Akhir pekan ini, sebaiknya kamu mengatur ulang jadwal aktivitas atau liburanmu. Lebih baik kamu segera beli tiket ke Bromo. Lho kenapa ke Bromo? Ya karena di sana bakal ada upacara adat suku Tengger yang sangat termasyhur, Yadnya Kasada. Seperti tahun-tahun sebelumnya, lokasi upacara ini bakal dipusatkan di Gunung Bromo.

Upacara adat Yadnya Kasada bakal digelar selama sebulan dan puncaknya pada tanggal 8-10 Juli 2017 esok akan berpusat di Bromo. Buat kamu yang penasaran seperti apa sih event budaya yang akan menyedot banyak wisatawan domestik maupun mancanegara, yuk kita simak ulasannya!

Upacara Yadnya Kasada adalah upacara adat Suku Tengger yang sudah dilaksanakan ratusan tahun. Yadnya Kasada inilah yang dicari-cari wisatawan sehingga banyak yang berkunjung ke Bromo saat acara ini digelar

yadnya kasada via images.blog.reservasi.com

Yadnya Kasada adalah event budaya yang berhasil mendatangkan wisatawan dalam dan luar negeri setiap tahunnya. Upacara adat ini bertujuan untuk mengangkat dukun atau tabib yang ada di setiap desa di sekitar Gunung Bromo. Tak cuma itu saja, acara adat Suku Tengger ini dilaksanakan untuk mengungkapkan rasa syukur atas karunia yang diberikan, menolak bala, dan memohon rezeki pada Tuhan atau Sang Hyang Widhi.

Upacara setahun sekali ini diprediksi akan ramai. Perkiraan estimasi kunjungan wisatawan juga cukup banyak. Kemenpar memprediksi akan ada 10.000 kunjungan wisatawan nusantara dan 1.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Bromo. Sementara perputaran uang yang ditargetkan dalam kegiatan tersebut mencapai Rp 5 miliar.

Selain upacara Yadnya Kasada, kamu bisa datang ke beberapa destinasi wisata di Bromo seperti Pasir Berbisik maupun Bukit Teletubbies

Advertisement

bukit teletubbies via celoteh4ti.files.wordpress.com

Selain tujuan utama ke Bukit Penanjakan untuk hunting sunrise terbaik di tanah Jawa ini, kamu pasti akan ke Kawah Bromo untuk mengikuti Yadnya Kasada. Tapi jangan sampai lupa ada beberapa destinasi wisata yang bisa kamu datangi, seperti Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies. Lokasinya nggak jauh dari Kawah Bromo. Kamu bisa ke sana naik kuda atau naik Jeep juga bisa.

Datanglah lebih awal, karena bakal ada Festival Eksotisme Bromo sebagai event pembuka Yadnya Kasada. Banyak acara seru yang bisa kamu ikuti…

ada festival eksotisme bromo lho via cariwis.com

Mengiringi perayaan Yadnya Kasada bagi umat Hindu Tengger akan digelar Festival Eksotika Bromo di sekitar lautan pasir Gunung Bromo. Eksotika Bromo yang bakal digelar pada 7-8 Juli esok itu akan menampilkan acara kolosal dan menarik untuk warga Probolinggo serta luar daerah. Pengunjung bakal menyaksikan pementasan sendratari, pembacaan puisi hingga acara musik. Jadi sebelum mengikuti Yadnya Kasada, lebih baik kamu lebih dulu ke Bromo. Selain bisa menikmati Festival Eksotisme Bromo, lokasi wisatanya juga belum terlalu dipadati wisatawan.

Menginaplah sedekat mungkin dengan akses ke Gunung Bromo. Agar perjalananmu ke Bromo nggak terjebak macet gara-gara banyaknya wisatawan di sana

ramai wisatawan saat yadnya kasada via tirto.id

Hal yang paling penting saat liburan ke Bromo adalah lokasi penginapan. Jangan sampai kamu menginap di homestay yang sangat jauh dari Gunung Bromo itu sendiri. Carilah yang dekat, meskipun harganya relatif lebih mahal dibanding dengan yang jauh lokasinya. Namun kamu akan merasa lebih mudah saat Yadnya Kasada nanti. Nggak terjebak macet dalam perjalanan dan menghabiskan waktu yang lumayan banyak.

Hormati budaya dan upacara yang diadakan Suku Tengger. Kamu harus ingat, sebagai tamu harus punya sopan santun terhadap si empunya rumah. Harus beradab dan beretika…

ritual yadnya kasada via tirto.id

Sudah jamak kita menyaksikan potret turis Indonesia yang melanggar etika dengan buang sampah sembarangan, berebutan foto atau tidak menghormati budaya orang lain. Nah, untuk Yadnya Kasada kali ini jangan sampai contoh-contoh buruk yang sudah pernah terjadi di tempat lain terulang di Bromo. Hormati warga lokal, foto selfie nomer sekian. Sepakat?

Jangan lupa pakai baju hangat ya. Bromo dinginnya luar biasa. Lebih enak kalau dihangatkan oleh pasangan halal sih. Hahaha.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya