Wisata rumah pohon sepertinya saat ini tengah menjadi salah satu destinasi yang lagi hits di kalangan anak muda. Biasanya tempat ini dibuat di dataran tinggi demi bisa menyuguhkan pemandangan dari atas yang menyejukkan mata. Pepohonan, perkebunan, ataupun lanskap desa kerap menjadi latar belakang yang bisa dipandang. Berbagai drestinasi liburan di Indonesia pun juga semakin banyak menawarkan wisata rumah pohon dengan berbagai karakteristiknya, salah satunya yang ada di Leuwiliang, Bogor.

Mendengar kata Bogor mungkin langsung terpikirkan daerah puncak yang dingin nan masih asri. Tapi tak hanya itu, kota yang terletak 59km dari selatan Jakarta ini juga masih menyimpan banyak tempat melancong yang bisa kamu sambangi. Kalau sebelumnya sempat ramai wisata rumah pohon dan jembatan Kayu Curug Ciherang, kali ini ada spot baru yang tak kalah asyik. Namanya Rumah Pohon Pabangbon yang keren abis.

Terletak di wilayah barat Kabupaten Bogor, Pabangbon menyajikan panorama yang wah dan bisa bikin kamu berdecak kagum

Cocok untuk pergi bareng pasangan via www.instagram.com

Walaupun letaknya yang berada lumayan jauh dari pusat kota Bogor, yakni di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, rumah pohon satu ini worth it untuk kamu datangi. Bagi kamu yang memang hobi fotografi, rasanya tempat ini sangat pas karena memiliki banyak spot indah dan menarik. Berupa gardu pandang yang bertumpu pada pohon cukup besar, perbukitan hijau serta semilir angin sepoi-sepoi akan menemani kamu di sini.

Mata kamu pun akan dimanjakan oleh jajaran pepohonan hijau dengan udara yang masih sejuk jauh dari polusi. Feed instagram kamu juga dijamin akan semakin kece jika fotomu diambil dari tempat ini. Rumah pohon Pabangbon sangatlah cocok jadi tujuan untuk menghabiskan waktu di akhir minggu. Lupakan sejenak rutinitas kamu dan pergilah mencari sesuatu yang bisa menyejukan mata serta mendamaikan pikiran.

Hanya dengan membayar Rp 5.000 saja kamu sudah bisa mengeksplorasi tempat wisata Pabangbon. Murah dan indah, tunggu apa lagi?

Advertisement

Hijau dan menyejukan via www.instagram.com

Kini tak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Omah Kayu yang berada di Malang jika ingin menikmati rumah pohon. Buat kamu yang tinggal di sekitaran Jakarta, kamu hanya perlu waktu 2-3 jam berkendara untuk mencapai Leuwiliang. Harga tiket yang masih murah juga tidak akan merogoh kocekmu terlalu dalam. Hanya dengan mengeluarkan selembar uang 5ribuan, kamu sudah bisa menjernihkan pikiran serta menenangkan diri dari kesibukan sehari-hari.

Tempat ini sangat cocok untuk bersantai, dan kamu pun bisa sambil hammocking. Banyaknya pohon pinus di area ini semakin menjadikan Pabangbon memiliki udara yang sejuk serta pemandangan indah untuk berswafoto ria. Tapi ingat ya, jika kamu pergi ke suatu tempat jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestariannya.

Lalu bagaimana caranya untuk mencapai ke Pabangbon? Berikut catatan rute perjalanan yang harus kamu perhatikan. Hati-hati ya karena rute ini cukup menantang adrenalin kamu

Santai di hammock via www.instagram.com

Jiwa petualang kamu akan diuji dalam perjalanan menuju ke sini. Ya, rute yang cukup menantang siap menyambut kamu. Belum banyaknya petunjuk jalan menuntun kamu sampai ke lokasi akan menjadi tantangan tersendiri. Jenis kendaraan beroda dua lebih disarankan di sini karena akan mempermudah kamu sampai ke tujuan.

Jika mengambil titik dari pusat kota Bogor, untuk mencapai Kecamatan Leuwiliang harus menempuh jarak 25 kilometer atau bisa ditempuh dalam 1,5 jam. Kamu bisa mengandalkan om google maps untuk mencapai Jalan Raya Leuwilian. Kamu dapat melewati rute Jalan Raya Dermaga dan harus sedikit bersabar karena sering terjadi kemacetan di sini.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan hingga mencapai pertigaan Karacak yang berada sebelum Pasar Leuwiliang. Ambil lah rute ke kiri lalu jalan lurus hingga terdapat jalan bercabang. Kemudian ambil belokan ke kanan di mana terdapat plang SMP 4 Leuwiliang atau menuju Desa Pabangbon. Rute tersebut akan didominasi dengan tanjakan yang cukup terjal, tapi tenang saja karena sudah diaspal. Perjalanan kamu akan terus berlanjut sampai menemukan hutan pinus yang sejuk di ujung jalan. Jika sudah sampai di sana, kamu sudah mencapai tempat lokasi wisata Pabangbon yang juga dinamai Saung Panineungan. Janganlah sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar jika kamu kebingungan lokasinya.

Besok sudah akhir pekan, barangkali kamu akan liburan ke Rumah Pohon Pabangbon?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya