Mulai pada tahun 2014, perencanaan pembangunan taman kota terus digencarkan oleh Pemkot setempat untuk mempercantik dan menambah hijau kota yang bersangkutan. Seperti Ibukota Jakarta, Bekasi, Bandung, dan kota-kota lainnya, seolah mereka gencar melaksanakan perencanaan pembangunan taman kota. Ya, seenggaknya biar kamu yang tinggal di kota-kota ini nggak melulu pergi jauh untuk refreshing. Cukup jalan ke taman aja di sore hari, sembari jogging.

Berbicara mengenai taman, kali ini Hipwee Travel akan membagikan kisah mistis yang pernah dialami masyrakat yang sedang bermain di taman itu. Inilah beberapa taman horor yang dihuni makhluk astral!

Kisah seram Taman Langsat Mayestik ternyata diangkat menjadi film horor dengan judul yang sama. Ibukota juga punya cerita!

Sampul film. 😐 via cdku.com

Taman Langsat Mayestik yang terletak di belakang Pasar Burung Barito, Jakarta Selatan, ternyata memang benar-benar menyimpan kisah mengerikan. Hal inilah yang membuat produser dan sutradara film ini memutuskan untuk menggarap film yang rilis pada 2014 lalu itu dengan latar belakang taman Langsat Mayestik. Dan, kamu tahu? Taman ini dulunya pernah dijadikan tempat aborsi masal loh! Gimana nggak serem coba? Menurut masyarakat setempat, mereka kerap sekali mendengar suara-suara aneh yang datang dari kawasan taman olahraga ini. Mulai dari suara tangis dan tawa wanita, anak-anak, penampakan kuntilanak, hingga penampakan makhluk astral lainnya!

Siapa sangka, taman sebelah barat Tugu Monas ternyata ada penjaganya juga! Ada yang pernah lihat?

Monas. via senenkliwon.com

Advertisement

Siapa sih yang nggak kenal Monas? Ikon Ibukota Negara Indonesia sudah sangat terkenal hingga telinga masyarakat mancanegara. Tapi tahu nggak sih kamu, dari megah dan cantiknya Monas yang telah dirombak dan ditata sedemikian rupa ternyata menyimpan kisah mistis? Berawal dari sekitar tahun 2007, di taman sebelah barat Monas, kisah dimulai. Salah seorang penjaga kebersihan yang nggak diketahui namanya menuturkan bahwa suatu hari, ia pernah melihat sepasang anak muda yang bermesraan di taman itu. Padahal saat itu masih sangat pagi untuk orang ‘pacaran’. Tapi dia nggak pikir panjang, mungkin karena taman itu tempat umum, jadi ya terserah mereka mau kapan dan ngapain di sana. Namun, malam harinya, penjaga kebersihan yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun itu mengalami ‘kerasukan’ menurut cerita sang istri. Istrinya menambahkan bahwa sang suami kerasukan setan yang jaga di taman sebelah barat Tugu Monas. Ya, emang sih, mungkin beberapa tahun lalu taman itu masih gelap banget. Jadi, mungkin wajar sih ada yang ‘jaga’.

Museum Taman Prasasti. Meski disebut museum, tempat ini lebih cocok disebut taman para arwah. 🙁

Sekadar pengantar cerita, konon taman ini adalah komplek pemakaman yang dibangun pada tahun 1795 dengan luas sekitar 5,5 hektar. Namun, ketika dijadikan museum, luas komplek ini menyusut hingga 1,2 hektar. Di depan gerbang utama, terdapat sebuah lonceng yang disebut lonceng kematian. Lonceng ini hanya akan berbunyi/dibunyikan ketika ada orang yang meninggal dan hendak dimakamkan di komplek ini.

Belum banyak orang yang berani berwisata malam di taman ini, sebab pertama, taman ini nggak difasilitasi lampu untuk malam hari. Kedua, memang nggak dianjurkan untuk siapapun bermain di taman ini ketika hari sudah gelap. Yang bikin menyeramkan adalah setiap cerita yang ada pada prasasti itu sendiri. Seperti sebuah patung perempuan yang tertelungkup dengan raut wajah yang sedih. Dan, konon katanya, suara tangisnya pernah mengganggu beberapa warga yang melintas di jalan Tanah Abang No.1 itu.

Makhluk gaib yang sering dipanggil Neng Siti, ternyata bermukim juga di Taman Lansia Bandung. Yang penasaran, main gih nanti malam!

Mbak Kun… 🙁 via otomotif.liputan6.com

Berada di antara jalan Cisangkuy dan Cilaki, tepatnya di seberang Gedung Sate, Bandung, taman Lansia ternyata nggak sekadar taman cantik yang ramai dikunjungi oleh siapapun. Buat kamu yang orang Bandung, pasti nggak asing dong sama yang namanya Neng Siti? Nah, ya. Neng Siti ini juga bermukim di taman Lansia loh, bukan cuma di jalanan seberang Gedung Sate. Neng Siti merupakan sosok wanita yang menyerupai kuntilanak, yang nggak jarang menggoa siapapun yang melintas di jalan pada malam hari. Apalagi kalau kamu punya maksud lain. Hiiii!

Satu lagi taman yang paling ditakuti oleh semua sebagian besar cowok. Taman Lawang, Jakarta!

HUWAAAAAA!!! via bratadharma.blogspot.com

Mungkin bagi sebagian besar cowok, ini adalah taman paling menakutkan yang pernah mereka tahu. Mungkin. Tapi, terlepas dari penampakan foto di atas, ada juga loh sosok makhluk astral lain yang memang benar-benar ada. Bahkan telah diangkat menjadi film layar lebar yang diperankan oleh almarhum Olga Syahputra.

Nah, itulah beberapa taman menyeramkan yang menyimpan kisah mistis. Jadi, taman mana lagikah yang menurutmu paling angker? Kayaknya yang terakhir ya yang paling horor. Hahaha.