Akhir tahun sudah menjelang. Sudahkah kamu merencanakan liburan? Kalau belum mending kamu ke Raja Ampat. Ada Festival Raja Ampat, sebuah event tahunan yang selalu ditunggu-tunggu. Setiap tahunnya acara ini selalu meriah dan mengusung tema yang berbeda-beda. Kalau kamu bertanya kapan saat yang tepat datang ke Raja Ampat, mungkin ini saatnya. Yuk ikuti ulasan Hipwee Travel berikut.

Mulai dibuka minggu depan, event yang sudah tersohor ini mengambil nama Festival Pesona Raja Ampat 2016 dengan tagline “Lovely Raja Ampat.”

siapa sih yang nggak mupeng ke Raja Ampat? via raja-ampat.biz

Event ini akan digelar di kawasan Pantai Waisai Tercinta (WTC), Raja Ampat, Papua Barat, tepatnya di Pulau Waigeo. Karena ini merupakan festival bahari, jadilah pagelaran utama festival ini difokuskan kepada wisata bahari. Yang salah satunya yaitu penyelaman di lokasi diving yang masuk dalam 10 besar lokasi penyelaman terindah di dunia. Event ini akan dihelat pada 18-21 Oktober 2016 mendatang. Dicatet ya, Kawan!

Dengan terus konsisten melaksanakan festival bahari secara rutin, Kabupaten Raja Ampat di Provinsi Papua Barat ini ingin tetap mempertahankan popularitasnya sebagai kawasan wisata terbaik di Indonesia. Kita dukung ya~

mungkin terasnya surga begini ya? via www.malesnulis.com

Dilansir dari Kompas.com, kali ini Festival Pesona Raja Ampat menggunakan tagline Lovely Raja Ampat.

Advertisement

Nama dan tagline tersebut diambil untuk mewakili segala keindahan dan potensi alam Raja Ampat, yang berada di atas maupun bawah laut, kata Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati.

Dia optimis, dengan event tahunan ini akan mampu menarik kunjungan wisatawan, baik mancanegara maupun domestik. Selain itu, acara ini akan menjadi tempat tampilnya kreativitas masyarakat Raja Ampat. Ada beragam acara menarik disajikan. Entah itu berupa lomba, pentas seni, dan tari serta hiburan rakyat.

Kegiatan paling menarik tahun ini yaitu adanya Try Scuba Diving. Ya tahu sendirilah, kebanyakan orang datang ke Raja Ampat hanya untuk menyelam dan menikmati keindahan bawah lautnya

Sejumlah kegiatan yang akan digelar dalam Festival Raja Ampat tahun 2016 ini antara lain Under Water Foto, Lomba Foto Instagram, Beach Clean, Try Scuba Diving, Lomba Bahari, Wisata Kuliner, Lomba seni kerajinan tangan masyarakat, Paket Wisata Alam, Lomba Foto Jurnalis, serta beberapa kegiatan lainnya. Nah, katanya sih yang paling menarik adalah Try Scuba Diving. Kegiatan ini dilakukan mengingat Raja Ampat sebagai tujuan wisata selama dunia. Namun ironisnya, banyak wisatawan domestik dalam negeri yang kurang tertarik untuk diving. Padahal Indonesia adalah negara maritim. Karena inilah, membuat mereka yang datang ke Raja Ampat banyak yang belum bisa menyelam. Jadilah Try Scuba Diving dilaksanakan bagi orang yang ingin mencoba untuk diving. Nantinya akan dipandu oleh para penyelam profesional yang merupakan putra daerah asli Raja Ampat.

Dilaksanakan di Pusat Ibukota Waisai, kalau kamu mau kesana letaknya tiga jam perjalanan speedboat dari Kota Sorong Papua. Dalam festival ini juga menampilkan kekayaan alam, seni dan budaya lho~

datang ke sana akan membuatmu percaya kalau Papua itu kaya via warnawarniwisata.asia

Pihak panitia festival juga mengundang seni dan budaya dari kabupaten lainnya di Papua. Bahkan, kabupaten Wakatobi pun diikutkan dalam festival bahari ini. Dijamin, datang ke festival ini akan jadi pengalaman tak terlupakan seumur hidupmu. Akan ada banyak makanan khas Papua yang dimunculkan di sini. Masyarakat setempat juga siap mempertontonkan perahu tradisionalnya yang digunakan nenek moyangnya dulu untuk mengarungi lautan, dan kebiasaan mengonsumsi buah orang-orang Papua.

Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia datang ke Raja Ampat saat festival ini digelar. Mereka menikmati pemandangan bawah laut terbaik yang mengagumkan. Kamu akan menjadi bagian dalam huru-hara ini?

Berbanggalah “surga” ini ada di negara kita, milik Indonesia via www.sportourism.id

Setelah dua hari terlibat dalam keriuhan festival, kamu bisa menikmati dan melanjutkan kunjungan dengan mendatangi berbagai lokasi wisata alam Raja Ampat yang terkenal sebagai untaian zamrud di Papua. Raja Ampat memang seringkali disebut sebagai surga dunia, hal ini karena Raja Ampat terdiri dari ratusan pulau-pulau kecil. Sebagai warga negara Indonesia, ada baiknya kamu jadikan festival ini atau Raja Ampat sendiri sebagai wish list destinasi yang harus kamu tuju sebelum ajal menjemput nanti.

Terakhir, terkhusus tahun ini, ada pula lomba foto khusus para jurnalis, temanya sama dengan tagline-nya. Kalau kamu bernyali, boleh kali join event ini

foto foto selfie juga oke via www.seal-superyachts.com

Setiap penilaian akan mengacu pada tema lomba, dan terbuka untuk jurnalis manapun di seluruh penjuru nusantara. Batas waktu unggah fotonya tanggal 22 Oktober, hadiahnya jutaan rupiah lho. Kalau mau tahu seberapa hebat kemampuan fotografimu, ya monggo diikuti.

Well, kalau sudah punya tabungan, bisa segera kamu pecahin sekarang. Kalau sudah punya jatah cuti, sok diajuin bisa kali. Siapa tau ini moment terbaik buatmu hadir ke sana. Yuk, mulai menjelajah Raja Ampat dengan menyelam di bawah lautnya yang paling indah. Jelajahilah dinding bawah laut yang vertikal dan rasakan ketegangan melihat kekayaan bawah laut yang megah. Meski nantinya kamu berdebar-debar karena terombang-ambing arus laut, itu pastinya akan menjadi pengalaman tak terlupa seumur hidupmu.

Terakhir, Selamat berwisata bahari!