Traveling itu memang candu. Tidak sedikit orang yang jadi ketagihan jalan-jalan setelah melewatkan pengalaman pertamanya. Namun, kadang kenyataan memang tak seindah angan. Pengennya jalan-jalan, namun dompet bilang pengen di rumah aja. Di satu sisi pikiran ingin jalan-jalan untuk melepaskan penat, di sisi lain, perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Padahal, banyak hal produktif yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan pundi-pundi uang yang nantinya bisa kamu kumpulkan sebagai modal jalan-jalan. Nah, kali ini Hipwee Travel akan memberikan beberapa tips sebagai cara alternatif untuk mengumpulkan modal jalan-jalan.

Mulailah untuk menabung, sisihkan sebagian penghasilanmu untuk jalan-jalan.

Sisihkan sebagian penghasilanmu via www.gobankingrates.com

Menabung adalah cara klasik untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Kamu harus mulai menyisikan sebagian penghasilanmu khusus untuk jalan-jalan. Alangkah baiknya jika itu dipisahkan dengan rekening yang kamu gunakan sehari-hari.

Bisa juga kamu sisihkan dalambentuk fisik. Ditabung dalam celengan misalnya. Rp20.000 tiap hari. Lama-lama nanti pasti cukup buat jalan-jalan kok.

Jika penghasilanmu masih pas-pasan, cobalah untuk mencari penghasilan tambahan.

Advertisement

Kamu juga bisa jualan di lapak online shop via www.huffingtonpost.com

Memang, mengandalkan gaji bulanan saja nggak akan pernah cukup untuk memenuhi hasratmu jalan-jalan. Lha wong, kadang buat kebutuhan sehari-hari saja pas-pasan. Untuk itu, kamu harus segera mencari penghasilan tambahan.

Tidak melulu harus bekerja lagi, mengingat waktu untuk pekerjaan utamamu sudah cukup banyak. Carilah sumber-sumber penghasilan yang ringan-ringan. Jualan pulsa, jualan tiket pesawat, membuka kursus atau bimbingan belajar ataupun kereta, atau reseller barang-barang yang sudah populer.

Juallah barang-barang bekas mantanmu, meski sedikit, lumayan untuk menambah tabungan.

Jualan barang bekas via household-tips.thefuntimesguide.com

Jadikan kegiatan bersih-bersih sebagai kegiatan yang produktif. Carilah barang-barang yang jarang kamu gunakan. Terlebih kalau ada barang warisan dari mantan. Masih rela, nyimpenin barang mantan? Mending dijual aja.

Kamu bisa menjualnya lewat garage sale. Bahkan sekarang dengan adanya online shop, kamu bisa menjual barang-barangmu dengan mudah.

Mulailah mengatur pola hidupmu dan gunakan penghasilanmu dengan bijak.

Kuraangi kebiasaan belanja via womenuk.co.uk

Mau sebanyak apapun tabunganmu, kalau keran pengeluaranmu tetap mengalir deras, semuanya akan mubadzir. Kalau masih boros menggunakan pengeluaran sehari-hari, traveling itu cuma jadi wacana saja.

Mulailah pandai-pandai mengurangi kebiasaan buruk. Shopping barang-barang mewah dan mengikuti trend fashion adalah salah satu kebiasaan yang bisa membuat kantong cepat jebol. Kurangi pula kebiasaan nongkrong di kafe dan kebiasaan merokok. Toh, ini juga demi kebaikan kamu juga.

Kamu juga bisa mencari sponsor untuk membiayai perjalananmu.

Kamu bisa mendaki gratis dengan sponsor via www.huffingtonpost.com

Cara ini termasuk gampang-gampang susah, terutama jika dilakukan oleh orang-orang awam. Kebanyakan sih yang sudah expert dan akrab dengan traveling. Misalnya kamu seorang selebgram yang memiliki puluhan ribu follower atau kamu adalah seorang ahli fotografi yang sudah menyumbang banyak foto di majalah-majalah terkenal atau travel blogger yang sudah melanglang buana kemana-mana.

Kamu bisa mencari informasi mengenai agen-agen wisata yang bersedia memberikan sponsor. Atau beberapa penyedia fasilitas outdoor juga tak segan mensponsori perjalananmu agar produk mereka kamu promosikan di tempat-tempat yang menarik.

Jangan bosan untuk berburu tiket-tiket murah di internet.

Jangan bosan buat cari-cari tiket promo via shuttterstock.com

Kalau kamu hendak bepergian jauh, jangan pernah bosan untuk berburu tiket promo. Promo akhir tahun, promo anniversary, atau promo apapun. Meski kadang kamu baru bisa berangkat 6 bulan lagi. Namun, harga yang ditawarkan sangat miring. Bahkan tidak sedikit yang berhasil mendapatkan tiket nol rupiah.

Nah, informasi seperti ini tidak muncul begitu saja. Kamu harus rajin-rajin cari sendiri di internet.

Produk ataupun kompetisi berhadiah jalan-jalan juga bisa banyak kamu temukan lho.

Banyak juga kompetisi berhadiah jalan-jalan via www.thesmartgirlstravelguide.com

Jika cara-cara di atas sudah kamu lakukan semua, namun ternyata budget belum cukup, jangan khawatir. Banyak kok kompetisi yang berhadiah traveling atau minimal tiket pesawat lah. Mulai dari yang simpel seperti pembelian produk tertentu. Bisa juga dengan lomba paling banyak like atau comment di Instagram. Atau bahkan lomba cerita perjalananmu. Nah, kalau ini sama seperti yang sebelumnya. Jangan pernah bosan untuk kepo di internet.

Nah, jadi gimana nih, Travelers? Banyak cara menuju Roma. Banyak usaha agar jalan-jalanmu tak cuma jadi wacana saja. Jadi, masih ragu-ragu buat jalan-jalan?