Tahun 2017 sudah hampir memasuki seperempat terakhir. Itu artinya liburan akhir tahun sudah makin dekat. Apakah kamu sudah menentukan destinasi liburan akhir tahunmu nanti? Mumpung banyak tiket murah ke luar negeri, Hipwee sarankan lebih baik sesekali liburan ke negara-negara ASEAN. Kalau belum pernah ke luar negeri cobalah ke Singapura atau Malaysia. Jika dua negara itu sudah pernah, Thailand atau Vietnam cocok jadi destinasimu berikutnya.

Kali ini Hipwee Travel bakal kasih kamu panduan berlibur ke Malaysia dan selama empat hari dan 3 malam dengan cara backpacker. Panduan ini cocok banget buat kamu yang masih pemula backpacker-an. Selain destinasi yang harus kamu tuju, kami juga bakal kasih perhitungan biaya buat perjalananmu nanti. Sudah siap? simak baik-baik ya.

Cari tiket pesawat ke Singapura ya buat keberangkatannya, sementara pulangnya lewat Malaysia

tiket murah via www.secretflying.com

Jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, kamu sebaiknya sudah mencari tiket pesawat PP ke Singapura dan Malaysia. Untuk berangkatnya lebih baik kamu memilih tiket pesawat ke Singapura sebagai awal perjalanan backpacker kamu. Rute perjalanan kamu dimulai dari Singapura kemudian menuju Malaysia lewat darat. Tiket PP yang murah bisa kamu dapat seharga 1 juta PP. Lebih murah lebih baik dong ya.

Hari pertama, kamu sudah tiba di Singapura pada siang hari. Tugasmu adalah segera keluar bandara dan naik MRT menuju ke penginapan

singapura via www.hipwee.com

Advertisement

Sebelum kamu berangkat, pastikan semua tiket penginapan sudah kamu booking secara online. Hal ini berguna untuk banyak hal. Pertama, kamu punya tujuan jelas dan biar nggak bingung lagi sesampai bandara mau ke mana. Kedua, pintu masuk negara singapura sangat ketat. Jadi kamu harus mempersiapkan semua akomodasi perjalananmu untuk berjaga-jaga ketika kamu kena random check di imigrasi. Kalau pas kena, kamu bakalan aman kalau identitas dan dokumen pendukung perjalananmu lengkap, termasuk email bukti telah booking hotel.

Oh iya satu lagi. Ternyata harga konversi rupiah jauh lebih murah. Contoh satu bed di hostel berbentuk dormitory (asrama) kamu bisa dapatkan di harga Rp 150.000,-. Kalau kamu booking langsung di lokasi harganya berkisar 30-40 dollar. Dua kali lipatnya, Men! Nantinya kamu akan diminta deposit sebesar harga kamar. Jadi kalau diminta 30 dollar ya kamu harus sudah siapkan ya.

Singapura sangat berbeda dengan Indonesia. Semua wisatanya ya berada di kota. Kamu nggak perlu datang ke semua tempat, cukup ke sini saja

tourist pass via media-cdn.tripadvisor.com

Dari hostel/penginapan, kamu bisa langsung naik MRT ke tempat wisata populer seperti Merlion Park, Garden by The Bay, Botanical Garden, ataupun Marina Bay. Lokasi beberapa tempat itu berdekatan, hanya Botanical Garden yang jauh. Untuk masuk ke sana gratis kok dan bagus buat foto-foto. Kamu perlu membeli Tourist Pass seharga 10 dollar untuk sehari perjalanan atau 16 dollar untuk 2 hari perjalanan. Enak sih kalau pakai fasilitas Tourist Pass ini, jadi ngirit deh kalau pergi ke banyak tempat.

Di Singapura, makanan termasuk mahal ya, sekali makan minimal 25-30 ribu. Jadi berhematlah untuk beli makan. Bisa sih kamu akali dengan membawa mie instan ataupun roti buat sarapan. Di siang hari, kamu harus segera sudahi perjalananmu di Singapura. Setelah makan siang segera check out dan naik kereta ke arah Woodlands, gerbang Singapura ke arah Malaysia.

