setelah si bidan mengecek lagi, kunyit itu sudah berubah menjadi emas. Orang-orang mengatakan kalau sepasang suami istri itu berasal dari Padang 12.

Ada juga cerita tentang pengendara motor lelaki yang mengantarkan seorang nenek ke arah Padang 12. Sesampainya di tempat, si nenek tadi memberikan kunyit yang pagi harinya berubah jadi emas. Dari cerita-cerita itulah mulai bermunculan kabar kalau orang Limun menggunakan kunyit sebagai ganti uang. Mereka dianggap seperti manusia biasa, belanja ke dunia manusia tapi bayarnya pakai kunyit. Mungkin mereka beli jet dan mobil pakai kunyit juga ya.

Kalau kamu pengen membuktikannya sendiri, kamu hanya akan menemui lahan kosong yang dipenuhi ilalang.

Kota yang modern, kapal pesiar hingga ferari itu cukup kamu bayangkan saja. Karena kenyataannya, kamu hanya akan menemui lahan kosong dengan ilalang disetiap sudutnya. Bahkan lampu jalan pun nggak ada, jadi ketika malam akan sangat gelap gulita. Tempat ini disebut padang 12 karena hanya berupa padang rumput sepanjang 12 km. Kota mewah itu berada di dimensi lain dari lahan kosong itu, yang tak bisa dijamah oleh manusia.

Sayang sekali ya, Padang 12 yang katanya indah itu nggak bisa dilihat mata manusia. Boleh percaya atau tidak, tapi nggak sedikit yang percaya dengan keberadaan Padang 12. Namanya juga Indonesia, punya banyak kisah yang entah benar atau tidak, tapi cukup dengan keyakinan saja. Datang saja ke tempat ini kalau penasaran, siapa tahu kamu beruntung bisa melihat kotanya.