Libur akhir tahun sebentar lagi tiba. Jangan sampai kamu cuma duduk di rumah seharian dan bengong nggak ngapa-ngapain. Sayang banget ‘kan kalau libur panjangmu nggak dihabiskan buat jelajah Indonesia?

Nggak perlu yang jauh-jauh deh kalau kamu mau liburan sekalian mendinginkan kepala. Mungkin kamu bisa sejenak menyingkir dari keramaian kota yang penuh sesak untuk bertandang ke kota hujan, Bogor. Bogor nggak hanya terkenal dengan Istana Bogor aja lho. Salah satu tempat yang mesti kamu kunjungi saat ke Bogor adalah Suaka Elang Loji. Penasaran kan apa aja yang ada di Suaka Elang Loji ini? Yuk, cari tahu bareng Hipwee Travel.

Buat sampai ke Suaka Elang Loji, kamu butuh sedikit perjuangan. Tapi, seimbang kok dengan apa yang akan kamu dapat di sana

butuh perjuangan sampai kesana via udaindra.blogspot.co.id

Suaka Elang ini terletak di Taman Nasional gunung Halimun Salak, di kampung Loji, Kecamatan Cigombong. Memang perlu perjuangan buat sampai ke Suaka Elang Loji tersebut. Jangan harap kamu akan melewati jalan beraspal karena memang jalan menuju ke sana masih bebatuan. Tapi, bukankah di situ letak keseruannya? Kamu harus bersusah-susah dulu untuk sampai ke tempat indah ini.

Untuk sampai ke sana, kamu bisa melalui rute Bogor. Kamu bisa menuju arah lokasi Argowisata Warso Farm, lanjut ke arah Batu Tulis. Kemudian ikuti saja jalan tersebut sampai ada pertigaan dengan jembatan besar sebelah kiri, nah kamu harus melewati jembatan tersebut. Lanjutkan perjalanananmu mengikuti jalan ke jembatan tersebut ke arah Cijeruk dan kemudian menemukan plang Warso Farm. Ikuti terus jalan tersebut sampai ada plang bertuliskan ‘loji’ di kanan jalan. Setelah menemukan plang tersebut, belok kanan dan ikuti jalan tersebut sampai menemukan plang bertuliskan ‘suaka elang’.

Advertisement

Jangan kaget kalau setelah sampai jalan tersebut, perjalananmu akan sedikit mengalami kerepotan karena jalannya yang masih berbatu dan sedikit menurun. Buat kamu yang memakai kendaraan pribadi, kamu bisa memarkirkan kendaraan di lapangan yang telah disediakan masyarakat setempat. Biaya parkir untuk motor Rp 10.000 dan Rp 25.000 untuk mobil, dan itu sudah biaya izin untuk kamu yang mau mendirikan tenda.

Doyan foto-foto dong pastinya? Kamu bisa berfoto di jembatan gantung Suaka Elang Loji

@ruhamarynt via www.instagram.com

Sebelum menikmati tempat yang memang diperuntukan untuk berkemah, kamu akan melewati pos penjaga yang dikelola oleh pihak Perhutani. Dari pos penjaga tersebut kamu bisa melihat adanya jembatan gantung yang memang udah jadi tempat favorit pengunjung buat berfoto ria.

Dari jembatan gantung tersebut kamu bisa melihat paling tidak ada 5 sangkar burung elang. Saat kamu ingin berfoto atau melewati jembatan gantung tersebut kamu harus ekstra hati-hati ya. Kayu yang digunakan sebagai tempat berpijak ini memang sudah lumayan berumur dan banyak lubang disana-sini.

Puas berfoto di jembatan gantung, bersiaplah menikmati keindahan hutan pinus yang luar biasa dan menyejukkan mata…

Nggak hanya jembatan gantung aja yang bisa jadi tempat berfoto kamu. Suaka Elang Loji ini juga menyuguhkan keindahan hutan pinus yang bakalan bikin kamu betah berlama-lama di sana. Ada baiknya, kamu datang pagi-pagi. Selain masih sepi pengunjung, udara juga masih begitu segar dan nampak kabut yang seolah memeluk kita dari atas.

Bayangin aja betapa rileksnya kamu berada disini, meninggalkan bayang-bayang pekerjaan yang nggak ada habisnya. Kita juga bakalan dihibur dengan suara-suara burung elang yang khas. Sepadan deh capeknya kamu yang harus jalan jauh sebelum sampai suaka ini. Oh ya, satu yang perlu kamu ingat, tempat ini bukan buat penangkaran burung elang ya. Tapi Suaka Elang Loji ini sebagai tempat transitnya burung elang, sebelum kemudian dilepaskan ke alam bebas.

Tertarik buat kemah bareng keluarga? Suaka Elang Loji jadi pilihan terbaik!

bisa buat kemah via tuankembara.blogspot.com

Capek keliling hutan pinus? Kamu boleh banget pasang hammock diantara pohon-pohon tersebut. Atau kamu juga boleh buat tenda disana. Banyak lho yang memutuskan buat kemah karena memang tempatnya yang asik dan fasilitasnya juga lengkap.

Nggak cuma tempat khusus buat kamu yang mau kemah, tapi juga tersedia mushola dan toilet juga. Buat kamu yang mau mandi di sungai juga boleh, silakan aja.

Siapa bilang kalau Suaka Elang Loji hanya ada jembatan dan pohon pinus. Ternyata juga ada Curug Cibadak

ada air terjunnya via www.kompasiana.com

Kalau kamu masih punya tenaga untuk lebih membelah Suaka Elang Loji tersebut, kamu bisa mendatangi curug atau air terjun Cibadak. Curug ini memang lumayan tinggi dan jalan menuju ke sana cukup licin. Jangan lupa untuk melengkapi perbekalan makananmu ya. Karena selain butuh perjuangan buat mencapai curug ini, di sekitarnya memang nggak ada warung. Jadi nggak ada salahnya kalau kamu membawa makanan dan minuman biar nggak kelaparan.

Tapi setelah mengonsumsi makanan dan minuman tersebut, tolong jangan sampai buang sampah sembarangan. Sayang nggak sih tempat secantik dan seindah Suaka Elang Loji dan Curug Cibadak harus dinodai dengan sampah?

Jadi buat kamu yang lagi kebingungan buat memutuskan tempat wisata mana sih yang cocok buat melepas lelah sekalian penat di akhir tahun nanti, Suaka Elang Loji ini cocok banget dijadikan tujuan. Selain tempatnya kece, jaraknya juga nggak terlalu jauh dari Jakarta.

Selamat berakhir tahun di Bogor!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya