Berbicara soal kamera, rasanya kita semua sudah gak asing. Zaman sekarang, menemukan kamera sudah tak selangka puluhan tahun lalu. Tapi, gimana ya kalau sebuah kamera dijadikan seseorang sebagai inspirasi untuk membangun rumah? Pasti penasaran ‘kan?

Nah untuk mengobati rasa penasaran tersebut, liburan kemarin, Hipwee Travel berkesempatan mengunjungi bangunan unik yang bernama Rumah Kamera di Kabupaten Magelang. Mau tau ada apa aja di sana? Yuk ke sana! Eh maksudnya, yuk simak artikel ini!

PS: Membaca artikel ini, bisa bikin kamu mupeng.

Letaknya gak jauh dari Candi Borobudur kok. Cukup menempuh jarak sekitar satu kilometer ke arah selatan dari candi.

Letaknya di Desa Majaksingi. via hipwee.com

Untuk mencari Rumah Kamera di Magelang, kamu gak bakal kesusahan kok. Cukup jadikan Candi Borobudur sebagai patokan, lalu kamu tinggal menuju sebelah selatan. Karena Rumah Kamera letaknya di sebuah desa bernama Desa Majaksingi, maka jadikan desa tersebut sebagai tujuan awal.

Advertisement

Dari Candi Borobudur kamu cuma perlu menempuh jarak sekitar satu kilometer. Sepanjang perjalanan, kamu bisa menemukan petunjuk jalan menuju ke Rumah Kamera. Kalau masih bingung, kamu bisa tanyakan pada masyarakat sekitar. Tenang aja, kamu gak bakal dibuat nyasar. Pokoknya, kamu bakal ngerasain ramahnya orang-orang Magelang deh.

 

Kalau lagi beruntung, kamu bakal disambut Pak Tanggol. Sang pemilik Rumah Kamera yang sangat inspiratif.

Tanggol Angien Jatikusumo. via hipwee.com

Saat tiba di Rumah Kamera, kalau beruntung, kamu bakal disambut seorang pria paruh baya bernama Tanggol Angien Jatikusumo. Beliau adalah pemilik dari Rumah Kamera.

Sebelum menikmati setiap lekuk dan sudut bangunan unik tersebut, Hipwee Travel berkesempatan ngobrol santai bersama Pak Tanggol, sapaan akrabnya, soal Rumah Kamera.

Menurut Pak Tanggol, pembangunan Rumah Kamera sudah dimulai sejak tiga tahun yang lalu. Bangunan berbentuk kamera raksasa itulah yang menjadi bangunan pertama.

“Karena animo pengunjung sangat banyak, maka dua tahun yang lalu sudah saya buka. Terlebih banyak pengunjung yang dari luar kota ke sini yang kalau kita tolak nantinya takut kecewa,” kata Pak Tanggol.

Ide untuk membangun rumah berbentuk kamera ternyata sudah muncul sejak lama. Kira-kira gimana ya?

Pak Tanggol saat berbagi cerita tentang Rumah Kamera. via hipwee.com

Ide membangun rumah berbentuk kamera ternyata sudah jauh-jauh hari berada dalam benak Pak Tanggol. Kala itu, Pak Tanggol masih tinggal di Bali. Menurutnya, ia harus susah payah dan rajin menabung untuk bisa membeli sebuah kamera.

“Dulu di Bali, boro-boro beli kamera, makan saja saya ngutang.”

“Setelah punya kamera saya sangat senang. Kamera itu kemudian disayang-sayang. Sambil menatap kamera, saya berpikir, kapan ya rumah saya bisa seperti kamera ini?” ungkap Pak Tanggol ketika menceritakan inspirasinya membangun Rumah Kamera.

Rumah Kamera bukan cuma soal bentuk bangunan lho. Banyak hal yang disuguhkan di dalamnya.

Gak cuma arsitekturnya doang. via hipwee.com

Setelah ngobrol santai dengan Pak Tanggol, Hipwee Travel kemudian diizinkan untuk melanjutkan ‘melucuti’ setiap fasilitas yang ada di dalam Rumah Kamera. Kamu pasti kaget dengan keadaan di dalam Rumah Kamera. Lebih dari yang kamu harapkan. Pokoknya, setiap fasilitas di Rumah Kamera bakal memberikan pengalaman baru buat kamu di sana.

Nah, untuk masuk dan menikmati semua fasilitas yang disuguhkan di dalam bangunan Rumah Kamera, kamu cukup merogoh kocek Rp 50.000. Harga tersebut sudah lengkap dengan seorang guide yang akan memandu kamu dalam menikmati setiap fasilitas.