– Makan 3 kali @30.000 = 90.000 (Hari pertama dan hari kedua siang)

– Hostel 1 malam = 150.000

– Tourist Pass (16 dollar) = 200.000

– Bus ke Johor (1 dollar)= 9.000


Total biaya di Singapura : 449.000 rupiah

Hari kedua, kamu harus menyeberang ke arah Johor Bahru dari Woodlands saat siang hari. Ada bus kok yang bisa kamu naiki ke terminal Larkin di Kota Johor Bahru. Dari sana kamu naik bus ke Malaka

garden by the bay via www.sullivre.org

Dari Woodlands, kamu bisa naik bus yang biasanya dinaiki pekerja dari Johor untuk bekerja di Singapura. Harganya cuma 1 dollar saja, toh busnya cuma buat menyeberangi selat yang memisahkan Singapura dan Malaysia. Sesampainya di Johor, carilah bus menuju ke Melaka yang jaraknya cuma 3 jam perjalanan saja.

Bus Johor ke Melaka harganya cukup murah, kalau dirupiahkan cuma sekitar 70 ribu rupiah. Kamu akan sampai ke Melaka saat senja tiba. Untuk itu penting bagimu untuk segera mencari bus ke arah kota tua Melaka di mana semua destinasi wisata berada di sana. Nikmati malam di Melaka dan wisata kuliner di Janker Street.

– Bus ke Melaka dari Johor = 70.000

– Bus dari Terminal Malaka ke Stadhuyst = 6.000

– Penginapan 1 malam di Melaka = 100.000

– Makan malam di Melaka = 20.000


Total dari Johor hingga ke Melaka = 196.000

Hari ketiga, cobalah masuki beberapa museum di Melaka yang gratis. Kota yang mendapat predikat The World Heritage City memang sangat romantis

stadthuisy via farm4.staticflickr.com

Sebagai kota warisan dunia, bangunan bersejarah di Melaka memang begitu dijaga kelestariannya. Ada banyak tempat yang keren di sana, kebanyakan berbentuk museum yang menceritakan sejarah pendudukan Melaka oleh beberapa pihak, mulai dari Melayu, Portugis, Belanda, Inggris hingga Malaysia kini. Datanglah ke bangunan berwarna merah (Stadthuys) yang jadi ikon Melaka. Buat kamu yang dananya minim, masuk ke destinasi wisata yang gratis saja. Selain itu, cukup foto-foto di depannya.

Setelah check out dari penginapan, segeralah bergegas mencari bus ke Kuala Lumpur. Perjalanannya cukup 2 jam saja dan harga tiketnya sekitar 60 ribu. Kamu akan sampai di KL ketika malam tiba dan pilihlah penginapan tak jauh dari KL Sentral karena lokasinya strategis. Di malam harinya kamu bisa ke KLCC untuk berfoto di menara kembar yang jadi ikon Malaysia tersebut.

– Makan di Melaka dan KL, 3 kali @20.000 = 60.000

– Bus ke terminal = 6.000

– Bus ke Kuala Lumpur = 60.000

– Penginapan di KL Sentral = 150.000

– MRT ke KLCC PP = 20.000


Total selama di Melaka dan KL = 296.000

Hari keempat, pada pagi hari bisa kamu habiskan di Kuala Lumpur City Gallery untuk melihat sejarah dan perkembangan ibukota Malaysia ini. Siangnya, kamu harus bergegas ke KLIA untuk pulang ke Indonesia

KL City Gallery via www.themalaysiantimes.com.my

Jalan-jalan di KL tak lengkap apabila kamu nggak datang ke Dataran Merdeka, semacam alun-alun kota KL. Di sana terdapat Kuala Lumpur City Gallery, semacam museum modern yang menjelaskan tentang sejarah kota Kuala Lumpur dan pengembangannya beberapa tahun ke depan. Masuknya 10 RM saja kok alias 30 ribu. Mampirlah ke Masjid Jamek sebelum kembali ke penginapan dan check out. Kemudian bergegaslah ke KLIA menggunakan Sky Bus seharga 24 ribu.

– Makan 2 kali @20.000 = 40.000

– MRT KL Sentral ke Masjid Jamek PP = 20.000

– KL City Gallery = 30.000

– Bus ke KLIA = 33.000


Total hari keempat = 123.000 rupiah

Total pengeluaran untuk 4 hari 3 malam di Malaysia dan Singapura :

Tiket pesawat PP (promo) = 1.000.000

Hari pertama : 449.000

Hari kedua : 196.000

Hari ketiga : 296.000

Hari keempat : 123.000


Total untuk 4 hari 3 malam = 2.064.000

Murah bukan backpacker ke Malaysia dan Singapura? Hitungan ini khusus untuk traveling dengan cara backpacker lho ya. Bukan yang mewah. Panduan wisata dan bujetnya udah ada, masa nggak berani ke sana? Yuk ke Singapura dan Malaysia akhir tahun nanti.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya