Klaten memang menyimpan sejuta pesona. Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi kalau mau main ke Klaten. Klaten bisa menjadi wisata aternatif kalau kamu sudah mulai bosan jalan-jalan di Jogja. Tapi, kayanya susah sih bisa bosen dari Jogja.

Klaten yang terkenal sebagai surganya sumber mata air, menyimpan banyak spot-spot menarik yang bisa kamu kunjungi terutama khusus untuk foto-foto underwater. Nah, kali ini Hipwee Travel mau ngasih tahu kamu spot-spot mana aja yang menarik tersebut.

Mulai dari yang paling mainstream dulu nih, Umbul Ponggok

Umbul Ponggok, Klaen via picssr.com

Umbul Ponggok memang sudah mulai terkenal 2 tahun terakhir. Wajar, tempatnya kini mulai ramai wisatawan. Namun, jangan khawatir. Kolamnya cukup luas. Dengan kedalaman rata-rata 1.5-3 meter.

Akses untuk menuju ke Umbul Ponggok pun cukup mudah. Tempat ini hanya berjarak kurang dari 1 jam di sebelah utara Kota Klaten. Nggak jauh kan? Pun dengan kondisi jalan yang cukup bagus, mobil pun cukup leluasa untuk masuk.

Advertisement

Karena sudah banyak wisatawan yang datang, fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap. Kamar mandi dan tempat ganti, peralatan snorkeling, hingga penjual gorengan. Jadi, tak usah khawatir jika kamu belum pandai berenang. Ada live vest yang disewakan dengan harga yang cukup terjangkau.

Bergeser Sedikit, Ada Umbul Cokro Tulung

Umbul Cokro Tulung via pejalansore.wordpress.com

Umbul yang satu ini konsepnya unik. Bentuknya memanjang seperti sungai, sehingga kamu bisa berenang lebih bebas. Selain itu telah dibuat juga wahana wisata bermain air yang membuat tempat ini nampak sedikit modern, namun tanpa meninggalkan keasriannya. Pepohonan yang menaungi sepanjang sungai menciptakan nuansa teduh yang akan membuatmu nyaman untuk seharian bermain di dalam air.

Umbul Cokro Tulung sudah relatif ramai, meskipun masih kalah pamor jika dibandingkan dengan Umbul Ponggok. Terutama menjelang bulan puasa. Masih banyak masyarakat yang menjalankan ritual padusan, yakni ritual membersihkan diri untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Umbul Cokro Tulung memang dikhususkan untuk wisata keluarga. Wajar, kedalaman air hanya sekitar 80cm. Jadi, kamu nggak usah khawatir tenggelam.

Nah, kedua umbul diatas kan udah mainstream tuh. Yang ini yang agak anti-mainstream

Sesuai namanya, Umbul Manten cocok banget untuk foto bersama pasanganmu

Dek,mau foto bareng abang disini? via webwisata.com

Konon, dahulu ada sepasang pengantin yang baru saja menikah. Oleh orang tuanya, kedua orang pengantin ini dilarang untuk keluar rumah setelah petang selama 40 hari. Namun, dasarnya pengantin baru agak bandel, mereka nekat untuk keluar rumah selepas matahari terbenam. Naas, kedua pengantin ini justru malah hilang. Nah, di dekat lokasi kejadian tersebut terdapat sebuah mata air yang akhirnya disebut Umbul Manten.

Tempatnya memang agak spooky sih. Pepohonan yang sangat rindang mengelilingi kolam menyulitkan sinar matahari untuk masuk langsung dari atas. Meskipun demikian, airnya sangat jernih dan menyegarkan.

Dengan kedalaman yang hanya 1.5m, kamu tak perlu khawatir tenggelam. Selain itu, Umbul Manten relatif lebih sepi, jadi kami bisa berpuas diri ambil foto di bawah air. Apalagi untuk lokasi prewed, pas banget sesuai namanya.

Segarnya air di Umbul Kapilaler tak kalah dari air mineral kemasan

Rasanya seperti berenang di galon Aq*a via blog.reservasi.com

Pernah merasakan sensasi mandi menggunakan air mineral? Air di Umbul Kapilaler ini nggak kalah jernihnya dari air mineral yang sering kita minum. Umbul Kapilaler terletak tepat di sebelah Umbul Sigedang yang digunakan sebagai sumber mata air sebuah merk air mineral yang cukup terkenal. Wajar, kualitas airnya pun hampir sama.

Kedalaman air di Umbul Kapilaler sekitar 1.5-1.6m. Mungkin di beberapa titik kamu harus jinjit kalau mau berdiri tanpa tenggelam. Selain itu banyak ikan yang bebas berenang disini, yang tanpa sungkan untuk kamu ajak foto bareng.

Akses lokasinya memang sedikit lebih mblusuk, namun yang kamu dapatkan disini juga setimpal. Kapan lagi bisa berenang di ribuan galon air mineral?

Nah, itulah beberapa spot lokasi yang bisa kamu gunakan untuk mengisi koleksi foto underwater di akun instagram kamu. Jadi, kapan siap berangkat?