Jalan-jalan ke pantai emang seru, apalagi kalau perginya pas udah mulai musim kemarau kayak gini. Kira-kira, pantai mana ya yang asyik buat didatangi? Sebelumnya, Hipwee udah mengulas tentang pantai-pantai paling seksi di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Ternyata, Jawa Barat dan Banten juga punya pantai-pantai yang gak kalah eksotis, lho!

Yuk, ikut Hipwee menelusuri pantai-pantai di Banten dan Jawa Barat yang kecenya bikin kamu ketagihan jalan-jalan!

1. Datanglah ke Pantai Pananjung di kabupaten Pangandaran. Meski ramai orang, keindahannya bikin  kamu gak pengen pulang

Pantai Pananjung, Pangandaran via www.disparbud.jabarprov.go.id

Siapa sih yang gak kenal dengan eksotisme pantai-pantai di kawasan Pangandaran? Pantai-pantai yang ada di sini memang menawan banget, wajar kalau kawasan ini ramai dengan wisatawan. Nah, salah satu pantai yang menawan di Pangandaran ini adalah pantai Pananjung yang terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Pantai Pananjung berada di area Taman Wisata Alam Pananjung Pangandaran. Pantainya yang landai dan berpasir putih menjadi salah satu pantai yang menarik untuk didatangi. Apalagi, ombaknya juga tenang sehingga asyik buat berenang. Selain itu, kamu juga bisa menjumpai hewan-hewan penghuni hutan seperti kera, kijang, dan landak.

2. Di Pantai Batu Hiu, nikmati panorama tebing-tebing karang dengan deburan ombaknya yang mempesona

Advertisement

Pantai yang gak jauh dari kawasan Pangandaran ini memang gak bisa dinikmati pasirnya, karena pantai ini terdiri dari tebing-tening karang. Pantai ini dinamakan Pantai Batu Hiu karena terdapat batu menyerupai sirip hiu. Naiklah ke atas tebing, kamu bisa menikmati panorama pantai yang menawan lengkap dengan suara deburan ombak yang menenangkan.

Pantai Batu Hiu ini letaknya di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran. Dari Pantai Panunjung, kamu cukup berkendara sekitar 14 km untuk sampai di pantai ini.

3. Nikmati asyiknya berselancar dan bermain banana boat di Pantai Batu Karas, Pangandaran

Pantai Batu Karas via kritikuspurapura.wordpress.com

Buat kamu yang hobi wisata bahari terutama selancar, wajib datang ke Pantai Batu Karas. Pemandangan pantai ini ibarat perpaduan menawan antara pantai Pananjung dan Pantai Batu Hiu. Kamu bisa bersenang-senang dengan menunggangi papan selancar yang bisa disewa di tempat. Ombaknya juga cukup ramah kok buat yang baru belajar selancar.

Meski gak berselancar, kamu masih bisa menikmati indahnya panorama pantai berpasir hitam ini dengan jalan-jalan ataupun naik perahu. Ada juga banana boat untuk seru-seruan bareng temanmu. Pantai Batu Karas terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

4. Saat bertandang ke Garut, menginjakkan kaki ke Pantai Santolo patut kamu lakukan

Pantai Santolo, Garut via sonofmountmalang.wordpress.com

Ya, jangan ngaku udah ke Garut kalau kamu belum menginjakkan kaki di Pantai Santolo. Pantai ini adalah salah satu pantai yang paling populer di Garut. Memang, siapa sih yang bisa menolak eloknya pantai indah berpasir putih ini? Apalagi ketika disinari cahaya senja yang keemasan.

Untuk mengintip menawannya pantai Santolo, berkendaralah ke daerah Pamengpeuk, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Kalau kamu bermaksud menginap, pantai ini juga udah dilengkapi berbagai fasilitas untuk wisata, seperti rumah makan dan penginapan. Tapi, jangan kaget kalau tiba-tiba ada roket yang diluncurkan, karena Pantai Santolo juga menjadi lokasi markas LAPAN.

