“Kita tak hidup sendirian. Bahkan dalam rumah yang kamu anggap tempat paling aman, ada makhluk tak kasat mata yang memperhatikan setiap kegiatan yang kamu lakukan”

Kamu pernah punya perasaan nggak nyaman saat tidur? Seolah ada yang memperhatikanmu, tidurmu jadi tak nyenyak dan ada perasaan was-was yang melanda. Atau saat kamu tengah santai di ruang tamu, tetiba ada suara mengagetkan yang terdengar begitu saja. Kalau pernah, bisa jadi itu karena di rumahmu memang sedang ada yang mengawasimu. Hanya saja, kamu nggak bisa melihatnya (atau bahkan mereka!).

Hayoo… Jangan kira makhluk tak kasat mata hanya suka bergentayangan di tempat-tempat angker semacam rumah kosong hingga pohon besar dekat kuburan saja. Nggak. Selain di tempat-tempat tersebut, setan juga nggak menutup kemungkinan tinggal serumah juga bersamamu. Mungkin kamu nggak sadar, tapi bisa saja mereka ternyata menampakkan wujud saat kamu tengah tertidur. Dalam sunyinya malam, mereka tersenyum menyeringai memandang wajah lelapmu.

Tempat paling umum menjumpai setan jelas di sudut ruangan. Mau ruang tamu atau kamar tidurmu, setan sering muncul di tempat itu

Hantu di sudut ruangan rumahmu via anakkampus11.blog.uns.ac.id

Entah apa yang jadi alasan, tapi spot favorit hantu selalu saja ada di sudut ruangan. Apalagi jika sudut ruangan tersebut gelap dan sepi. Tak ada properti semisal vas atau meja kecil yang mengisi pojok ruangan. Saat kamu tengah bersantai, siapa tahu ada yang mengintip di balik gelapnya sudut ruangan itu. Dari sudut gelap ruangan, ada hantu yang terus mengawasi gerak-gerikmu.

Setan juga sering muncul di dalam kamar mandi. Mengagetkanmu saat kamu membuka mata waktu keramas di malam hari

Advertisement

Kamu juga harus berhati-hati saat mandi. Kamar mandi memang tempat yang sifatnya privat. Namun hal itu tak menghentikan setan untuk menghantuimu di sana. Kamu yang tengah menutup mata karena mencuci muka, atau tengah menutup mata karena keramas, hati-hati saja dikageti oleh sosok seram yang tetiba muncul di sampingmu saat kamu membuka mata.

Hati-hati kalau bercermin di malam hari. Siapa tahu ada sosok seram yang menampakkan diri di cermin dekat kamar mandi

Wadaaaw via nyunyu.com

Kamu yang hobi bersolek sebelum tidur harus berhati-hati. Seperti kisah yang sudah sering terdengar di masyarakat kita, cermin adalah tempat yang umum bagi hantu untuk menampakkan diri. Kamu yang biasanya bercermin di dekat kamar mandi atau dalam kamar saat malam hati, jangan kaget jika ada sosok yang tersenyum padamu dari cermin tempatmu merias diri itu.

Jangan coba-coba menengok ke arah jendela saat malam sudah larut. Kali aja ada yang mengintip kegitanmu dari luar jendela

Sial! via bintang.com

Setiap rumah jelas memiliki jendela. Itu sudah jadi hukum arsitektur agar cahaya dan udara bisa masuk rumah dengan baik. Namun, jendela kaca yang terdapat di rumahmu juga bisa jadi tempat yang menyeramkan. Menengok ke arah jendela di malam hari, bukan tidak mungkin sekelebat bayangan hitam akan menampakkan diri. Melihat ke arahmu dari luar jendela kaca yang kamu kira sudah kamu tutup rapat. Hingga satu atau dua detik kemudian, ia menghilang tiba-tiba dan membuatmu lari tunggang langgang.

Pun demikian dengan gudang rumahmu. Setan sering bersembunyi di dalam ruangan gelap dan tak terurus seperti itu

Kalau udah gini sih seremnya bukan main via filmmaniaks.blogspot.com

Gudang rumahmu pun tak jauh dari kata aman. Bahkan, gudang yang gelap dan tak terurus bisa jadi malah sarang dari hantu-hantu yang menghuni rumahmu. Di balik tumpukan barang-barangmu yang sudah tak lagi kamu gunakan, ada sosok yang mengintai dengan sabar. Menunggumu masuk ke dalam gudang saat gelapnya malam telah menyelimuti. Kemudian menampakkan wujudnya yang menyeramkan sehingga kamu jatuh pingsan.

Hati-hati kalau sedang nonton tivi sendirian di malam hari. Siapa tahu ada yang tetiba turut menampakkin diri di sebelah televisimu

Atau, hantunya keluar dari televisi via www.pinterest.com

Ruang bersantaimu pun tak luput dari gangguan hantu. Kamu yang berniat santai dengan menonton tivi bisa jadi akan diganggu oleh hantu. Setan yang iseng itu akan mengganggumu dengan tetiba mematikan televisimu. Kamu yang sok berani pasti akan mengira listriknya konslet. Namun begitu kamu mencoba mendekati televisi yang mati tersebut, ada sesosok bayangan yang tersenyum dari layar televisi yang gelap itu. Membuat bulu kudukmu berdiri…

Dapur juga sering jadi sarangnya hantu. Banyak kasus dimana setan tiba-tiba muncul selepas kamu menutup pintu kulkas

Bayangin kalo ada ini di belakang pintu kulkasmu via wall.alphacoders.com

Malam hari dan kamu tengah lapar. Tujuanmu pasti ke dapur dan membuka kulkas guna mencari makanan. Seolah tergoda oleh makanan yang ada di dalam kulkasmu, perhatianmu tertuju pada makanan itu. Hingga tanpa sadar setelah pintu kulas kamu tutup, kamu baru sadar kalau ada sesosok bayangan yang tengah duduk di balik pintu kulkas itu. Ia tersenyum manis ke arahmu yang tengah terdiam mematung tak tahu harus berbuat apa lagi.

Setan juga sering muncul di samping kasurmu. Menemani tidurmu sembari menyeringai seram ke arah wajah pulasmu

Pas kamu tidur, dia ada di sampingmu via bintang.com

Ini yang jelas yang bikin panik. Coba bayangkan ada sosok tak kasat mata yang berdiri di sampingmu ketika kamu tidur di malam hari. Atau, bahkan mungkin ia juga turut berbaring di sebelahmu yang tengah tertidur pulas. Saat tidurmu terganggu dan kamu terbangun dari alam mimpi, ada sosok seram menyeringai ke arah wajahmu yang tiba-tiba pucat itu. Mau teriak namun suaramu tak mau keluar. Mau lompat dan berlari keluar, namun tubuhmu kaku tak mau digerakkan. Padahal kamu mengira kamar adalah tempat paling aman. Nyatanya, setan pun bisa mengganggumu dari tempat tidurmu. Serem juga ya!

Yah, biar bagaimanapun kita hidup tak sendirian di dunia ini. Di samping manusia dan makhluk hidup lain, bumi ini juga dihuni makhluk tak kasat mata yang juga ciptaan Tuhan. Ia bisa muncul kapan saja. Tanpa diduga. Tanpa memberi isyarat sebelumnya. Bahkan, mungkin ia juga sedang mengawasi di balik punggungmu saat kamu tengah membaca artikel ini. Jangan langsung balik badan, ya…