Setelah sebelumnya mengulas profil seorang influencer digital soal fotografi dan traveling, I Wayan Wahyu Mahendra, kali ini Hipwee Travel bakal memberikan tips-tips fotografi dari beliau. Wahyu bakal memberikan kiat-kiat mengabadikan dan membuat sebuah obyek menjadi lebih indah dan eksotis. Kamu yang pengen nge-hits di IG harus simak baik-baik ya.

Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah cahaya. Manfaatkan cahaya sebaik mungkin.

Cahaya terobosan… via www.instagram.com

Untuk menghasilkan hasil jepretan yang bagus, kita kudu manfaatkan cahaya. Kamu bisa memanfaatkan berbagai cara.

“Gunakan cahaya samping, cahaya terobosan, cahaya belakang, dan rim light agar foto terkesan dramatis.”

Gak setiap waktu jadi momen pas buat motret. Hasil jepretan bakal lebih cakep kalau kita ambil foto pada waktu-waktu tertentu.  

Pemandangan pada pagi hari. via www.instagram.com

Advertisement

Pilihlah waktu pemotretan yang tepat. Pukul 06.00 sampai 09.00 dan pukul 16.00 sampai 18.30 biasanya pilihan waktu yang tepat. Sebab, cahaya yang jatuh ke objek akan lebih lembut, warna foto akan terlihat lebih indah dan dramatis.

Gunakan beberapa komposisi foto dan variasikan teknik.

Asimetris tebing kanan dan tebing kiri. via www.instagram.com

Biar hasil beda dan bagus, gunakan beberapa komposisi foto, seperti  framing, repetisi obyek, kontras, simetris atau asimetris, komposisi bentuk S&L, diagonal, rule of thirds atau sepertiga bidang, tekstur, pola dan bentuk.

 

Jangan pernah malas buat bergerak, guys!

Manfaatkan angle yang berbeda. via www.instagram.com

Jika foto masih terlihat biasa, cobalah untuk memilih angle yang berbeda. Kamu udah jauh-jauh ke lokasi, jangan ada kata malas untuk bergerak. Eksplorasilah objek dari sudut yang berbeda.

 

Penting! Kamu kudu riset dulu sebelumnya soal lokasi yang bakal kamu eksplor.

Biar kamu lebih tahu medan. via www.instagram.com

Ketahuilah cahaya, medan, mengira-ngira foto lanskap yang akan didapatkan. Dengan riset terlebih dahulu, kamu bisa mempersiapkan peralatan foto yang akan dibawa, pakaian yang akan dikenakan, dan antisipasi cuaca panas atau dingin.

Manfaatkan ruang kosong. Kalau objek lanskap terlalu rame, cobalah fokus pada satu objek.

Manfaatkan ruang kosong. via www.instagram.com

Jika objek foto lanskap terlalu ramai, kamu kudu mencari satu fokus objek yang menarik. Foto yang sederhana atau minimalis bisa terlihat indah bila komposisinya benar.

Manfaatkan momen. Sebab, fotografi itu adalah tentang momen.

Momen kabut saat matahari terbit. via www.instagram.com

Bisa saja foto suatu tempat terlihat biasa di siang hari, namun akan terlihat sangat indah saat sunrise atau sunset yang hanya terjadi sekian menit. Atau bisa juga dengan hadirnya kabut, suatu lokasi akan menjadi lebih indah di layar kamera.

Terakhir, jangan sepelekan editing foto. Biar lebih cuantik…

Sedikit polesan ketika editing itu penting. Biar lebih dramatis. via www.instagram.com

Fotografi sangat erat kaitannya dengan masalah editing. Editing foto sendiri berfungsi untuk memaksimalkan keindahan dari foto itu. Mood dari sebuah foto pun bisa dibangun dari hasil editan foto itu. Photoshop dan lightroom adalah paket lengkap untuk meningkatkan kualitas foto.

Bagaimana? Sudah siapkah kamu untuk jalan-jalan sekalian hunting foto-foto keren buat diposting di Instagrammu?