Nama Pulau Menjangan mungkin tidak sepopuler Derawan atau Wakatobi. Akan tetapi, bukan berarti keindahan alam bawah laut di pulau ini dapat disepelekan. Terletak di bagian barat Pulau Bali, kecantikan Pulau Menjangan saat ini sudah semakin diperhitungkan.

Tidak hanya keindahan pantainya, banyak orang tertarik datang ke Menjangan juga karena suasana di pulau tersebut yang masih relatif tenang. Jadi bagi kamu yang ingin menikmati eksotisme alam yang jauh dari keramaian, berlibur ke Menjangan bisa jadi alternatif yang dapat diperhitungkan.

Nah kalau kamu memang berencana untuk berlibur ke sana, berikut ini Hipwee berikan catatan perjalanan dengan budget pas-pasan ke Pulau Menjangan:

Berpetualang sambil melihat kawanan menjangan adalah salah satu hal unik yang mungkin hanya bisa kamu lakukan di pulau ini

kijang di menjangan via budidayanews.blogspot.com

Jika ditilik dari namanya, kata Menjangan memiliki arti kijang. Menurut hasil penelusuran Hipwee, di sana  ada banyak kijang yang berkeliaran dengan bebas dan menjadi penghuni tetap pulau tersebut . Konon katanya, kijang-kijang itu berenang sejauh 1,2 mil setiap tahunnya untuk bisa sampai di pulau Menjangan. Maka dari itu tidak mengherankan bila pulau cantik yang satu ini dinamakan Pulau Menjangan.

Advertisement

Menikmati sore sembari melihat kawanan kijang yang berlarian tentu dapat menjadi tontonan yang menyenangkan. Ya mungkin hanya di pulau ini saja kamu memiliki kesempatan untuk menonton kijang di pinggir pantai. Jangan lupa menyiapkan kamera mengabadikan kijang-kijang yang kebetulan lewat di depanmu ya. Jepretan gambar kijang dengan latar belakang birunya lautan adalah objek langka untuk koleksi fotomu nantinya.

Menonton kawanan Burung Jalak Bali di daerah konservasi adalah pilihan wisata yang harus kamu lakukan saat berlibur di Pulau Menjangan

burung jalak bali via www.fabulousubud.com

Selain untuk kepentingan wisata, keberadaan Pulau Menjangan saat ini juga dimanfaatkan sebagai tempat konservasi. Maka dari itu tidak mengherankan bila pulau tersebut dijadikan tempat pemeliharaan beberapa spesies fauna yang hampir punah yang salah satunya adalah Burung Jalak Bali. Jumlah spesies burung yang ditemukan oleh ahli burung berkebangsaan Inggris bernama Baron Stressmann pada tahun 1911 kian hari semakin sedikit.

Untuk melindunginya, saat ini di Pulau Menjangan diadakanlah usaha konservasi demi menjaga kelangsungan hidup burung yang sering dijadikan objek buruan tersebut. Keunikan Burung Jalak Bali terletak pada bulu dan bentuk matanya yang memang memesona. Mungkin karena alasan inilah banyak orang yang berhasrat untuk memburu burung unik tersebut.

Istirahatkan tubuh yang pegal-pegal dengan berendam di kolam pemandian air panas yang akan membuat rasa lelah terasa lepas

santai di kolam air panas via DesaSumberKima

Berpetualang di Pulau Menjangan bisa jadi membuat tubuh pegal-pegal. Kalau memang ini yang kamu rasakan jangan ragu untuk mengunjungi pemandian air panas yang terletak di Desa Sumber Kima. Tidak hanya bisa menyembuhkan rasa pegal di badan, berendam di tempat tersebut juga dipercaya bisa menyembuhkan banyak penyakit.

Pemandian air panas yang berada di Pulau Menjangan satu ini tidak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal saja. Beberapa wisatawan asing yang datang ke sana juga meluangkan waktu untuk merasakan sensasi di kolam yang airnya berasal dari mata air alami. So, kalau kamu penasaran juga silahkan datangi kolam pemandian tersebut ya.

Kunjungi pula Pura Pulaki: Pura unik berwarna putih di atas tebing yang akan membuat petualanganmu terasa syahdu

pura pulaki di menjangan via www.baliilmare.com

Lokasi Pulau Menjangan yang terletak dekat Pulau Bali membuat pulau tersebut juga memiliki banyak pura yang keindahannya cukup menarik untuk ditelusuri. Salah satu yang paling dikenal di Menjangan adalah Pura Pulaki. Pura cantik yang terletak di atas tebing ini memang punya gaya arsitektur yang menganggumkan.

Warna putih mendominasi tembok pura, membuat pura ini terlihat elegan. Karena terletak di atas tebing, berkunjung ke Pura Pulaki akan memberikan sensasi tersendiri. Deburan ombak yang menghantam karang di bawah pura membuat petualanganmu di sini terasa berbeda.

Cari dan temukan sendiri berbagai surga tersembunyi alam bawah laut Menjangan: Kecantikan alam yang sulit untuk untuk disangkal

it’s time for snorkeling via zulfikaralex.com

Dari sekian banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Menjangan, kegiatan utamanya tentu adalah mengeksplorasi alam bawah laut di pulau ini. Keanggunan pemandangan di bawah sana memang luar biasa. Ratusan biota laut mulai dari aneka terumbu karang dan ikan-ikan seolah diciptakan khusus untuk memanjakan mata para pecinta wisata laut. Bersiaplah berdecak kagum dengan apa yang akan kamu lihat di bawah sana.

