Meskipun traveling tidak harus ke luar negeri tapi jika kamu memang memiliki kesempatan untuk melakukannya, menurut Hipwee sih sah-sah saja jika kamu segera mengepak ransel dan pergi.

Berlibur dan mengeksplorasi negeri orang akan memberikan kita banyak pengalaman. Mulai dari mempelajari bahasa baru, melihat kultur dan kebiasaan masyarakat setempat, sampai dengan mendapatkan teman dari berbagai negara.

Akan tetapi untuk mewujudkan impian berjalan-jalan ke luar negeri dibutuhkan usaha yang besar. Salah satu usaha tersulit adalah mengumpulkan uang. Mengumpulkan uang dianggap sulit selain karena harus pintar mengatur pengeluaran juga banyaknya godaan. Jika kamu tak punya trik jitu maka niat menabung demi jalan-jalan bisa saja bubar di tengah jalan.

Nah bagi kamu yang berminat berplesir ke luar negeri tapi masih bingung gimana cara mengumpulkan uangnya, berikut ini ada cara-cara kreatif dari pembaca Hipwee yang bisa kamu tiru loh:

1. Kumpulkan Niat Untuk Sedikit-sedikit Menabung Saban Hari. 10 Ribu Sampai 20 Ribu Sehari Akan Berarti Bagi Tabunganmu Nanti

konsisten dalam menabung via www.sectoredwin.net

Advertisement

“Sisihkan duit jajan kalian sehari Rp.10.000 cukup lah ya. yang penting sih hemat dan niat”

Anisa, 19 Gresik

Mengumpulkan uang untuk berplesir sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dalam artikel  cara jalan-jalan untuk mahasiswa salah satu jalan yang bisa dicoba adalah dengan menetapkan pengeluaran harian sebesar Rp.20.000. Selain itu kamu juga bisa menabung dari uang saku yang dimiliki. Meskipun jumlahnya tidak terlalu besar akan tetapi jika dilakukan dengan cukup konsisten cita-cita menjelajah negeri orang suatu saat pasti bisa tercapai. Misalnya saja kamu menabung dengan asumsi sebesar Rp.10.000 per hari lalu dikalikan selama 30 hari dan dilakukan selama setahun yang hasilnya adalah :

30 x Rp.10.000 = Rp.300.000 (setiap bulan)

12 x Rp.300.000 = Rp.3.600.000 (selama setahun)

Dengan menabung selama setahun kalian sudah bisa mengumpulkan uang sejumlah di atas yang bisa digunakan untuk berlibur ke negara-negara seperi: Singapura, Malaysia, dan Thailand. Satu hal yang perlu kamu tanamkan dalam pemikiran adalah keberhasilan menabung tidak selalu karena jumlah yang besar tapi juga dipengaruhi oleh niat dan konsistensi.

2. Kekurangan Motivasi? Coba Tuliskan Destinasi Impian dan Kata-kata Motivasi di Celengan yang Jadi Tempatmu Mengumpulkan Pundi-pundi

nabung di celengan via a-perfect-escape.com

“Nabungnya gak perlu di bank. Cukup di celengan yang ada kata-kata motivasi untuk jalan-jalan ke luar negeri, misalnya: “Ayo nabung, Maldives menantimu!”

Rizqia, 21 Tangerang Selatan

Bagi kamu yang enggan memasukkan uang ke bank untuk menabung juga bisa menggunakan celengan sebagai tempat mengumpulkan uang. Untuk menaikkan semangat juang tambahkan kata-kata motivasi atau tujuan destinasimu di sana. Secara psikologis hal tersebut bisa memompa semangat bagi kamu yang sedang gencar menabung. Letakkan celengan di tempat yang mudah terlihat sehingga kamu selalu ingat akan mimpimu tersebut.

Cara ini memang terbilang unik namun jika diterapkan dengan baik maka impian menjelajah negara di luar Indonesia bukan tidak mungkin bisa segera tercapai. Coba deh mulai hari ini menabung Rp.10.000 per hari dan dimasukkan ke dalam celengan yang ada kata-kata motivasinya. Gimana, makin semangat kan? 🙂

3. Ikutan Arisan Juga Bisa Dilakukan Untuk Mengumpulkan Tabungan.Tanpa Sadar Uang Hasil Iuran Bisa Dipakai Buat Jalan-Jalan

ikutan arisan via woroluvpink.wordpress.com

“Ikut arisan. Nitip arisan via nyokap ato temen cewe pun ga masalah. Dengan begitu tiap punya uang kita akan ingat tanggung jawab. Dan pada saat giliran nerima, maka dana liburan pun udah terkumpul”

Syafutra Pratama, 25 Padang

Kalau kamu merasa tipe orang yang susah nabung tapi ingin jalan-jalan maka ikutan arisan bisa jadi salah satu solusinya. Dengan ikutan arisan kamu jadi punya kewajiban bayar iuran yang pada akhirnya saat tiba giliran kamu dapat arisan hasilnya bisa dipakai buat jalan-jalan. Sebetulnya konsep arisan itu sama saja dengan nabung. Cuma kalau ibu-ibu selain buat nabung arisan juga juga dipakai sarana ngerumpi bersosialisasi.

