Siapa di antara kamu yang belum mengenal kota Batam? Meski terletak jauh dari Pulau Jawa, Batam sama sekali gak layak dibilang terpencil. Malahan, kota-pulau ini menjadi salah satu kota metropolitan yang paling maju di Sumatera — bahkan di Indonesia. Tak cuma unggul di sektor industri dan niaga, Batam juga menjadi gerbang pariwisata yang penting di Indonesia karena letaknya yang strategis.

Ini bukan cuma soal dekatnya Batam dari Singapura. Kota ini juga punya sisi rupawan tersendiri yang membuatnya pantas menjadi destinasi liburanmu selanjutnya. Yuk, Hipwee ajak kamu jalan-jalan keliling Batam!

1. Ketika menginjakkan kaki di Batam, singgahlah untuk melihat Jembatan Barelang yang menjadi ikon kota ini

Jembatan Barelang via www.sutrastours.com

Wilayah Metropolitan Batam yang berada di beberapa pulau dihubungkan oleh jembatan bernama Barelang. Barelang ini sebenarnya adalah akronim dari pulau-pulau yang dihubungkan olehnya, yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Kalau Jakarta punya Monas dan Yogyakarta punya Tugu, maka Jembatan Barelang inilah yang menjadi landmark ikonik dari kota Batam.

Jembatan Barelang sebenarnya ada enam, tapi yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Jembatan Barelang I yang menghubungkan Pulau Batam dan Tonton. Datanglah sendiri dan nikmati menariknya arsitektur jembatan sepanjang 642 meter yang dibangun oleh anak bangsa ini. Kamu pasti betah berlama-lama di atas jembatan sambil menikmati semilir angin dan panorama sekelilingnya.

2. Lihat siluet Singapura di kejauhan dari pantai Nongsa, surga kaum jetset yang punya fasilitas resor dan lapangan golfnya sendiri

Advertisement

Pantai Nongsa via yudiasnuri2311.blogspot.com

Dengan wilayahnya yang berupa kepulauan, gak heran jika sejumlah pantai nan elok bisa kamu temukan di Batam. Salah satunya adalah Pantai Nongsa yang ada di Kecamatan Nongsa, Batam. Pantai yang terkenal cantik ini memiliki pasir putih serta ombak yang tenang. Apalagi, distrik ini menjadi salah satu surga pelancong berduit karena dilengkapi dengan sejumlah fasilitas resor serta lapangan golf bertaraf internasional. Yang seru, kamu juga bisa melihat siluet lanskap Singapura di kejauhan.

3. Keragaman wisata bahari dalam satu wadah bisa kamu temukan di pantai Sekilak

Keelokan yang dimiliki pantai Sekilak pasti gak bakal bikin kamu bosan main di pantai ini. Pantai yang terletak di desa Batu Besar, kecamatan Nongsa, belahan timur kota Batam ini menawarkan sesuatu yang lebih dari sekadar pantai. Kamu bisa menikmati indahnya laut lepas dari atas tebing-tebing bukit di Tanjung Kedabang, lalu turun berenang menikmati air laut yang dipercantik dengan dengan pasir putih dan bebatuan karangnya yang berwarna merah.

Tak cuma itu, ada juga danau buatan bernama Teluk Penyu, serta berbagai fasilitas olahraga air seperti perahu kayak, sepeda air, sampai memancing. Dengan fasilitas yang lengkap dan panorama yang menawan, tak heran kalau kamu jadi malas pulang begitu menginjakkan kaki ke pantai ini.

4. Dari Nongsa, jangan lupa mampir ke Pulau Putri, salah satu pulau terluar di negeri kita

Pulau Putri via awalinfo.blogspot.com

Dari Pantai Nongsa, kamu bisa langsung menyeberang ke Pulau Putri, salah satu pulau terluar milik Indonesia. Dengan biaya yang cukup terjangkau, kamu sudah bisa naik boat menuju ke pulau ini dan menikmati keelokannya. Kamu bisa menjamahi pantainya yang berpasir putih sekalian bermain air sembari menanti matahari tenggelam. Kalau lapar, tinggal pesan ayam atau jagung bakar yang dijual oleh warga sekitar.

5. Kunjungilah pantai Mirota yang panoramanya membuatmu lupa kalau kamu sedang berada di Indonesia

Pantai Mirota via dananwahyu.com

Jangan kaget kalau kamu jadi jatuh cinta sama Batam ketika kakimu menyentuh pasir putihnya Pantai Mirota yang terletak di Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Pulau Galang Baru, tak jauh dari Jembatan Barelang V. Panoramanya yang kece bisa-bisa hampir membuatmu lupa kalau ini masih berada di wilayah Indonesia.

