Nggak terasa kita sekarang sudah berada di pertengahan tahun 2014. Sedikit demi sedikit kita mulai mencium aroma liburan. Liburan musim panas memang sering di manfaatkan oleh wisatawan untuk pergi ke pantai, menyatukan diri dengan lautan. Bagi kamu yang ngaku sebagai pecinta pantai, penggemar snorkeling, diver, surfer, sunset hunter, dan lain-lain, tempat-tempat indah di Asia Tenggara ini layak untuk masuk ke dalam travel list musim panas kamu tahun ini.

1. Kanawa, Nusa Tenggara Timur

Life is A Beach via 3.bp.blogspot.com

Pulau Kanawa berada di kawasan Taman Nasional Komodo atau berjarak sekitar 15 km dari Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Dengan pasir yang putih dan laut biru nan jernih pantai di Pulau Kanawa sering disinggahi turis yang baru saja memacu adrenalin di Pulau Komodo.

Suka diving? Kanawa menawarkan situs menyelam kelas dunia yang tenang dan sepi sehingga membuat kamu menjadi lebih nyaman menikmati keindahan lautan Flores.

Pulau yang kini dikelola oleh orang Italia ini bisa dijangkau dengan perahu bermesin dari Labuan Bajo. Lama perjalanan sekitar 40 menit. Pilihan lain Anda dapat menggunakan speed boat dengan biaya Rp. 60.000,-.

2. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Advertisement

Pantai Onemobaa, Tomia, Wakatobi via media-cdn.tripadvisor.com

Nama Taman Nasional Wakatobi merupakan singkatan dari 4 pulau besar yang berada dalam satu kabupaten ini yakni, Pulau Wangi-wangi, P. Kaledupa, P. Tomia, dan P. Binongko.

Terbentang seluas 1,4 juta hektar Wakatobi dikenal dengan kekayaan bahari dengan jumlah spesies ikan dan karang terbesar di dunia. Laut Wakatobi adalah taman bermain bagi ikan, kura-kura, lumba-lumba, dan bahkan paus.

Penjelajah sekaligus ilmuan kelautan, Jacques Cousteau, pernah menggelari Wakatobi sebagai “Underwater Nirvana” karena keindahan bawah lautnya yang mengagumkan. Wakatobi sering diklaim sebagai salah satu diving spot terbaik di dunia.

Pantai Hoga, Kaledupa, Wakatobi via tokonapaktilas.files.wordpress.com

Bagi yang nggak bisa diving jangan berkecil hati dulu. Di setiap pulau di Wakatobi memiliki beberapa pantai yang bisa kamu kunjungi diantaranya, Pantai Moli’i Sahatu (P. Wangi-wangi), Pantai Hoga (P. Kaledupa), Pantai Onemobaa (P. Tomia) dan Pantai Palahidu (P. Binongko). Dijamin hampir semua pantai di Wakatobi pasirnya putih dan lautnya biru bening.

Untuk mencapai Wakatobi, Kamu bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Kendari, ibu kota Sulawesi Tenggara, kemudian melanjutkan perjalanan dengan kapal langsung ke Wanci di Pulau Wangi-Wangi.

3. Raja Ampat, Papua Barat

Primadona wisata bahari Indonesia yang sedang naik daun. Setelah mulai muak dengan ramainya pantai Kuta, banyak wisatawan mulai mengalihkan perhatiannya ke Raja Ampat. Walaupun relatif jauh, Raja Ampat sebenarnya bukan kepulauan yang terisolir.

Kamu bisa terbang dengan pesawat tujuan Sorong. Setibanya di Sorong, naik feri yang berangkat setiap hari ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat di Pulau Waigeo. Perjalanan feri memakan waktu sekitar 2 jam.

Pantai di Pulau Mioskon via ppcdn.500px.org

Lalu apa yang ditawarkan oleh Raja Ampat? Kamu bisa mengunjungi pantai berpasir putih di Pulau Mioskon atau juga dikenal sebagai pulau kelelawar oleh warga setempat karena banyaknya kelelawar yang mendiami pulau ini. Konon pulau tak berpenghuni ini pernah ditawar senilai RP. 67 Triliun oleh pengusaha asing namun ditolak warga karena pulau ini merupakan tanah adat.

Akomodasi di Pulau Misool via travelbieber.com

Di Pulau Misool, salah satu pulau tebesar di Raja Ampat, kamu bisa menikmati pantai yang tenang dan belum terjamah turis. Pasirnya putih dan bersih dengan laut bernuansa turquoise. Karena berbatasan langsung dengan laut lepas, pulau Misool sering dilintasi hewan besar seperti paus dan gurita.

