Sebagai salah satu kebutuhan yang menjadi gaya hidup sebagian besar orang, travelling untuk menenangkan pikiran dari tugas dan pekerjaan yang sudah membebani pikiran harus dilakoni. Membayangkan saja sudah mampu menaikkan mood dan jadi lebih semangat menanti weekend datang.

Perlu diketahui, kamu tidak bisa mengambil baju sesukamu untuk dikenakan di destinasi liburanmu. Kamu harus pandai memutar otak untuk membawa baju sedikit tapi tetap bisa membuat penampilanmu maksimal. Apalagi untukmu yang berhijab, memboyong beberapa hijab dan pakaian panjang lainnya tentu terasa cukup merepotkan. Tak perlu khawatir, travelling ke gunung hingga ke pantau, kamu akan tetap bisa tampil maksimal dengan stok baju yang minimal.

1. Celana kain memang jagonya agar bisa menghemat tempat. Kamu pakai untuk keliling berwisata sejarah ke museum, layak dicoba!

Celana kain adalah andalan terbaik via inspirationformuslims.tumblr.com

Pandai-pandailah dalam memilih bahan pakaian untuk kamu bawa selama travelling. Agar tas ransel atau kopermu muat diisi oleh banyak barang, memilih celana kain untuk dipakai di destinasimu nantinya juga bisa kamu jadikan alternatif. Untuk memadukannya, kamu bisa memakai ragam kaos dan jilbab berwarna putih untuk menyempurnakan penampilan. Mau berkeliling ke museum untuk wisata sejarah makin nyaman tanpa ribet dan terlalu banyak rangkap.

2. Kaos longgar yang berbahan katun sayang bila tak dibawa saat travelling. Pilih warna yang netral, agar tak pusing saat dipadupadankan.

Yang longgar tanpa ketat via www.hijablook.com

Advertisement

Memilih pakaian yang ketat adalah sebuah pantangan besar bagi hijabers. Agar lekuk tubuhmu tertutup dengan sempurna, memakai pakaian yang longgar bisa kamu jadikan andalan. Apalagi, trend pakaian yang sedang digemari banyak wanita saat ini adalah yang tidak terlalu ketat, makin mudah buatmu untuk menentukan pilihan. Jangan segan untuk segera memasukkan celana dan kaos longgar ke dalam kopermu.

Agar bisa dipakai berkali-kali, pilihlah yang memiliki warna yang netral seperti abu-abu, putih, atau hitam. Mau dipadukan dengan hijab warna apa pun, kamu tak akan dibuat pusing lagi. Bawa barang penting seperlunya di dalam tas kanvasmu, agar bisa dijangkau dengan mudah.

3. Mengunjungi pantai tak lengkap tanpa basah-basahan di tepiannya. Cukup pakai celana longgar dengan kaos yang serasi saja, tembus pandang tak akan terjadi.

Pantai tanpa yang transparan via www.putrinyanormal.com

Mengunjungi pantai memang menyenangkan. Bersantai sambil menikmati cipratan air laut asinnya adalah kegiatan khas yang pantang untuk dilewatkan. Supaya tidak gelisah karena baju yang jadi tembus pandang saat terkena air, lebih baik kamu memilih pakaian yang tidak transparan dan panjang. Celana kain dan kaos stripes saja sudah bisa kamu jadikan andalan. Ditambah lagi warna hijab yang mudah disesuaikan. Main-main di pantai jadi lebih tenang dan asik!

4. Menikmati keindahan air terjun butuh perjuangan panjang agar bisa sampai. Celana panjang dan sandal gunung yang anti licin pas dipadukan dengan parka tebalmu.

Cipratan segar dari air terjun, hmmmm @amelrna~ via www.instagram.com

Letak air terjun yang umumnya dekat dengan bukit, mengharuskan para pengunjung untuk berusaha cukup keras agar bisa sampai dengan selamat. Agar kakimu tidak mudah lecet saat melewati jalanan licin dan berbatu, kamu bisa mengandalkan sandal gunung yang anti selip. Supaya tidak mudah lecet, celana panjang menjadi opsi yang pas sekali. Agar kamu tak kedinginan sekaligus menutupi aurat-mu, pakais aja parka yang memiliki bahan cukup tebal. Menikmati cipratan segar dari air terjun yang menyapu wajahmu akan terasa lebih menyenangkan.

5. Taklukkan medan kerasnya menuju puncak gunung dengan kaos dan celana ternyamanmu. Memadukan aspek feminin dan maskulin dari sepatu dan beanie hat harus dicoba!

Pakai beanie hat biar tak kedinginan @amelridhawati via www.instagram.com

Menaklukkan puncak gunung bukanlah pekerjaan mudah yang bisa dicapai dalam 5 langkah. Ragam medan yang tak bisa ditebak harus kamu lewati. Jalur yang licin karena air hujan hingga yang dipenuhi genangan air sudah menjadi keadaan yang familiar. Agar kenyamanan tetap bisa kamu dapatkan saat naik gunung, kamu perlu memakai kaos atau sweater hangat untuk dipakai. Dipadukan dengan celana kain bisa kamu coba, sesuaikan dengan preferensimu.

Agar tangguh saat berjalan dan berlari, sepatu gunung semata kaki wajib hukumnya untuk dipakai. Walau terkesan gagah dan maskulin, untuk melindungi kepala dan telingamu, beanie hat bisa kamu jadikan pilihan. Perpaduan kesan feminin dan maskulin bisa kamu dapat dalam satu waktu.

6. Biar lebih semangat menaklukkan puncak, celana pink cerah layak diandalkan. Jangan lupa masker dan topi bucket, agar tak terserang langsung dengan sinar matahari dan debu.

Biar lebih semangat @dury_ins via www.instagram.com

Celana memang disarankan untukmu yang ingin mendaki gunung. Teksturnya yang ringan serta pori-pori yang rapat akan mengurangi kadar angin dingin yang menyerang. Agar lebih semangat saat melewati medannya, tak amsalah jika kamu pingin pakai celana dengan warna cerah, pink misalnya. Ditambah dengan kaos yang cukup tebal dan bisa menyerap keringat dengan sempurna.

Pilihlah juga hijab yang membuat jarum pentul dan penitip nggak mudah lepas, agar tak membuat kamu ribet dan repot. Agar kepala lebih terlindungi, kamu bisa pakai masker dan topi bucket, lho. Debu dan sengatan matahari yang menyerang, tak akan patahkan semangatmu!

7. Rangkap dengan kemeja longgar sebagai pengganti jaket hangat. Topi yang terpasang di kepalamu bisa jadi pelindung sekaligus poin penting untuk penampilanmu.

Sempurnakan sama topi @nurulfitriyaa via www.instagram.com

Membawa jaket atau sweater memang cukup memberatkan. Selain memberatkan tas ransel atau carrier-mu, menyimpannya saja sudah menyita ruang dan tenaga. Untuk kamu yang kuat dingin atau akan pergi ke tempat yang nggak terlalu dingin, pakai saja kemeja flanel berbahan tebal sebagai pengganti jaket atau sweater-mu. Mau dipadukan dengan kaos warna apa saja, tak masalah. Sempurnakan penampilan anti ribetmu ini dengan memakai topi yang senada dengan warna hijab. Karena travelling nggak perlu bawa yang rempong.

8. Long shirt jadi pilihan sempurna untuk kamu yang males pakai rok. Rangkap dengan celana jeans, agar aman saat diterpa angin kencang.

Shirt panjang yang tak terlalu tebal @srayapj via www.instagram.com

Rok beserta kaos atasannya adalah sepaket yang tak bisa terpisahkan. Jelas, ruang yang dibutuhkan di ranselmu makin memakan tempat. Salah satu item yang bisa kamu andalkan adalah dengan membawa long shirt. Panjangnya yang semata kaki, pas untuk kamu males ribet dan bawa barang terlalu banyak.

Agar travelling dan aksi foto-fotomu lebih terasa keasyikannya, kamu bisa merangkapnya dengan celana jeans. Siapa tau angin di sana sedang tinggi-tingginya. Rok tak sengaja tersampir pun tak jadi masalah. Warna hijab pun bisa menyesuaikan, selama long shirt-mu memiliki warna yang netral. Sudah, penampilan santaimu telah sempurna dalam waktu singkat!

Hijaber tidak semuanya rempong saat memilih pakaian yang akan digunakan saat travelling. Kamu harus mematahkan pandangan itu. Asal kamu pandai memilih bahan yang bisa sempurna menyerap keringat, dilengkapi dengan kemampuan khusus memadupadankan warna, semua tak akan jadi masalah. Tetap cantik dan tertutup saat liburan kini bisa kamu rengkuh, girls!