 

Buat kamu yang punya rasa seni tinggi, jangan lewatkan menikmati lukisan-lukisan hasil karya Pak Tanggol di ruang galeri.

Ruang galeri di Rumah Kamera. via hipwee.com

Pak Tanggol merupakan seorang pelukis yang sudah banyak dikenal petinggi negara. Beberapa lukisannya bahkan dikoleksi petinggi negara luar negeri, seperti Raja Uni Emirat Arab. Gak heranlah kalau salah satu ruang di Rumah Kamera dibuat sebagai tempat display lukisan-lukisan hasil karyanya.

Nih, buat kamu yang punya rasa seni tinggi, coba deh nikmati lukisan-lukisan keren beliau di ruang galeri. Kamu juga bisa mendefinisikan beberapa lukisannya yang susah buat dipahami orang biasa. Kalau bingung, tanya Pak Tanggol aja langsung. Hihihi.

 

Kamu juga bisa menikmati keasrian Desa Majaksingi di puncak lensa. Kalau bejo, kamu bisa lihat Candi Borobudur dari kejauhan.

Di puncak itu kamu bisa menikmati pemandangan Desa Majaksingi. via hipwee.com

Setelah merasa cukup, kamu bisa menuju fasilitas selanjut Rumah Kamera lainnya. Kamu bisa menuju puncak bangunan untuk melihat pemandangan sekitar Rumah Kamera.

Di pojok ruang galeri terdapat tangga melingkar yang akan mengantarkan kamu menuju puncak bangunan. Di sana, kamu bisa menikmati pemandangan Desa Majaksingi yang segar dan asri. Kalau lagi beruntung, kamu bisa melihat Candi Borobudur yang begitu megah dari kejauhan.

 

Di bagian bangunan lain, kamu bisa menikmati fasilitas foto yang bisa bikin hasil foto kamu jadi unik.

Ilusi optik. via hipwee.com

Di ruang berbeda, kamu bisa berfoto ria. Di sana, terdapat beberapa alat pendukung yang bisa menghasilkan foto dengan ilusi optik. Foto-foto kamu nantinya pasti terlihat unik. Dalam hati, kamu juga pasti gak habis pikir dan bertanya, “Pak Tanggol kok bisa kepikiran kaya gini.”

Bukan cuma itu, kamu bisa memakai lukisan 3D. Hasil foto bisa membuat kamu seperti dibawa masuk ke dalam lukisan itu.

Aktivitas pengambilan gambar 3 dimensi. via hipwee.com

Di ruang yang sama kamu juga bisa memakai fasilitas Rumah Kamera, yaitu lukisan 3 dimensi. Lihat saja foto di atas, sang model seperti diajak masuk ke dunia kera sakti. Mau berantem ceritanya.

Fasilitas berfoto ria ini cuma ada di Rumah Kamera! Gak salah kalau jadi ruang favorit para pengunjung.

Ruang kaca di Rumah Kamera. via hipwee.com

Masih dalam satu bangunan yang sama. Di sana terdapat sebuah ruang foto yang penuh dengan cermin. Semacam foto box, tapi setiap dindingnya dipenuhi dengan cermin. Kiri, kanan, depan, belakang, atas, dan bawah terdapat cermin. Inilah ruang yang cuma bisa kamu temui di Rumah Kamera. Kalau lagi penuh pengunjung, siap-siap antri yak!

Fasilitas foto yang lucu ini pun bisa kamu gunakan. Lumayan buat stok foto profil media sosialmu, ‘kan?

Oenyoe cekali… via hipwee.com

Nah, ada satu lagi fasilitas hasil pengembangan Pak Tanggol di Rumah Kamera. Liat sendiri deh hasilnya di atas. Keren ‘kan?

Salah satu pengunjung, Nirma, mengatakan sangat senang mengunjungi Rumah Kamera. Dia sangat senang dengan pelayanan yang diberikan. “Tempatnya bagus banget dan unik. Sangat rekomendasi sih soalnya pelayanannya yang baik dan ramah. Enak juga guide yang bisa fotoin kita,” ungkap Nirma.

Gimana? Keren-keren kan fasilitas di Rumah Kamera? Bukan sekedar bentuk bangunannya doang yang unik, tapi fasilitas-fasilitas yang disuguhkan bikin kamu betah di sana.

Dan soal keunikan, kamu pasti gak bakal bisa menemukan hal-hal yang disuguhkan Rumah Kamera di tempat lain. Makanya, kalau lagi ke Magelang atau lagi main ke Candi Borobudur, masukan Rumah Kamera jadi salah satu destinasi wisata selanjutnya. Dijamin gak bakal nyesel deh!