“Eh, mau pergi ke mana lo? Jangan lupa oleh-oleh yaa!”

Di Indonesia yang warganya selalu akrab satu sama lain ini, nggak mungkin banget kita pergi ke luar kota atau negeri tanpa membawa oleh-oleh untuk teman-teman dan tetangga. Tapi kadang waktu dan budget yang kita punya sangat terbatas, sehingga kita membeli oleh-oleh secara asal; tanpa mempertimbangkan manfaat yang sebenarnya atau keunikannya di mata si penerima.

Memang sih, oleh-oleh apapun itu, nggak bakal ada orang yang nggak berterima kasih ketika kita memberi mereka buah tangan. Tapi sebenarnya — tanpa bermaksud pilih-pilih juga — ada lho beberapa oleh-oleh yang lebih bisa membuat mereka senang. Nah, daripada kamu bingung dan membuang-buang uang untuk oleh-oleh yang biasa aja, berikut ini Hipwee berikan rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu berikan pada orang-orang tercinta. Karena sebenarnya, saat kamu pergi ke luar kota atau negeri, ini lho barang-barang yang mereka ingini 🙂

1. Gantungan kunci bukan hanya murah meriah. Identitas suatu kota juga bisa ditonjolkannya dengan cara yang sederhana.

Gantungan kunci khas via travel.kompas.com

Menolak pesanan oleh-oleh orang terdekat adalah hal yang mustahil kamu lakukan. Maka kamu harus rela memotong uang perjalananmu demi membahagiakan orang-orang terdekat. Tanpa harus menyiksa kantong, gak ada salahnya kamu belikan mereka gantungan kunci. Sebenarnya mereka suka banget kok diberi barang kecil ini, apalagi kalau kamu pergi ke luar negeri.

Advertisement

Kamu bisa pilih gantungan kunci handmade yang terbuat dari kayu dengan ukiran khas kota yang dikunjungi. Atau mungkin gantungan kunci tembaga yang berukiran ikon negara yang kamu singgahi. Biasanya, gantungan kunci bisa kamu dapatkan dengan uang yang minim. Namun, pastikan kamu memilih desain yang benar-benar unik dan khas ya. Dengan begitu, pemberianmu pasti akan digunakan.

2. Gak sedikit daerah di Indonesia yang punya kopi dengan rasa khas. Jadi kenapa gak membuatnya jadi oleh-oleh saja?

Coffee in burlap via www.bikoscoffeebags.com

Mungkin kamu melakukan traveling ke beberapa pulau di Indonesia, seperti Sumatra, Kalimantan, ataupun Sulawesi. Gak jarang tempat-tempat ini punya kekayaan kuliner berupa kopi dengan rasa yang khas. Tanpa harus bimbang, kamu bisa jadikan kopi ini sebagai oleh-oleh untuk orang-orang tercinta.

Dengan budget yang tidak terlalu menguras kantong, kopi yang kamu beli dari daerah ini bisa menjadi hadiah yang spesial. Mungkin kamu bisa beli kopi Kintamani, kopi Lintong, atau kopi Wamena. Nah, jika temanmu pecinta kopi, dijamin mereka akan merasa berbunga-bunga.

3. Jika kamu punya budget lumayan, gak ada salahnya belikan orang tersayang t-shirt khas. Dijamin mereka akan menerima dengan senang.

Beli oleh-oleh kaos khas via music.yess-online.com

Selain gantungan kunci, kaos juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk oleh-oleh khas. Mungkin kamu bisa beli kaos bergambar logo kota, bendera atau ikon suatu kota atau negara. Misalnya baju barong saat ke Bali atau kaos batik saat ke Jogja. Baju atau kaos sudah pasti bermanfaat dan bisa membawa nilai kekhasan suatu tempat. Nah, pastikan kamu memilih dengan ukuran yang pas ya.

4. Untuk Ibu tercinta, kamu bisa belikan kain dalam bentuk selendang. Pilih yang bermotif unik dan berbahan menghangatkan.

Oleh-oleh kain khas Makasar via amaliarosadotcom.wordpress.com

Selain teman-teman, orangtua juga kadang tak ketinggalan untuk pesan oleh-oleh saat kamu bepergian. Nah, karena beliau begitu spesial, gak ada salahnya kamu belikan buah tangan yang sedikit lebih mahal. Mungkin kamu bisa belikan kain khas kota yang kamu kunjungi saat destinasi.