Buat cowok-cowok yang juga tertarik mengumpulkan uang dengan cara ini titip saja ke teman cewek atau ibumu yang ikutan arisan. Minta pada mereka bahwa kamu ingin mendapat giliran terakhir yang mendapatkan uang arisan. Menabung via arisan itu memang kesannya remeh, tapi kalau kamu memilih grup arisan beranggota besar pasti hasil yang didapatkan juga menguntungkan.

4. Sisihkan Penghasilan, Kurangi Biaya Senang-Senang, Sampai Dengan Cari Uang Tambahan: Pokoknya Selama Itu Halal Lakukan Demi Keberhasilan Berplesir ke Negeri Orang

kerja parttime bisa dilakukan via keepo.me

Spare uang gajian tiap bulannya, kurangin nongkrong, kurangin shopping berlebih yang bisa nguras isi dompet. Kalau punya keahlian lebih bisa dijadikan side job, contoh : baking, street photography, edit journal, kasih les/bimbingan ke anak sekolah lumayan banget buat nambah-nambah. Hehe…”

Indah M.Hadiwiboowo, 23 Semarang

Perjuangan mengumpulkan uang demi cita-cita berlibur ke luar negeri harus dilakukan secara total gak boleh setengah-setengah. Mulai dari menyisihkan uang dari penghasilan, menghindari menghamburkan uang untuk senang-senang, sampai dengan cari sumber pendapatan tambahan juga bisa kamu lakukan. Ketika kamu memiliki cita-cita tentu perjuangan berat seperti itu pun rela dilakukan agar keinginan tersebut bisa tercapai.

Segala hal sebetulnya bisa kamu lakukan jika memang benar-benar ingin mencapai keinginan berlibur ke luar negeri. Kelak segala pengorbanan tersebut akan terbayar dengan kepuasan dan juga pengalaman yang kamu dapat. Terasa berat memang, tapi jika ini menjadi cita-citamu tentu kamu akan tetap melakukannya bukan?

5. Pisahkan Rekeningmu Secara Tegas: Satu Untuk Tabungan Jalan-Jalan, Satu Lainnya Berfungsi Membiayai Pengeluaran Harian

pisahkan uang jadi 2 rekening via dikidot.blogspot.com

“Bikin dua rekening. satu untuk tabungan satunya lagi untuk yang bisa di tarik kapan aja. Hehe…”

Dila, 18 Yogyakarta

Agar lebih tertib soal menabung demi jalan-jalan kamu bisa membuat dua rekening demi kelancaran kedua hal tersebut. Satu rekening dimanfaatkan khusus tabungan dan yang satu lagi digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Saran Hipwee sehabis gajian atau mendapat kiriman orangtua transfer saja uang tersebut ke rekening yang memang ditujukan untuk menabung. Agar lebih afdol jangan buat kartu ATM supaya tidak tergoda mengambil uang tidak pada waktunya.

Memisahkan antara rekening tabungan dan biaya sehari-hari memang berguna untuk mengontrol diri agar tak kelepasan menghabiskan uang. Selain itu menabung di awal juga berguna untuk menghindari gagalnya menyisihkan uang karena memang tabungan telah dilakukan di awal dan bukan pada akhir bulan.

6. Kalau Kamu Baru Bisa Menabung Karena Terpaksa, Kenapa Tidak Ikut Program Tabungan Berjangka Saja?

buka tabungan jangka panjang via perbankan-poljan.blogspot.com

“Ikut tabungan rencana dimana kita diwajibkan menyetor sejumlah uang setiap bulan sampai jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tertentu, uang beserta bunganya akan dikembalikan ke kita lagi”

Juli, 19 Jakarta

Tahukah kamu jika biasanya di setiap bank ada sistem menabung yang secara otomatis akan mengambil uang dari tabungan kita tiap bulannya?

Ya dengan cara ini nantinya kamu akan diminta menentukan besarnya jumlah uang yang setiap bulannya akan diambil dari tabungan selama jangka waktu tertentu. Jumlahnya pun bervariasi dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Bahkan kamu juga memilih lama waktu menabung sesuai dengan keingunan.