5. Melipir sedikit dari Pantai Santolo, kamu akan menemukan Pantai Sayang Heulang yang gak kalah kece

Pantai Sayang Heulang via www.panoramio.com

Bertetangga dengan pantai Santolo, ada pantai yang juga membuat Garut patut berbangga. Tinggal menyeberang sedikit, kamu nudah bisa menemukan pantai Sayang Heulang, pantai kece yang gak kalah menarik dari pantai Santolo. Pantai ini memiliki dua tipe, yaitu pantai pasir dan pantai karang. Ombaknya yang besar dan relatif stabil juga menjadi daya tarik tersendiri. Pantai ini terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

6. Pantai Rancabuaya yang fotogenik juga wajib kamu singgahi agar wisata pantaimu di Garut tergenapi.

Pantai Rancabuaya via spekology.com

Masih di Garut, arahkan kendaraanmu kurang lebih 20 km ke arah timur dari pantai Sayang Heulang, tepatnya di Desa Purbayani Kecamatan Carigin. Kamu akan menemukan Pantai Rancabuaya yang memiliki panorama karang-karang yang ciamik. Karena berupa bebatuan karang dan berombak besar, kamu gak disarankan untuk berenang di sini. Tapi kamu masih bisa menikmati suasana pantai yang masih alami dan fotogenik. Apalagi, pantai ini masih tergolong sepi, jadi kamu bisa puas deh foto-foto!

7. Pindah ke Sukabumi, ada Pantai Pangumbahan tempat kamu bisa mengantar tukik-tukik ke lautan lepas

Pantai Pangumbahan via myhotelmyresort.com

Pantai Pangumbahan yang terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, ini menarik untuk disinggahi karena dua alasan. Yang pertama, pantainya memang sangat menawan dengan pasir putih sepanjang mata memandang. Alasan lain, di sini kamu bisa mengantar tukik-tukik berjuang menuju lautan lepas  untuk kembali kemari suatu hari nanti. Ya, pantai ini memang menjadi daerah penangkaran penyu. Melihat makhluk-makhluk kecil ini berjuang, rasanya semangat kita sebagai manusia juga terbakar.

8. Di Banten, jangan luput menjamahi Pantai Tanjung Layar yang sangat tersohor keelokannya

Pantai Tanjung layar Sawarna via www.flickr.com

Selain terkenal dengan Debusnya, Banten juga punya sejumlah pantai yang super kece. Salah satunya adalah pantai Tanjung Layar yang terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Karena kemolekannya, pantai ini menjadi salah satu ikon pariiwisata yang membuat desa Sawarna mendunia. Pantai ini disebut Tanjung Layar karena di dekat pantainya terdapat dua batu karang raksasa yang menyerupai layar perahu.

9. Selain pantai Tanjung Layar, Sawarna juga punya Pantai Ciantir yang pas buat sunbathing

Pantai Ciantir via galuhsunandar.wordpress.com

Selain Pantai Tanjung Layar, ada juga Pantai Ciantir yang gak kalah mempesona. Pantai ini terkenal dengan hamparan pasirnya yang luas. Kamu bisa puas deh guling-guling di pasirnya yang lembut sambil mandi matahari. Mau main sepak bola atau voli pantai juga bisa, soalnya gak terdapat karang di pantai ini. Itulah mengapa banyak wisatawan mancanegara yang bertandang kemari. Ombak di pantai ini juga seru buat surfing, lho!

10. Jangan terlewat untuk menjamahi indahnya Pantai Pulau Peucang. Keelokan pantainya pasti bikin kamu pengen terus berada di sana

Pantai Pulau Peucang, Taman Nasional Ujung Kulon via thebrownskin.wordpress.com

Ngomongin Banten, Taman Nasional Ujung Kulon tentu gak boleh luput. Kawasan taman nasional ini punya beberapa pulau dengan pantainya yang eksotis. Salah satunya adalah Pulau Peucang yang menjadi gerbang masuk traveler yang mau menjelajah TN Ujung Kulon. Pantainya yang masih alami dan bersih bikin kamu pengen menenggelamkan diri. Tapi, jangan tenggelam beneran lho ya!

Itulah sejumlah pantai kece yang wajib kamu kunjungi di Banten dan Jawa Barat. Kamu punya rekomendasi lainnya? Bagiin di komentar, yuk!