Nama Malang dan Bandung kini sudah semakin populer di kalangan para pecinta wisata kota. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat kedua kota ini memang terbilang lengkap soal spot liburan yang menyenangkan. Mulai dari wisata alam, budaya, sampai dengan kuliner semuanya terjejer rapi di sini.

Tidak hanya karena tawaran wisatanya saja, berlibur di kedua kota tersebut juga terasa semakin menyenangkan karena biaya yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Bahkan bila kamu adalah mahasiswa yang memiliki budget pas-pasan, kamu tetap bisa datang ke sini untuk bersenang-senang. Tapi nih, kalau seandainya kamu di suruh memilih dari kedua tersebut, kota mana sih yang akan kamu datangi terlebih dahulu?

Sebelum memutuskan kemana nantinya kamu akan berlibur, yuk simak dulu ulasan mengenai berbagai tempat wisata menggugah hati yang ada di kedua kota ini:

1. Kalau Malang punya wisata paralayang yang menantang keberanian maka Bandung menawarkan kegiatan berarum jeram yang tak kalah menegangkan

menantang adrenalin lewat paralayang di Malang via harinurcahyo.wordpress.com

Menjajal aneka kegiatan yang menantang adrenalin merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan saat sedang berlibur. Beberapa daerah wisata biasanya juga menyediakan aneka spot wisata bagi para pecinta wisata ekstrem. Di Malang dan Bandung sendiri misalnya, tersedia ‘daerah khusus’ bagi mereka yang suka menantang keberanian lewat kegiatan outdoor yang ada di sini.

Advertisement

arum jeram sungai Citarum via gladiannasionalpaxivsumbar.wordpress.com

Jika di Malang kamu bisa menjajal rasanya terbang di ketinggian lewat olahraga parayalang, maka di Bandung silahkan mencoba sensasi terhentak di arus Sungai Citarum saat mencoba arum jeram. Kedua jenis olahraga ini jelas bukanlah kegiatan standar yang bisa dilakukan tanpa keberanian. Tapi kalau memang berasa berani, mencoba aneka kegiatan ini saat berlibur rasanya begitu sayang untuk dilewati begitu saja.

2. Kota Malang boleh bangga punya theme park sekeren Batu Night Spectacular sementara di Bandung keberadaan Trans Studionya juga jadi satu tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan

Keseruan di TSB via sekilasharga.com

Berwisata di theme park akhir-akhir ini sudah semakin banyak diminati oleh para wisatawan. Alasannya simpel, karena biasanya tempat seperti ini tidak hanya cocok dikunjungi orang dewasa  saja tapi juga anak-anak. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang merasa tertarik untuk mengisi waktu liburan mereka dengan berlibur di berbagai theme park yang tersedia di berbagai kota. Jika kamu berkunjung ke Bandung, tentu nama Trans Studio Bandung bukanlah nama yang asing kagi. Berdiri di lahan seluas 1,7 hektare theme park indoor ini menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

kelap-kelip di BNS yang lucu dan romantis via www.satyawinnie.com

Di sana kamu dan keluarga bisa mencoba aneka wahana yang menarik. Meskipun harus merogoh kocek yang cukup dalam (Rp,150.000 untuk weekday dan Rp.250.000 untuk weekend) namun keseruan yang kamu dapat akan terasa worth it dengan harga yang dibayar. Sementara itu di Kota Malang sendiri ada pula loh theme park sejenis yang bernama Batu Night Spectacular. Meskipun secara ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan TSB, tapi bukan berarti berlibur ke sini menjadi layak untuk dilewatkan. Cobalah wahana sepeda terbang di mana pengunjung akan diajak mengendarai di atas sebuah rel yang cukup tinggi di mana dari atas sana kamu dapat melihat citylight Kota Malang yang sangat ciamik. Penasaran? Coba saja sendiri…