Misalnya saja nih kamu memilih akan menabung sebanyak Rp.300.000 tiap bulannya selama setahun, maka setelah 12 bulan uang tersebut akan diakumulasikan dan diberikan kepadamu. Kelebihan mengumpulkan uang dengan cara ini adalah kamu bisa mendapat bunga dari bank tersebut. Selain itu karena sistemnya adalah auto-debet kamu jadi tidak punya alasan untuk tidak menabung kan? Cara ini banya dimanfaatkan oleh mereka yang ingin menyisihkan uang namun selalu tertunda karena banyaknya godaan.

7. Agar Biaya Tiket Pesawat, Akomodasi, dan Penginapan Tak Terasa Berat Coba Membelinya Satu-satu Secara Bertahap

beli secara bertahap via hostelblog.hostelrocket.com

“Pantengin web maskapai kadang promonya gila2an,beli tiket promo sekarang untuk perjalanan tahun depan. Nah ada jeda waktu buat ngumpulin duit, pantengin situs2 booking hotel,pantau terus kurs mata uang asing kalau lg rendah beli dan di simpan di utamakan dollar US”

Lulusibolang, 30 Bekasi

Berburu tiket murah meriah adalah kewajiban bagi kamu traveler yang punya budget terbatas. Jangan menyerah untuk mendapatkannya karena setiap tahun pasti ada maskapai yang melempar tiket murah ke pasaran. Agar tidak terasa berat hindari membeli semuanya di waktu bersamaan. Tentukan kapan waktu kamu akan pergi dan selanjutnya menabung serta membeli segala kebutuhan dengan cara bertahap.

Tidak hanya menghindarkan diri dari rasa berat karena harus membeli tiket dan bayar booking hotel bersamaan, membeli secara bertahap memungkinkan kamu untuk mendapatkan harga terbaik, misalnya saja melalui program sale yang ditawarkan. Kamu pun bisa memilih penginapan harga paling sesuai kantong dengan fasilitas terbaik di kelasnya.

8. Kalau Sudah Punya Travelmate, Kamu Juga Bisa Mengajaknya Menabung Dalam Satu Tabungan Bersama

ajak travelmate nabung bareng via haccstudentnurse.tripod.com

“Buat ‘atm bersama ‘ dengan teman seperjalanan. Sisihkan pendapatan setiap bulan nya. destinasikan tempat setiap tahun nya . yuhuuuu”

Nourma cholifah, 19 Jakarta

Jika kamu sudah punya travelmate yang sudah bisa jalan-jalan bersama kenapa tidak membuat tabungan khusus biaya jalan-jalan kalian berdua? Kamu dan temanmu tersebut bisa menentukan besarnya tabungan berdasarkan biaya berlibur ke destinasi tujuan kalian. Dengan menabung bersama kamu pasti akan merasa lebih semangat dalam mengumpulkan uang.

Tidak hanya lebih semangat, memiliki tabungan bersama juga membuat kamu tidak bisa lupa menabung karena tentu ada rasa tidak enak bila kamu melakukannya. Tapi satu yang perlu ingat cara menabung seperti ini hanya bisa dilakukan jika travelmate mu itu memang sudah bisa dipercaya ya.

9. Kalau Mau Jalan-jalan Gratisan, Ada Juga Beasiswa dan Konferensi Internasional yang Bisa Jadi Cara Memuaskan Hasratmu Jalan-Jalan

coba beasiswa dan pertukaran pelajar via www.spiabroad.com

“Cari beasiswa untuk sekolah di luar negeri. Jalan-jalan gratis sekaligus belajar. Itu yang gue lakuin sekarang”

 Tsamara Fadhila, 17 Seattle USA

“Cara ampuh untuk jalan jalan keluar negeri, ikutin konferensi skala internasional. Udah dibayarin, makan gratis temu banyak kenalan pula. Dan gak perlu nabung kan jadinya” 😉

Dilla, 23 Fukuoka, Jepang

Kalau kamu ingin jalan-jalan ke luar negeri secara gratis manfaatkanlah beasiswa atau kesempatan konferensi ke luar negeri. Selain mendapat pengalaman yang berharga kamu juga berjalan-jalan tanpa perlu membayar. Sekarang ini ada banyak kok kesempatan mendapat beasiswa atau pertukaran pelajar yang bisa kamu manfaatkan untuk mencapai keinginanmu ini.

Tentunya masih ada banyak cara lainnya yang bisa ditempuh oleh kamu jika memang benar ingin mewujudkan keinginan jalan-jalan di negeri orang. Dengan niat dan usaha penuh suatu saat nanti kamu pasti mencapai keinginanmu tersebut. Good luck ya!

Featured Image backpackersingaporemalaysia