Wayag: Ikon Raja Ampat via images.huffingtonpost.com

Lalu kamu bisa mengunjungi Pulau Wayag, pulau yang paling populer di Raja Ampat. Keindahan Wayag menjadi semacam representasi keindahan Raja Ampat secara keseluruhan. Banyak turis yang mendaki bukit untuk menikmati gugusan pulau Wayag dan mengabadikan gambar yang ikonik itu. Padahal Wayag juga bisa dinikmati dari pantainya.Dari pasirnya yang menawan dan lautnya yang jernih.

Selain di Indonesia masih banyak pantai eksotis lain yang tersebar di Asia tenggara.

4. Pantai Cenang, Langkawi, Malaysia

Pantai Cenang, Langkawi, Malaysia via famouswonders.com

Pulau Langkawi, salah satu tujuan wisata favorit di Malaysia, memiliki banyak pantai yang indah yang layak untuk kamu kunjungi. Pulau ini terletak di Malaysia bagian barat tidak jauh dari kota wisata Penang.

Kamu bisa menggunakan jasa penerbangan dan/atau penyebrangan feri untuk menuju Pulau Langkawi. Di sini kamu bisa menemui beberapa pantai, namun pantai yang paling populer adalah pantai Cenang. Pantai ini cocok buat kamu yang menginginkan suasana chill dan santai karena dikelilingi kafe, bar, dan resort.

5. White Beach, Boracay, Filipina

Sebagai negara kepulauan, Filipina juga memiliki pantai-pantai eksotis yang patut kamu kunjungi. Diantaranya bisa kamu temui di Pulau Boracay. Walaupun tergolong sebagai pulau yang kecil, Boracay ternyata bisa ditempuh melalui darat, udara, dan laut.

Terbentang di pulau ini hamparan pasir putih yang memanjakan mata. Barocay sering kali dijuluki “Surga Tropis” karena memiliki segalanya dari pasir yang putih, bermacam kegiatan olahraga air, hingga resort dan spa.

Pasir Putih Di Boracay via upload.wikimedia.org

6. El Nido, Palawan, Filipina

Sementara di Pulau Palawan, masih di Filipina, kita bisa menemui karang-karang raksasa yang menghiasi pantai-pantai di pulau ini, seperti yang terdapat di El Nido. Bahkan di Puerto Princesa kamu bisa menemui sungai bawah tanah yang langsung bermuara di pantai yang indah.

El Nido, Palawan, Filipina via mensworld.se

7. Phi Phi, Thailand

Pantai di Ko Phi Phi via upload.wikimedia.org

Tujuan wisata yang tengah naik daun di Thailand adalah kepulauan Phi Phi yang berjarak 46 km dari Phuket. Salah satu pulaunya, Ko Phi Phi Leh, pernah digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar film “The Beach” sejak itulah kepulauan Phi Phi mendunia. Kamu bisa naik ferry dari Phuket untuk mencapai kepulauan ini. Rasa capek karena perjalanan selama 2 jam segera lenyap ketika kamu menginjakkan kaki di pantainya.

8. Similan Islands, Thailand

similan island via www.similan.net

Sama seperti kepulauan Wakatobi di Indonesia, kepulauan Similan juga diberi status sebagai taman nasional oleh pemerintah Thailand. Ditutupi oleh hutan sebagai atapnya dan batu karang yang melindungi pasir putihnya, kepulauan ini bisa dinikmati baik dari atas permukaan laut maupun dari bawah. National Geographic Society menempatkan Similan sebagai salah satu dari sepuluh tujuan menyelam terbaik di dunia.

Kepulauan ini berjarak sekitar 65 km dari daratan Thailand, jadi jika kamu berniat ke sana disarankan untuk naik speedboat dari Khao Lak. Jika kamu berada di Phuket kamu bisa mengikuti tur harian yang menuju ke Similan.

9. Mui Ne, Vietnam

Meluncur di Pasir Mui Ne via images.nationalgeographic.com

Halong Bay memang legendaris tapi sulit untuk menyingkirkan hamparan pasir menawan yang ada di Mui Ne, Vietnam dari daftar ini. Kamu nggak bakalan ketemu titik selam maupun snorkeling di pantai yang diklaim Lonely Planet sebagai salah satu yang terbaik di Vietnam ini.

Sebagai gantinya, pantai ini menawarkarkan ombak yang sempurna untuk surfing dan angin yang kencang untuk kite-surfing. Akan tetapi, daya tarik utama pantai ini adalah bukit pasir kemerahan yang bisa kamu jadikan arena snowboarding. Mui Ne dapat ditempuh dengan perjalan darat selama 4-5 jam dari Ho Chi Minh.

Memang seluruh tempat-tempat menakjubkan ini tersebar di seluruh Asia Tenggara. Akan tetapi dengan niat dan usaha semuanya sangat mungkin untuk kamu kunjungi. Jika gundukan pasir di Vietnam terlihat terlalu jauh kamu bisa memulainya dari pantai negeri sendiri. Let’s go!