3. Jika disuruh memilih, kamu lebih suka mengisi perut dengan Bakso Bakar Malang atau Mie Kocok Bandung?

bakso bakar mantap via anekainfounik.net

Berlibur tanpa mencicipi kuliner khas di kota tersebut nampaknya akan mengurangi keseruan dari kegiatan berpetualang ke suatu daerah. Pasalnya, berbagai tempat di Indonesia memiliki aneka makanan khas yang layak pasti menggugah selera. Begitu pula dengan Malang dan Bandung yang masing-masingnya punya kuliner andalan di kota mereka. Di Bandung sendiri sebenarnya ada banyak sekali kuliner nikmat yang memikat hati banyak wisatawan. Salah satunya adalah mie kocok.

mie kocok Bandung via dianacookswithlove.wordpress.com

Berbeda dengan mie lainnya, mie kocok khas Bandung punya rasa khasnya tersendiri. Rasa gurih berpadu dengan tekstur mie gepeng inilah yang membuat sajian kuliner satu ini terasa begitu istimewa. Sementara Malang juga punya kuliner andalan yang tak kalah menggoda yakni bakso bakar Malang. Jika di kota lain kamu dapat pula merasakan makanan khas Kota Apel tersebut, khusus di kota ini saja mungkin kamu bisa merasakan kenikmatan bakso bakar yang menggoyang lidah.

4. Menelusuri kemagisan Coban Rondo di Malang atau menikmati keindahan Maribaya di Kota Lembang akan sama-sama memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan

mistisnya Coban Rondo Malang via cobanrondomalang.blogspot.com

Meski tidak sepopuler gunung atau pantai, akan tetapi berkunjung ke wisata air terjun ternyata juga cukup banyak diminati oleh wisatawan. Di Indonesia sendiri mungkin ada ribuan air terjun yang kecantikannya selalu berhasil memesona banyak orang. Begitu pula dengan Malang dan Bandung yang punya sederet tempat wisata dengan icon air terjunnya yang terkenal. Salah satu air terjun di Kota Malang yang cukup populer adalah Coban Rondo.

keindahan Maribaya via phribandungbarat.com

Air terjun satu ini tidak hanya populer karena keindahannya tapi juga legenda yang ada pada air terjun tersebut. Konon katanya, air terjun tersebut memiliki hubungan dengan kisah percintaan antara Dewi Anjarwati dengan suaminya Raden Baron Kusuma yang tewas akibat pertempuran dengan Joko Lelono. Sementara itu di Kota Kembang, wisata air terjun yang juga tak kalah memesona adalah Air Terjun Maribaya. Air terjun satu ini terletak di daerah Lembang dan sangat cocok dijadikan tempat bersantai keluarga.

5. Manjakan lidahmu dengan menyeruput secangkir Kopi Aroma di Bandung atau kelembutan Es Krim Toko Oen yang legendaris

kopi aroma yang menggoda via sistalisius.com

Hampir di setiap kota sepertinya memiliki tempat makan yang cukup legendaris. Biasanya sih tempat makan sejenis ini memang punya rasa yang sangat enak sehingga meski telah memiliki banyak pesaing, tidak mengurangi minat orang untuk datang. Salah satu toko legendaris yang ada di Kota Malang adalah Toko Oen. Di tempat ini kamu bisa menyantap es krim super enak dengan tekstur super lembut. Konon katanya spot makan es krim sudah ada sejak tahun 1930-an.

Oen es krim yang super lembut via chandrapzm.wordpress.com

Tidak hanya Oen saja yang keberadaannya layak diperhitungkan. Di Bandung, tepatnya di Jalan Banceuy kamu bisa mencicipi secangkir kopi yang kenikmatannya tak perlu diragukan lagi. Toko satu ini pun sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Keunggulan dari kopi tersebut terletak pada aromanya yang semerbak. Mungkin karena alasan itulah mengapa kopi ini dinamakan ‘Kopi Aroma’. Karena kelezatannya, banyak orang yang menjadikan kopi ini sebagai buah tangan yang dibawa ke kota asal.

6. Telusuri dan bandingkan keanggunan pesona alam Ranu Kumbolo dengan kawah di Tangkuban Perahu: Wisata alam ini selalu sukses membuat wisatawan merasa ingin datang lagi

Ranu Kumbolo primadona di Semeru via tunaskehidupan.wordpress.com

Nama Gunung Semeru kian meroket popularitasnya sejak gunung tersebut dijadikan tempat syuting film 5 Cm yang meledak di pasaran. Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa keindahan alam yang terekam di film itu membuat banyak orang merasa tertarik untuk datang ke sana. Kecantikan Ranu Kumbolo adalah salah spot yang paling diincar untuk didatangi sesuai menonton film bertema persahabatan itu.

Tangkuban Perahu gunung kebanggannya orang Bandung via andikabaktifoto.blog.com

Selain Semeru gunung lainnya yang juga tidak pernah sepi pengunjung adalah Gunung Tangkuban Perahu. Jika dibandingkan dengan Semeru, Tangkuban Perahu adalah jenis gunung yang bisa didatangi tanpa terlalu repot mendaki. Keindahan gunung ini pun selalu lekat dengan cerita legenda mengenai kisah percintaan Dayang Sumbi dan Sangkuriang. Menapaki kecantikan kawah di gunung ini adalah satu dari sekian banyak kegiatan yang bisa dilakukan kala sedang berlibur di Tangkuban Perahu.

7.Meregangkan tubuh yang lelah di kolam air panas Ciater Lembang memang menarik. Namun merasakan sensasi berendam di air kaki gunung Dewi Sri Batu tak kalah akan membuat petualanganmu terasa epik

meregangkan badan di Ciater via na-2x.blogspot.com

Pemandian air panas Ciater adalah salah satu objek wisata yang sangat terkenal di kota asalnya Bandung. Tempat ini banyak dikunjungi orang selain untuk berekreasi juga sebagai tempat untuk mengobati berbagai penyakit mulai penyakit kulit, rematik, sampai dengan pegal-pegal. Kandungan belerang yang ada pada air panas tersebutlah yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit yang diderita oleh pengunjung.Biasanya orang yang datang ke sini juga bertujuan untuk merasakan nikmatnya berendam di air panas di tengah dinginnya cuaca Lembang.

pemandian dewi sri via ennysrentcar.com

Tempat pemandian yang tak kalah epik jika dibandingkan dengan Ciater di Malang bernama Pemandian Dewi Sri Batu. Terletak sejauh 29 KM dari Kota Malang, tempat pemandiang ini menawarkan pengalaman mandi dengan air yang berasal langsung dari kaki Gunung Dorowati. Konon katanya, jika ada orang yang mandi di sini akan membuat awet muda. Kejernihan dan kesegaran air yang langsung berasal dari kaki gunung tersebutlah yang membuat tempat pemandian ini terbilang unik jika dibandingkan dengan tempat lainnya.

8. Menilisik sejarah Kantor Pos di Bandung atau melihat koleksi mobil-mobil antik milik Museum Angkut yang sangat menarik

koleksi musem pos yang unik via www.wisatabandung.co.id

Sebelumnya, pada tulisan tentang 23 destinasi wisata Malang Hipwee sudah pernah loh mengulas tentang Museum Angkut yang isinya adalah koleksi mobil-mobil tua nan antik mulai dari Benua Eropa, Amerika, hingga Asia. Bahkan nih di museum ada juga mobil yang dulunya adalah milik Presiden Indonesia pertama yakni Bapak Soekarno. Banyak orang datang ke museum tersebut selain untuk melihat-lihat koleksinya juga berfoto karena memang suasana di dalam yang super classy.

lucunya motor di museum angkut malang via beliaeka.blogspot.com

Di Bandung sendiri juga punya sederet museum unik yang layak kamu datangi saat berlibur ke sana. Salah satunya adalah Museum Pos yang terletak di Jalan Cilaki No.73. Sesuai dengan namanya, di museum ini kamu dapat melihat berbagai bus surat drai masa ke masa, koleksi perangko yang usianya sudah puluhan bahkan mungkin ratusan tahun, serta para pejabat PT Kantor Pos mulai dari jaman Belanda.

Dari hasil penelusuran Hipwee, menurut kamu mana nih yang lebih menarik untuk dicoba? Aneka wisata di Malang atau Bandung? Kalau sudah tahu jawabannya, jangan lupa kasih tahu kita lewat kolom komentar di bawah ya…

Featured Image by irmafriskandari.blogspot.com