Jogja memang surganya tempat wisata. Dari tempat belanja seperti Malioboro atau Pasar Beringharjo, hingga galeri seni dan museum seperti Museum Affandi. Tempat-tempat tersebut mungkin udah sering banget ya kamu dengar. Tapi, kalau Tebing Breksi udah pernah dengar belum? Atau adakah di antara kamu yang udah pernah mengunjungi tempat wisata satu ini? Kalau belum, nggak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini Hipwee Travel mencoba membahas tentang Tebing Breksi yang lagi hits banget buat ber-selfie ria. Nggak hanya untuk selfie, tempat wisata satu ini juga kerap dijadikan venue untuk pertunjukan maupun acara seni. Penasaran?

Menyambangi wisata bekas tambang satu ini, kamu akan disuguhkan dengan panorama yang ciamik. Banyak yang bilang kalau Tebing Breksi bak GWK-nya Jogja

Mirip GWK di Bali nggak sih? via www.instagram.com

Tambang batu breksi yang dulunya menjadi lokasi penambangan ini, kini dialihfungsikan menjadi cagar budaya dan tempat wisata. FYI nih, batu kapur breksi di tebing tersebut merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Dengan tebing batu yang dipahat menjadi anak tangga, tak ayal jika banyak turis yang menyempatkan diri untuk ber-swafoto atau selfie di sana. Instagramable banget deh pokoknya. Bahkan ada beberapa orang bahkan ada yang menyamakannya dengan Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Sejak aktivitas penambangan nggak lagi diperbolehkan, tempat ini dialihfungsikan menjadi kawasan wisata

Dulunya kawasan pertambangan. via %20www.instagram.com

Kalau dilihat sepintas, ambience Tebing Breksi nampak seperti arena pertunjukkan Romawi kuno. Yang mana area pertunjukkannya berbentuk lingkaran di tengah dengan dikelilingi oleh bangku-bangku panjang. Pada waktu-waktu tertentu, Tebing Breksi tak hanya sekadar lokasi wisata yang memanjakan mata, tapi sering dijadikan sebagai tempat pertunjukan, seperti pentas teater atau event film.

Baru-baru ini bahkan Tebing Breksi didapuk menjadi salah satu venue dari Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2016

Advertisement

Kerap dijadikan tempat pertunjukan. via wisatalagi.blogspot.com

Pada event JAFF tahun ini, Tebing Breksi menjadi salah satu venue open air cinema. Kamu yang kebetulan menghadiri open air cinema JAFF di Tebing Breksi, pasti paham banget bagaimana sensasinya. Dengan dipilihnya Tebing satu ini sebagai venue JAFF, makin meningkatkan kepopulerannya sebagai lokasi wisata.

Nggak cuma asyik untuk berswafoto, tempat ini juga bisa jadi rekomendasi untuk foto prewedding lho!

Bisa buat lokasi foto prewedd nih… via kurkurdiari.blogspot.co.id

Buat kamu yang tengah bingung mencari tempat foto prewedding, Tebing Breksi layak banget untuk dijadikan pilihan. Abadikan moment romantismu bersama pasangan di tebing satu ini. Sementara buat kamu yang masih jomblo, nggak papa kok foto sendiri dulu aja. Siapa tahu nanti sehabis upload fotomu di Instagram, bakalan banyak yang ‘nyantol’.

Kita nggak pernah tau jodoh datang dari mana, siapa tau bakal datang di Tebing Breksi?

Kalau kebetulan kamu ingin berkunjung ke Candi Ijo, sempatkan dirimu untuk mampir sejenak ke Tebing Breksi ya, letaknya berdekatan kok…

Yuk, ke sini! via twitter.com

Tebing Breksi terletak di Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan. Untuk mencapai ke sana, dari jalan Jogja-Solo lurus ke timur, lalu sesampainya di Candi Prambanan kamu harus belok kanan ke arah Piyungan (menuju Candi Boko). Setelah sampai di Candi Boko, maka kamu akan menemukan plang Candi Ijo, ikutin deh plang arah tersebut (kalau masih bingung, pakai Go-Maps atau Waze aja yak, hehehehe.).

Biaya masuk Tebing Breksi sendiri sekitar Rp 5.000/ mobil serta ditambah biaya seikhlasnya. Kalau kamu ingin bermain ke Candi Ijo, selepas dari Tebing Breksi, cukup berkendara kurang dari 1 km saja kamu sudah bisa menikmati keindahan Candi tersebut. Tertarik nggak?

Buat kamu yang lagi pingin mengunjungi tempat wisata yang instagramable, pastikan kamu mengunjungi Tebing Breksi ya. Selamat berswafoto di sana!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya