Apa yang akan terbesit dalam benak kamu kalau mendengar kata Tangerang? Ya, pasti kata yang bakal kamu jawab ketika mendengar kata Tangerang adalah industri.

Gak salah sih, Tangerang memang kota industry yang menjadi wilayah satelit untuk DKI Jakarta. Tapi, di balik kentalnya kata industri, Tangerang ternyata memiliki banyak potensi wisata yang bisa kapan saja kamu kunjungi. Mau tau ada apa aja di Tangerang? Yuk simak artikel Hipwee Travel kali ini soal destinasi wisata Tangerang.

 

Pemandangan alam Telaga Biru Bidadari bakal bikin kamu eyegasm.

Bidadarinya mana ya? via scontent-sit4-1.cdninstagram.com

Siapa bilang Tangerang yang berjuluk wilayah industry gak punya destinasi wisata yang bisa memanjakan mata? Salah besar! Di kecamatan Cisoka, Tangerang sebuah telaga yang belakangan ini viral di media sosial.

Advertisement

Telaga Biru Cigaru, namanya. Destinasi wisata tersebut merupakan hasil fenomena alam dari bekas galian pasir 18 tahun lalu. Bekas galian yang dalamnya 50 meter tersebut kemudian tergenang air dan warnanya bisa berubah-ubah.

Telaga tersebut memiliki mitos ketika warna air berubah, maka sebuah selendang bidadari jatuh ke dalamnya. Makanya jangan heran, banyak orang mengenalnya dengan nama Telaga Biru Bidadari. Yuk ke sana sama abang, dek! ūüėÄ

Nikmati senja Situ Cipondoh bersama orang spesial memang juara. 

Sekali lagi, buat kamu yang senang dengan pemandangan air yang tenang. Kamu bisa main ke Situ Cipondoh yang tak jauh dari Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari. Lokasi ini cocok banget buat piknik keluarga dan punya banyak fasilitas yang mendukung. Selain buat sekedar menikmati pemandangan situ, kamu juga bisa melakukan banyak hal lain di sana. Beberapa di antaranya adalah mancing, main sepeda air, sampai flying fox.

Dan buat kamu yang punya pasangan hidup, rasakan suasana romantis ketika senja datang dan langit berubah warna menjadi lebih indah.

Pergi ke ujung utara, Tangerang punya Tanjung Pasir yang mempesona.

Tangerang merupakan bagian dari Provinsi Banten yang dikenal punya potensi wisata pantai. Salah satu yang terdapat di Tangerang adalah Pantai Tanjung Pasir.

Buat kamu orang Tangerang pasti gak asing. Sebab, pantai tersebut memang destinasi wisata favorit masyarakat Tangerang dan sekitarnya buat mengisi liburan bersama keluarga.

Selain bisa renang untuk menikmati asinnya segarnya air laut, di Pantai Tanjung Pasir, kamu juga bisa memancing, berenang, hingga berkunjung ke pulau yang gak berada jauh dari sana.

Buat kamu yang punya hobi mancing, Situ Kelapa Dua di Karawaci cocok tuh buat dijadiin spot.

Tangerang juga punya danau lho! Danau kecil buatan manusia yang disebut situ, tepatnya. Dan salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah Situ Kelapa Dua di daerah Karawaci.

Situ ini cocok banget buat kamu yang butuh inspirasi, relaksasi dari berbagai tekanan hidup, atau mungkin iseng-iseng berhadiah mencari pasangan hidup.

Danau seluas 28 hektar ini merupakan habitat hidupnya ikan-ikan air tawar. Kamu juga bisa menemui bunga teratai tumbuh subur di danau. Buat kamu yang punya hobi mancing, kamu melakukan itu di danau tersebut.

Hutan Kota Jombang di Ciputat ini pas banget buat relaksasi sejenak dari kesibukan kerja.

Hutan Jombang di Ciputat via www.hipwee.com

Tangerang punya hutan kita yang jadi tempat favorit masyarakat sekitar. Namanya Hutan Kota Jombang. Lokasi tersebut tak pernah sepi di setiap akhir pekan. Entah itu untuk tempat orang yang jogging, rekreasi bersama keluarga, sampai orang yang sekedar menikmati segarnya udara.

Rekreasi memang kebutuhan hidup penting, apalagi masyarakat perkotaan yang sebagian besar harinya dibalut kesibukan yang menyita energi dan pikirannya. Nah buat kamu yang penat sama banyaknya tekanan pekerjaan, Hipwee Travel sarankan untuk main ke Hutan Kota Jombang di Tangerang Selatan sekarang juga. Gih sono pergi!

 

Sesekali, manjakanlah paru-parumu dengan udara segar di Taman Kota BSD.

Taman Kota BSD via abouttng.com

Selain hutan kota, Tangerang juga punya taman kota. Fungsinya sebagai paru-paru kota, jelas, membuatnya jadi spot yang jos buat kamu yang kepengen menghirup udara segar di tengah hingar bingar pestanya puluhan zat polutan di udara.

Taman Kota BSD yang terletak di Serpong merupakan salah satu wisata favorit keluarga. Pasalnya selain sehat, rekreasi di sana juga murah. Manjakan mata dan paru-parumu di sini yuk!

Pulau Cangkir punya sejarah penyebaran agama Islam yang selalu siap dibagi kepadamu.

Tangerang punya sebuah pulau yang gak boleh kamu lewatkan kalau lagi main di sana. Sebuah pulau bernama Pulau Cangkir memiliki keunikan sendiri.

Pulau Cangkir merupakan kombinasi dari wisata bahari, sejarah, sekaligus ziarah. Sebab, di pulau tersebut terdapat makan seorang wali penyebar agama Islam, Pangeran Jaga Lautan. Nah bagi kamu yang suka sejarah penyebaran agama Islam, tepatnya di salah satu daerah Tangerang, gak ada salahnya buat sowan ke sana.

Bukan cuma Semarang, Tangerang juga bangunan berpintu seribu lho.

Masjid Pintu Seribu via merahputih.com

Setelah tadi di atas bahas banyak wisata rekreasi, sekarang Hipwee mau kasih destinasi wisata religi yang unik di Tangerang. Nih, guys, ternyata bangunan yang punya seribu pintu itu bukan cuma ada di Semarang. Siapa sangka Tangerang juga punya.

Tapi bangunan yang berpintu seribu di Tangerang bukanlah bangunan eks stasiun seperti di Semarang. Melainkan sebuah masjid. Terletak di Kecatan Periuk, bangunan masjid yang bernama Nurul Yakin tersebut memiliki arsitektur yang tak biasa dari masjid-masjid pada umumnya di Indonesia. Masjid yang yang berjuluk Masjid Pintu Seribu tersebut sangat eksotik.

Gimana? Keren juga ‚Äėkan Tangerang? Kalau kamu punya rekomendasi destinasi wisata lain di Tangerang, jangan ragu buat tulis di kolom komentar yak!