Musim hujan sudah hampir usai. Beralih ke musim panas yang berarti kamu harus agendakan liburan segera. Sebagai traveler kamu tentu butuh moda transportasi yang murah sekaligus nyaman, bukan? Salah satu moda andalan para traveler adalah kereta api. Meskipun tiket pesawat makin murah namun pesona naik kereta api tak akan terganti. Ada banyak alasan kenapa kereta api tetap jadi favorit para pejalan.

Seru aja sih naik kereta, apalagi bisa melihat pemandangan indah dari kaca kereta

Kali ini Hipwee Travel dan tiket.com mempersembahkan artikel buat kamu yang cinta mati sama kereta api. Berikut adalah alasan mengapa traveling pake kereta api itu super seru. Simak ya!

Untuk menjelajah Pulau Jawa, harga tiket KA-lah yang paling masuk akal, terutama buat backpacker yang ingin menekan bujet seminim mungkin

tut tut tut via www.shutterstock.com

Buat kamu yang mengaku backpacker, tentu biaya paling mahal biasanya adalah transportasi. Kamu akan mencari berbagai pilihan moda yang murah dan nyaman.. Dengan hanya bermodal 100ribuan kamu bisa jelajahi Jawa menggunakan kereta!

Kereta api bukan lagi transportasi ‘murahan.’ Suasana kereta dan stasiun sudah sangat nyaman. Tidurmu lebih tenang di sini

Advertisement

dirut kai aja sampai tidur nyenyak via us.images.detik.com

Kereta api akan membuatmu merasa nyaman.  Ruang di antara tempat duduk juga lebih luas dan memudahkan buatmu untuk jalan-jalan. Tempat duduk pun makin nyaman dan tentunya bisa bikin tidurmu makin nyenyak. Dulu sih pernah ya kereta memasuki masa-masa kelam dimana penumpang berjejalan di dalam gerbong. Kini cerita itu tinggal jadi nostalgia yang bikin senyum senyum sendiri.

Setelah dibenahi, kini angkutan massal yang satu ini makin tepat waktu. Dengannya, kamu pun gak perlu khawatir kena macet berjam-jam di jalan

on time dong via c1.staticflickr.com

Jaman dulu sih emang kereta jarang on time. Keseringan molor di stasiun-stasiun yang kadang bikin bete pas nunggunya. Tenang, sekarang kereta api telah bertransformasi dengan sangat baik. Nggak ada lagi istilah telat sampai tujuan. Semua kereta kini tepat waktu dan nggak bakal bikin kamu bosan nunggu. Yuk naik kereta api aja! On time.

 

Sekarang kereta juga dilengkapi soket daya di mana-mana. Gak perlu khawatir kehabisan baterai gadget, deh!

bisa ngecas via www.hipwee.com

Yah, buat kamu anak muda kekinian yang gahul, kereta api pengertian kok sama kamu nggak kaya mantanmu. Manajemen kereta api tau kalau masalah terbesarmu bukanlah kelaparan melainkan kalau baterai smartphone kamu udah 5%. Nah, sekarang nggak usah panik. Kamu bisa ngecas gadget sesukamu. Ada soket daya dengan 2 colokan di bawah jendela. Nggak mati gaya deh selama di kereta.

Mudik buat mahasiswa juga makin asyik. Kamu bisa balik ke kampung halaman kamu dengan biaya murah dan begitu mudah

mudik dulu kak via www.shutterstock.com

Buat kamu para mahasiswa yang lagi kuliah di kota orang, kamu bisa mudik kok tiap weekend atau pas libur panjang dengan kereta. Nyaman dan pas lah buat kantong kamu. Kereta api memudahkan kamu untuk mudik nggak cuman di libur panjang saja, pas weekend pun bisa. Harganya murah pas di kantong mahasiswa perantau seperti kamu, Gaes. Lebaran juga tinggal menghitung beberapa bulan saja. Jangan sampai lupa buat pesan tiket ke kampung halaman ya. Jangan sampai kamu kalah cepat sama orang lain ya. Rugi deh kalau nggak dapet!