Jika kamu pergi Jepang, kamu bisa belikan kain khas dengan motif sakura. Jika kamu pergi ke Lombok, maka belilah kain tenun khas Lombok. Oleh-oleh seperti ini sudah pasti bermanfaat. Selain bisa memberikan kehangatan, kain oleh-olehmu juga bisa menjadikan penampilan beliau lebih asyik. Gak jarang beliau pasti senang karena bisa menggunakan pakaian yang jarang dipakai orang.

5. Gak sedikit orang yang penasaran dengan cita rasa spesial suatu kota. Jadi gak ada salahnya kamu coba belikan makanan khas dalam bentuk kemasan agar tak cepat basi.

Tokyo banana! via supermerlion.com

Gak melulu membeli barang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh orang di rumah, karena banyak orang yang juga merasa penasaran dengan cita rasa makanan khas suatu tempat. Mungkin kamu sedang traveling ke Jepang, maka gak ada salahnya kamu belikan dorayaki atau Tokyo Banana yang hanya diproduksi disana. Atau mungkin kamu liburan ke Ambon, maka belikan saja ikan asap yang dikemas dalam bentuk yang kering. Nah, dengan cara ini gak jarang mereka bisa akan merasa puas dengan buah tangan yang kamu bawakan.

6. Buah tangan dalam bentuk buku agenda dengan cover khas negara juga bisa dibeli saat traveling. Selain bermanfaat, mereka juga akan senang karena itu hanya satu-satunya.

oleh-oleh dalam bentuk buku via www.aliexpress.com

Tak melulu memberikan oleh-oleh dalam bentuk makanan yang enak, buku dengan cover  yang khas juga bisa jadi pilihan. Mungkin kamu berkunjung ke Perancis, maka belilah buku dengan cover yang unik bernuansa Perancis. Atau mungkin kamu berkunjung ke kota daerah, maka gak ada salahnya kamu beli buku dengan sampul handmade yang unik.

Kamu bisa pilih buku agenda dengan cover berlambang negara, bendera, atau ikon kota yang kamu kunjungi. Jika kamu pandai memilih, mereka pasti senang karena punya buku dengan cover yang langka saat kembali ke rumah.

7. Oleh-oleh tak melulu harus dikirimkan saat kamu sudah pulang, kamu bisa coba mengirimkan kartu pos dari tempat liburanmu sekarang.

Oleh-oleh kartu pos via nelliciousspost.blogspot.com

Jika kamu traveling menggunakan pesawat, maka berat oleh-oleh yang kamu beli harus dipertimbangkan matang-matang. Oleh-oleh yang kamu beli tak harus diberikan saat kamu pulang kok, sekarang kamu bisa coba kirimkan kartu pos pada orang tercinta. Nah, kamu bisa beli kartu pos yang unik dan khas lalu tuliskan kata sapaan dan kabar bahagia. Kemudian kirimkan dengan cap pos dimana kamu berada.

Buah tangan seperti ini bukan hanya bisa menjadi pemberian yang menyenangkan, tapi juga kejutan yang membahagiakan.

8. Jika kamu tak sempat beli oleh-oleh,mata uang juga bisa dijadikan pilihan sebagai buah tangan yang murah meriah.

Oleh-oleh dalam bentuk koin via id.aliexpress.com

Singkatnya waktu traveling terkadang membuatmu tak sempat untuk membeli oleh-oleh. Tenang saja, sekarang kamu bisa berikan mata uang negara yang kamu kunjungi sebagai buah tangan. Mungkin kamu sedang melakukan tour beberapa negara di Eropa, sisakanlah beberapa jenis uang recehan. Lalu kemas dalam dompet yang manis. Gak jarang mereka pasti akan senang.

Oleh-oleh adalah hal yang tak terpisahkan dari proses perjalanan. Agar buah tanganmu tak sia-sia, kamu bisa coba beli barang yang bermanfaat dengan harga yang tak menguras kantong. Nah, 8 jenis oleh-oleh ini bisa menjadi pilihan ketika kamu bertandang ke luar kota atau luar negeri. Dijamin, teman-temanmu pasti suka banget dan bakal berdoa supaya kamu bisa lebih sering pergi-pergi. Hehehe.

(P.S.: jangan lupa sisain oleh-olehnya buat Hipwee, ya!)