Selain pasir putih dan airnya yang jernih, pantai ini juga dipercantik dengan resor-resor berupa bangunan kayu yang antik. Kamu juga bisa bermain banana boat di sini. Jangan lewatkan juga untuk menyambangi keindahan Pantai Melur tetangganya.

6. Pulau Galang menyimpan kisah perjuangan para pengungsi Vietnam, yang bisa kamu saksikan sampai sekarang di bekas barak pengungsian

Camp pengungsi Vietnam di Pulau Galang via hendraermawan0.blogspot.com

Pada tahun 1979 – 1996, Pulau Galang menjadi tempat perlindungan bagi pengungsi asal Vietnam—yang dikenal juga dengan sebutan Manusia Perahu karena mengungsi dengan perahu kecil. Menurut data, pengungsi korban perang Vietnam di pulau ini mencapai 250 ribu jiwa! Nah, kamu bisa menapaki sejarah korban perang Vietnam lewat kamp pengungsian ini dan sebuah museum yang sampai sekarang masih bertahan.

7. Buat kamu yang suka bermain di taman rekreasi, jangan sampai lupa untuk menyambangi Mega Wisata Ocarina Park

Tempat wisata ala “Ancol” di Jakarta ternyata bisa kamu temukan juga di pusat kota Batam. Mega Wisata Ocarina Park ini adalah salah satu tempat wisata favorit keluarga. Di sini kamu bisa menikmati serunya bermain air di Waterpark, menjajal sejumlah wahana di taman bermainnya, sampai menikmati suasana pantai di senja hari.

Tempat wisata megah ini pernah menjadi primadona pariwisata kota Batam. Sayangnya, kini tempat ini seolah-olah mati suri. Padahal sebenarnya tempat ini sangat menarik jika dikelola dengan lebih baik.

8. Pemandangan indah kota Batam dan setitik Singapura dari ketinggian bisa kamu nikmati sekaligus dari atas Bukit Senyum

Pemandangan lampu kota Batam dari Bukit Senyum via www.skyscrapercity.com

Kalau kamu menginginkan pemandangan terbaik kota Batam dari ketinggian, Bukit Senyum adalah pilihan yang tepat. Bukit Senyum adalah kawasan wisata berupa perbukitan yang menjadi favorit anak muda di Batam. Pemandangan kota Batam bisa kamu nikmati sambil nongkrong dan makan. Bahkan, siluet gedung-gedung pencakar langit Singapura pun terlihat jelas dari sini. Tunggulah sampai malam tiba, pemandangan kerlip lampu kota membuat malam di atas bukit terasa berwarna.

9. Ke Batam, tentu belum lengkap kalau gak belanja. Kunjungi komplek Nagoya yang menjadi surganya wisata belanja

Ya, Batam memang terkenal sebagai surga belanja—tak terkecuali barang-barang BM, hehehe. Makanya, tentu kurang lengkap kalau kamu gak berbelanja di Batam. Minimal cuci mata, deh. Salah satu pusat wisata belanja ada di Nagoya Hill, salah satu mal yang didesain dengan konsep city walk, sehingga menyerupai kota mini. Kamu bisa belanja atau sekadar window shopping bermacam produk, mulai dari barang elektronik, tas, sampai parfun dan jam tangan.

10. Nikmati juga serunya nongkrong gaul ala anak muda di alun-alun Dataran Engku Putri, yang menjadi kebanggaan warga Batam

Dataran Engku Putri via enjoybatam.com

Alun-alun Engku Putri merupakan alun-alun kota Batam yang dikelilingi kantor-kantor pemerintahan. Tapi, alun-alun ini jauh dari kesan kaku dan kolot. Lapangan ini justru tampak modern, sehingga anak muda Batam gak merasa malu-malu untuk menjadikannya tempat nongkrong favorit.

Makanya, kalau kamu mau menikmati nongkrong gaul rasa anak muda Batam, datang aja ke alun-alun Engku Putri ini. Kamu bisa menemukan berbagai komunitas anak muda mangkal di tempat ini dan menunjukkan kebplehannya.

Nah, itulah dia sebagian pesona pariwisata yang dimiliki kota Batam. Tertarik untuk ke sana?