Pulau Menjangan juga dikenal sebagai wall diving terbaik. Di sinilah kamu bisa melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang terlengkap. Keberadaan anchor wreck juga menjadikan alam bawah laut pulau ini semakin istimewa. Anchor wreck adalah spot diving yang di bahwanya ada bangkai kapal kapal yang diduga milik Belanda sudah ada sejak abad ke-19. Namun untuk bisa melihatnya kamu harus melakukan penyelaman karena bangkai kapal ini berada di kedalaman 45 meter.

Kini semua yang menarik tentang Menjangan telah kamu ketahui: Rencanakan perjalananmu dengan menyiapkan hal-hal berikut ini:

a. Perjalananmu akan terasa menyenangkan jika bisa menemukan moda transpotasi yang nyaman dengan harga masuk akal

cari transportasi termurah menurutmu via catatansiadjee.wordpress.com

Menyiapkan jenis transportasi yang akan membawamu ke Menjangan tentu menjadi hal penting yang harus dipersiapkan dengan matang. Pulau Menjangan bisa dijangkau Bali (Denpasar) dengan kendaraan ke Singaraja baru lanjutkan dengan penyeberangan ke Menjangan. Akan tetapi jika kamu berasal dari daerah Pulau Jawa, kamu tidak perlu ke Bali dulu tapi bisa langsung ke Banyuwangi.

Untuk yang memulai perjalanan dari Yogyakarta, ada banyak loh moda transportasi yang bisa digunakan. Misalnya saja dengan kereta ekonomi ke Banyuwangi yang tiketnya seharga Rp.100.000. Lama perjalanan dari Yogya menuju Banyuwangi sekitar 14 jam. Selain dengan kereta api, perjalanan menuju Banyuwangi juga dapat dilakukan dengan menggunakan bus yang harga tiketnya bervariasi mulai dari Rp.65.000-Rp.85.000.

b. Setibanya di Stasiun Banyuwangi carilah angkutan umum yang akan membawamu ke Pelabuhan Watu Dodol

cari kendaraan ke Watu Dodol via catatansiadjee.wordpress.com

Sesudah menempuh perjalanan dari Yogyakarta selama kurang lebih 14 jam kini kamu sudah tiba di Banyuwangi. Untuk bisa sampai ke Menjangan langkah yang selanjutnya harus dilakukan adalah mencari kendaraan ke Pelabuhan Watu Dodol. Dari sanalah nantinya kamu akan menyeberang ke Menjangan.

Pelabuhan Watu Dodol terletak sekitar 5 KM dari Pelabuhan Ketapang. Kamu bisa menyewa angkutan umum agar bisa sampai di pelabuhan tersebut. Ongkos sewa dari Stasiun Banyuwangi sampai dengan Pelabuhan Watu Dodol tidak menentu tergantung dari kemampuanmu menawar.

c. Dari Pelabuhan Watu Dodol lanjutkan perjalanan dengan menyeberang ke Pulau Menjangan

menyeberang ke Menjangan via akuimroatulmufidah.blogspot.com

Setibanya di Pelabuhan Watu Dodol kamu hanya tinggal menyeberang menggunakan kapal nelayan untuk sampai di pulau cantik tersebut. Lama perjalanan menggunakan kapal ini normalnya adalah 1 jam. Tapi bila ombak tinggi, perjalanan jelas akan memakan waktu lebih lama lagi.

Biaya penyeberangan ke Menjangan via Watu Dodol bervariasi mulai dari Rp.300.000-Rp.500.000 tergantung dari besar kapal dan tentunya kemampuanmu menawar. Tapi biasanya untuk kapal yang memiliki kapasitas 6 orang, harga sewanya adalah Rp.300.000.

d. Untuk urusan sewa kapal berkeliling pulau, manfaatkan kemampuanmu melakukan negosiasi guna mendapatkan harga terbaik dari mereka

hopping island di Menjangan via zulfikaralex.com

Berkeliling pulau dan berburu spot-spot snorkeling terbaik di Menjangan adalah hal yang harus dilakukan sata berlibur ke sini. Tiket masuk ke kawasan Menjangan adalah sebesar Rp.5.000 untuk lokal dan Rp.50.000 untuk wisatawan asing. Sementara harga sewa kapalnya berkisar antara Rp.500.000-Rp.600.000 untuk durasi 4 jam.

Di pulau ini pengunjung juga bisa menyewa alat snorkeling dengan harga Rp. 50.000 (fin dan masker). Puaskanlah hasratmu untuk melihat aneka pemandangan alam bawah laut yang mengaggumkan. Oh ya, jika memang kamu berniat menginap carilah hotel yang berada di Banyuwangi. Selain karena harga yang lebih murah menginap di sana juga relatif lebih banyak pilihan.

Estimasi biaya ke Menjangan:

Day 1

Kereta Yogyakarta – Banyuwangi = Rp.100.000

Makan (2x) = Rp.15.000×2 = Rp.30.000

Penginapan Rp.75.000:2 = Rp.35.000

Total Rp.165.000

Day 2

Ongkos ke Watu Dodol (perkiraan) = Rp.50.000 :6 = Rp.8.500

Makan (2x) = Rp.15.000×2 = Rp.30.000

Sewa kapal menyeberang ke Menjangan Rp.300.000: 6 = Rp.50.000

Sewa alat snorkeling Rp.40.000

Sewa kapal keliling Menjangan Rp.500.000: 6 = Rp.83.000

Total Rp.211.500

Day 3

Makan (2x) = R.15.000×2 = Rp.30.000

Ongkos kembali ke stasiun Banyuwangi Rp.8.500

Kereta Banyuwangi-Yogyakarta Rp.100.000

Total Rp.138.500

Total biaya perjalanan ke Menjangan (3 Hari 2 Malam) Rp.515.000

Featured Image by: zulfikaralex.com