Sebuah kejadian buruk hampir saja terjadi dalam dunia penerbangan Indonesia. Pesawat Garuda Indonesia dan Sriwijaya hampir saja bertabrakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Minggu malam (18/06). Waduh, kok bisa terjadi kejadian seperti ini ya?

Informasi ini cukup ramai beredar di Whatsapp bahwa nyaris terjadi kecelakaan dua pesawat antara Garuda Indonesia GA 425 dari Denpasar menuju Jakarta dengan Sriwijaya Air yang akan lepas landas. Bagaimana kronologis kejadiannya, yuk simak sama-sama ulasannya.

Awalnya pesawat Garuda dari Denpasar tersebut bersiap untuk mendarat. Namun ketika hendak landing tiba-tiba pesawat naik ke atas dengan cepat hingga membuat pesawat bergetar

garuda nyaris menabrak sriwijaya via batam.tribunnews.com

Dihimpun dari Kompas, awalnya penerbangan Garuda mulus dan tak ada gangguan berarti. Pesawat pun siap untuk landing di bandara Soekarno Hatta. Namun ketika pesawat sudah turun begitu rendah dan roda sudah keluar, secara tiba-tiba pesawat menukik ke atas dengan cepat sehingga badan pesawat pun terasa bergetar. Dalam penerbangan istilah batal mendarat ini disebut go around. Penumpang pun panik dan ketakutan. Mereka penasaran dengan apa yang terjadi.

Ternyata di landasan pacu masih ada pesawat Sriwijaya jurusan Jakarta-Makassar yang bersiap lepas landas. Wajar apabila pilot Garuda melakukan go around untuk menghindari tabrakan dengan pesawat Sriwijaya

sriwijaya air

Advertisement

Ketika pesawat Garuda melakukan go around dan berputar-putar di langit Kepulauan Seribu, pilot menginformasikan bahwa pesawat batal mendarat karena ada pesawat lain yang berada di landasan. Hal ini tentu membuat para penumpang bingung, kok bisa ada pesawat lain di landasan pacu ketika Garuda akan mendarat. Bahaya banget ‘kan?

“Penumpang semua mengekspresikan keheranan bahwa pesawat disuruh mendarat padahal ada pesawat lain di landasan. Apalagi turis-turis asing yang terbang bersama kami. Saya juga bertanya-tanya, Kok bisa petugas ATC tidak tanggap melihat lalu lintas di bandara? Bagaimana nanti kalau trafik meningkat di saat Lebaran?” tutur Louisa, salah satu penumpang Garuda seperti dikutip Kompas.

Untungnya pesawat kemudian berhasil mendarat dengan sempurna. Meskipun begitu, wajar apabila para penumpang panik akibat peristiwa ini. Banyak yang menyayangkan karena keselamatan adalah yang utama. Kok bisa ada dua pesawat dengan waktu yang sama. Aneh ‘kan?

Ternyata Sriwijaya Air jurusan Jakarta-Makassar memang akan lepas landas namun ada sedikit masalah yang terjadi. Jadi pesawat itu tertahan di landasan pacu dan belum bisa terbang

sriwijaya mengalami seikit masalah teknis via www.thejakartapost.com

Pesawat Sriwijaya Air SJ580 Jakarta-Makassar ternyata sedang mengalami sedikit masalah. Muncul warning indicator light yang menyebabkan pesawat gagal terbang. Untuk itu, pilot melakukan perbaikan terlebih dahulu. Nah, karena terlambat lepas landas, akhirnya pesawat tertahan di landasan pacu dan nyaris tertabrak Garuda sebelum pilotnya melakukan go around. Kemudian setelah itu, Sriwijaya bisa lepas landas dan Garuda pun mendarat dengan selamat.

Ya semoga kejadian ini nggak terulang lagi ya. Serem juga kalau ngalamin sendiri, pesawat udah turun eh menghujam ke atas dengan tiba-tiba. Kamu yang mau mudik, hati-hati ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya