Lebaran adalah momen yang tepat untuk mudik dan melepas kangen dengan keluarga. Sayangnya, mudik terkadang butuh perjuangan ekstra. Nggak cuma biayanya yang nggak sedikit, tapi juga rebutsn tiketnya yang bikin emosi. Meski armada transportasi lebaran didobel jumlahnya, tetap saja kamu suka kewalahan bersaing dengan calon pemudik lainnya.

Biasanya 2 minggu menjelang lebaran seperti ini armada-armada tambahan mulai dibuka. Tapi persaingannya pun semakin ketat karena semua kan ingin kumpul dengam keluarga. Belum dapat tiket juga? Karena Lebaran adalah momen spesial, tentu sayang kalau kamu lewatkan hanya karena nggak dapat tiket.

Buat kamu pejuang-pejuang mudik, Hipwee akan mengulas beberapa tips mencari tiket mudik meski sudah mepet a la pegipegi untuk kamu yang pilih pakai pesawat atau kereta api. Tips ini disampaikan oleh Widi Sandy, Manager Operation Pegipegi dalam acara Media Gathering di Kaffeine Rabu (14/6/2017) lalu.

1. Jangan panik saat ada pengumuman “pemesanan tiket mulai jam 0.00”. Selow dulu, mending mulai berburu jam 01.00 atau setelahnya

Nggak perlu buru-buru jam 0.00 tepat via limakaki.com

Ketika ada pengumuman loket tiket kereta api dibuka oleh PT KAI tepat tengah malam nanti, bisa dipastikan semua akan siap sedia dengan koneksi internet. Pertarungan dimulai, yang gesit dan punya jaringan bagus dialah yang dapat tiket. Nah, tips dari Pegipegi, jangan ikut-ikutan order jam 0.00 tepat. Selow dulu aja, dan mulailah berburu sekitar jam 1 – 3.

Begitu loket dibuka, semua akan berlomba mengamankan satu kursi. Prinsipnya adalah “yang penting dapet kursi dulu deh”, soal pembayaran dipikir belakangan. Ada juga yang saking cepet-cepetannya jadi kurang teliti dan salah mengisi data. Padahal tiket kereta harus tepat datanya. Nah, lewat dari tiga jam, bookingan yang nggak dibayar akan hangus. Inilah kesempatanmu!

2. Nyari tiket lebaran memang susah. Tapi jangan patah semangat, dan tetap berburu sampai detik-detik penghabisan. Karena biasanya malah banyak gerbong atau kereta tambahan

Jangan menyerah sampai titik penghabisan via www.smallbiz.net.au

Sebagai pejuang mudik, pantang menyerah adalah wajib hukumnya. Meski belum dapat tiket sekarang, kamu harus tetap optimis. Biasanya menjelang hari H, ada lahi armada kereta tambahan. Nah, kerahkan perjuaganmu untuk memanfaatkan kesempatan ini. Selain rajin ngecek info dari KAI, kamu juga harus rajin-rajim ngecek website pemesanan tiket KAI lho. Karena kadang ada satu – dua tiket cancelan yang bisa kamu pakai kalau kamu sabar dan telaten menunggu.

3. Kalau bisa booking tiket jangan di jam-jam sibuk karena saingannya bakal banyak banget. Pilih jam-jam “sepi”, seperti menjelang tengah malam atau subuh

Hindari booking di jam sibuk via hai.grid.id

Oke, sekarang bagaimana kalau mau naik pesawat? Supaya nggak terlalu hectic aksi rebutannya, apalagi kalau sinyal internetmu mati segan hidup tak mau, maka hindari booking di jam-jam sibuk. Belum lagi kalau nanti servernya down karena overload. Sebagai gantinya pilih waktu-wakti di mana umumnya orang-orang nggak kepikiran untuk booking tiket. Mungkin dini hari jam 2 atau subuh-subuh selepas sahur?

Nah, menurut Widi Sandy, beberapa maskapai melakukan penghapusan order yang nggak dibayar sekitar pukul 11 malam. Lagi-lagi mindset kita adalah “yang penting dapet kursi dulu deh, bayarnya belakangan. Nah, inilah waktumu beraksi. Begitu banyak kursi yang dilempar ke publik lagi, kamu bisa langsung ambil.

4. Jangan lupa mencoba mencari tiket lewat Online Travel Agent. Siapa tahu dapat, dan lumayan juga diskonnya

Pegipegi sekarang sudah ada aplikasinya! via shop.excite.co.id

Yang lebih menyebalkan lagi, terkadang di momen-momen kritis sepert ini website maskapai malah down. Maklum, saking banyaknya orang yang mencoba mengakses. Karena itu, kamu bisa mencoba pintu lain, yaitu melalui Online Travel Agent. Salah satunya adalah Pegipegi. Mereka memiliki kerja sama dengan maskapai. Jadi ada kemungkinan kamu dapat tiket di sana. Cara yang ini nggak cuma buat kamu yang pengin naik pesawat terbang, tapi juga naik kereta.

Nah, Pegipegi nggak cuma bisa membantumu mencari tiket, tapi juga membantumu mencadi hotel atau penginapan. Untuk kamu yang berencana liburan saat lebaran nanti, harus dipersiapkan jauh-jauh hari nih. Biar pas hari H nggak kesusahan mau nginep di mana karena hotel-hotel penuh ssmua. Selama lebaran ini Pegipegi membuka layanan 24 jam lho. Kamu bisa melakukan pemesanan, konsultasi, ataupun menyampaikan keluhan melalui live chat baik di website maupun di aplikasinya. Promo? Jelas ada. Semakin kamu pesan jauh-jauh hari, semakin banyak pula diskon yang bisa kamu dapatkan.

Demikianlah beberapa tips yang disampaikan oleh Widi Sandy. Nggak cuma bisa kamu pakai waktu lebaran, tapi juga setiap kali ada momen liburan dan rebutan tiket. Semoga berguna ya! Mudik memang perlu perjuagan. Kamu belum dapat tiket? Coba deh buka Pegipegi.