Cari tiket kereta juga harus smart! Jangan lupa cari agen penjualan tiket yang customer servicenya 24 jam siap membantu kamu apabila ada kesulitan dalam pemesanan. Kan asyik kalau pas kamu butuh mereka selalu siap membantu kamu, Gaes!

Kadang di sela-sela perjalanan, Tuhan titipkan jodoh untuk kamu. Bisa pas dia duduk di sampingmu atau depanmu!

ehem ehem via www.konfrontasi.com

Nah, ini yang paling asyik. Kamu jadi suka menebak-nebak siapa yang bakal duduk di sampingmu atau depanmu. Kalau pas beruntung, dapat cewek cakep di sampingmu. Siapa tau, bisa jadi dia jodohmu di masa depan kan? Tinggal mengakrabkan diri aja sepanjang perjalanan kereta. Kan seru! Apalagi bisa liat dia pas lagi tidur. Ihik ihik. Berdoa aja dia bisa jadi pendamping hidupmu kelak, Mblo! Kebalikannya juga ada, kamu bisa ketemu om-om menyebalkan yang suka ngorok atau kakek nenek yang menumpangkan kakinya di tempat dudukmu. Kan ngeselin!

Kini, kamu gak perlu antre, cukup duduk manis di depan layar laptop atau ponsel buat beli tiket

pesen tiket online aja! via www.hipwee.com

Pesan tiket kereta kini nggak cuman di stasiun aja. Kamu bisa pesan tiket lewat aplikasi Tiket.com yang memudahkan usaha kamu nyari tiket murah. Adanya layanan pembelian tiket secara online memang sangat memudahkan kamu yang hendak bepergian naik kereta. Kini kamu tak perlu kelamaan ngantre untuk mendapatkan tiket KA. Dengan beberapa sentuhan di layar ponselmu, kamu udah bisa mendapatkan tiket yang kamu perlukan sejak jauh-jauh hari.

Kamu bahkan gak perlu ke loket untuk menukarkan kode booking dengan lembaran tiket. Sudah ada pencetakan tiket mandiri yang di stasiun-stasiun. Tinggal masukkan kode booking ke layar komputer,voila, tiketmu pun tercetak otomatis.

Promo tiket kereta juga mulai sering. Kamu bisa traveling dengan harga miring. Yuk rebutan tiket murah dengan cara simple via tiket.com

lagi promo nih! via www.tiket.com

Belum cukup dengan tarifnya yang sangat worthy dengan kantong para backpacker, kereta api kini juga gak mau kalah sama maskapai-maskapai penerbangan dengan adanya promo tiket murah ke konsumennya, lho. Lagi ada promo potongan harga s/d Rp 30.000 loh, ah masa kamu mau ngelewatin promo ini begitu aja. Cari tiket via Tiket.com aja ya.

Selain itu, tarif tiket KA biasanya stabil. Tarif hari ini, besok, seminggu mendatang, sampai sebulan mendatang, sama aja. Kecuali, ada kejadian luar biasa semacam perubahan kebijakan.

Hal yang paling menyenangkan dari semuanya: siapa yang bisa menyangkal keindahan panorama yang menghampar di balik jendela gerbong kereta?

pemandangan di luar jendela kereta via www.shutterstock.com

Ketika kamu pernah menumpang kereta api untuk melakukan perjalanan jarak jauh, kamu mungkin setuju bahwa jendela di gerbong KA adalah jendela drama kehidupan sepanjang jalan. Tak cuma pemandangan rupawan berupa hamparan sawah berlatarkan pegunungan, sesekali kamu juga bisa menemukan secuil drama kehidupan manusia dari atas rel yang kita lintasi.

Di kala pagi, kamu bisa menjumpai bocah berseragam SD yang mengayuh sepedanya. Atau para petani yang turun ke sawah untuk menyemai padi yang akan ditanam. Kamu juga bisa melihat hiruk pikuk kendaraan yang menanti dengan sabar di pintu perlintasan kereta. Tanpa nama atau suara, inilah drama yang kamu temukan lewat pandangan mata. Romantis.

Terlalu banyak alasan buat kamu tetap naik kereta pas traveling. Sudah murah, aman dan nyaman, kadang jodoh pun bisa terselip di sana. Kalau punya cerita seru pas naik kereta share di kolom komentar ya, Kawan!