Bandung nggak cuma dikenal karena gadis-gadis manisnya, tapi juga sejumlah spot horor penuh misteri yang bisa bikin kita selalu ngeri. Kamu yang senang dengan wisata mistis pasti pernah mendengar tempat-tempat seperti Goa Belanda, lorong berhantu di Gedung Merdeka, atau rumah tua berpatung gurita.

Selain tiga spot di atas, Bandung juga punya rumah sakit tua yang terbengkalai di tengah kota, namanya Bandung Medical Centre (BMC). Nah, kali ini Hipwee Travel akan mengajakmu untuk menguji nyali merasakan sensasi wisata mistis di BMC, rumah setan paling menakutkan di Kota Kembang.

Sebelum bicara panjang lebar, yuk cari tau sejarah berdirinya BMC sampe akhirnya jadi rumah para dedemit kota kembang.

BMC adalah sebuah bangungan berupa rumah sakit tua yang berada di tengah kota Bandung, tepatnya di Jalan H. Wasid No. 1, Lebak Gede, Coblong. Menurut cerita orang-orang sekitar, rumah sakit itu adalah peninggalan Belanda. Sayangnya, rumah sakit itu terbengkalai begitu saja karena proses renovasinya terhenti karena pemiliknya meninggal dunia. Sejak saat itu, BMC nggak berfungsi lagi dan nuansa horor mulai terasa di sana.

Suasana horor itu memang membuat sebagian orang takut, tapi nggak sedikit juga orang-orang yang justru malah penasaran kepingin lihat apa saja yang ada di dalamnya. Belakangan ini, BMC malah ramai didatangi pengunjung yang mau coba merasakan fenomena gaib di sana. Nah, karena itulah, tempat ini dikenal sebagai salah satu spot wisata mistis paling mengerikan di Bandung.

Kamu nggak bisa sembarangan masuk ke BMC. Kalau mau melihat keadaan di dalamnya, kamu akan ditemani guide.

Advertisement

Mungkin mirip-mirip kayak begini kali ya dalamnya via loveisgraces.blogspot.com

Nuansa mistis BMC sudah terasa saat masuk lewat gerbang depan. Kamu langsung di suguhi pemandangan mencekam berupa pohon yang rindang dan bangunan tua yang usang. Kalau kamu memang berani beruji nyali di BMC, kamu akan ditemanis seorang guide. Biasanya, mereka yang mendampingi penjelajahanmu ini adalah orang-orang yang punya kekuatan lebih dari manusia pada umumnya.

Setelah di-briefing sebentar oleh sang guide kamu bisa langsung masuk dan melihat keadaan bagian dalam BMC. Dalam tur itu, kamu akan diajak berkeliling ke beberapa ruangan, mulai dari lobby di lantai 1 sampai melihat bangsal-bangsal di lantai 4. Untuk tarif perjalanan keliling BMC, kamu bisa membayar seikhlasnya. Tapi umumnya, orang-orang menyisihkan uang Rp 5.000 buat sang guide.

Banyak pengunjung melihat makhluk astral mulai dari hantu wanita sampai sosok balita yang mencari ibunya.

Waduh, lihat di internet aja serem apalagi kalau lihat aslinya via bandung.merdeka.com

Banyak pengunjung merasakan fenomena gaib di BMC, mulai dari melihat hantu wanita sampai sesosok balita yang menangis mencari ibunya. Kalau kamu “beruntung”, penampakan-penampakan itu bisa kamu rasakan sesaat setelah memasuki bangunan. Nah, berdasarkan pengalaman pengunjung, mereka melihat penampakan hantu balita di ruang persalinan atau ruang bayi yang ada di lantai 1.

Nggak cuma dua penampakan aja, kamu yang punya kelebihan bisa melihat dan merasakan langsung kehadiran dedemit-dedemit berwujud genderuwo, kepala buntung, atau sekadar sekadar suara-suara gaib. Nggak cuma mengantar, biasanya guide-guide di sana juga bersedia membantu pengunjung yang penasaran ingin melihat langsung penampakan dengan cara membuka mata batinmu.

Jangan coba-coba masuk kamar mayat kalau tidak mau kesurupan. Ada banyak pengalaman pengunjung yang mengerikan.

Suasana di dalam BMC benar-benar mengerikan, jadi jangan bertingkah sembarangan via www.rumahberhantu.com

Di antara sekian banyak ruangan yang ada di BMC, ada satu ruangan yang paling dihindari pengunjung, yaitu kamar mayat. Di depannya tertulis seruan “Dilarang Masuk”. Konon katanya, ruangan itu adalah pusat dari fenomena gaib di BMC. Beberapa waktu lalu, banyak pengunjung yang mencoba masuk ke sana. Tapi mereka kesurupan dan mengaku sering diganggu makhluk gaib dalam kehidupannya.

Pengalaman mistis di lantai 2 dan lantai 3 nggak kalah menyeramkan. Banyak pengunjung melihat pintu-pintu ruangan yang terbuka sendiri. Mereka juga melihat sendiri bagaimana jendela yang tadinya terbuka tiba-tiba tertutup dengan keras, padahal nggak ada angin. Lantai paling atas kelihatan lebih terang dari lantai-lantai sebelumnya, tapi suasananya tetap bikin pengunjung merinding.

Usahakan jangan datang sendirian! Kamu patut memperhatikan beberapa tips di bawah ini biar penjelajahanmu aman.

Lebih baik datang rame-rame biar aman via pratamaroni182.blogspot.com

Sebelum mengunjungi BMC, ada baiknya kamu melakukan persiapan mental yang baik. Mungkin kamu memang bernyali, tapi kalau mentalmu nggak siap, segala hal bisa aja terjadi. Yang pertama, kamu jangan lupa berdoa sebelum masuk. Ada baiknya, kamu juga istighfar sepanjang perjalanan. Dan yang nggak kalah penting, kamu jangan datang sendirian biar penjelajahanmu aman.

Usahakan datang siang-siang karena warga sering melarang pengunjung datang malam hari. Setelah selesai berkeliling, mintalah ke guide yang menemani perjalanan tadi untuk menetralisir tubuhmu. Jangan sampai salah satu dari mereka ikut terbawa pulang. Sesampainya di rumah, ada baiknya kamu langsung cuci kaki, bersih-bersih, dan ganti baju supaya badan dan pikiranmu lebih segar.

Itulah cerita singkat tentang BMC. Kalau kamu pemberani dan merasa punya nyali, datanglah ke sana! Rasakan sensasi bertemu makhluk halus dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Tapi ingat ya, jangan datang sendirian biar penjelahanmu lebih aman.