Bagi pegawai yang bekerja penuh waktu sepanjang minggu, hari libur itu bagaikan ketemu jodoh setelah lama menjomblo: sebuah penyegar dan penyeimbang setelah seminggu membanting tulang. Tentunya, liburanmu jangan disia-siakan gitu aja dong! Kamu mesti memanfaatkannya untuk merasakan pengalaman berbeda maupun melakukan hal-hal yang berguna.

Sebelumnya, Hipwee udah memberikan tips untuk bisa menikmati akhir pekan dengan sebaik-baiknya. Nah, kali ini, kira-kira apa aja yang bisa kamu lakukan untuk mengisi liburanmu yang cuma sehari itu?

1. Mampirlah ke pantai yang tak begitu jauh dari tempat tinggalmu. Suasana pantai akan menyegarkan kembali tubuh dan pikiranmu yang penat

Berjemur di pantai via siskanurifah.wordpress.com

Bila cuma punya waktu libur sehari, pantai bisa menjadi tempat kabur yang pas untuk menghalau penat di tubuh dan pikiranmu. Siapa yang bisa menolak panorama tenggelamnya surya di cakrawala serta semilir angin yang membawa aroma asin? Tak cuma itu, pantai juga memiliki segudang manfaat lainnya. Pas banget buat meregangkan tubuh bagi kamu yang terbiasa duduk seharian di belakang meja.

Lagian, wisata pantai itu terkenal murah meriah. Tapi, karena pantai-pantai terkenal biasanya penuh di akhir pekan, jangan ragu untuk memberi usaha lebih untuk bisa mengunjungi pantai-pantai yang masih alami dan jarang dijamah wisatawan.

2. Tektok mendaki gunung atau bukit untuk menikmati panorama dari atas ketinggian akan memberimu perspektif dan kepuasan yang jarang kamu temukan di hari biasa

Advertisement

Tektok ke Puncak Nglanggeran via kelanakecil.wordpress.com

Tektok alias mendaki gunung tanpa menginap juga bisa menjadi pilihan yang pas bila kamu pengen menikmati suasana gunung tapi cuma punya libur sehari. Apalagi, mendaki gunung juga memiliki banyak faedah buat jasmani dan rohanimu.

Tentu saja, kamu perlu mempersiapkan fisik dan mental terlebih dulu. Selain itu, gunung atau bukit tempat tujuan juga perlu diperhitungkan dengan cermat agar gak terlalu menguras tenagamu untuk bekerja di esok hari. Pilih aja gunung yang puncaknya bisa ditempuh dalam 2-3 jam. Jangan lupa membawa air minum yang cukup agar kamu gak kehausan saat mendaki di siang hari.

3. Sementara, buat kamu yang suka dengan sejarah, budaya, dan seni bisa menyambangi museum-museum terdekat yang mungkin belum sempat kamu tengok sebelumnya

Pemandangan di Museum Angkut Kota Batu via anomharya.com

Jalan-jalan menapaki sejarah, warisan budaya, dan karya seni juga bisa menjadi alternatif pengisi liburan yang menarik di akhir pekan. Apalagi, biasanya museum-museum ini tak jauh dari pusat kota, sehingga mudah dijangkau tanpa perlu membuang banyak waktu untuk menempuh perjalanannya.

Dengan sekian ribu rupiah, kamu udah bisa menikmati berbagai koleksi benda-benda bersejarah, diorama, barang antik, sampai karya dari seniman ternama. Selain bisa refreshing dan menambah wawasan, sejumlah museum juga cukup menarik untuk dijadikan objek foto ataupun latar foto narsismu.

4. Tak hanya museum, candi-candi kuno yang masih berdiri megah juga akan membawamu pada sisa-sisa kejayaan peradaban Nusantara di masa lalu

Jalan-jalan ke Candi Borobudur via blog.djarumbeasiswaplus.org

Sebelum menjadi Indonesia yang seperti sekarang ini, Nusantara terdiri dari berbagai kerajaan yang jaya pada masanya. Nah, sisa-sisa kejayaan peradaban masa lalu ini tak cuma bisa kamu nikmati lewat koleksi museum sejarah, tapi juga lewat candi-candi megah yang masih berdiri sampai kini.

Di masa lalu, nenek moyang kita udah bisa membangun candi-candi yang tersohor sampai ke mancanegara. Bukankah ini membuatmu bangga? Lagian, wisata candi gak begitu menyita waktu, kok. Pas buat mengisi hari liburmu yang cuma sebentar.

5. Kota sebelah punya tempat liburan yang menawan? Nikmati saja dengan one-day trip ke sana

One-day trip ke kota sebelah via sony-ann.blogspot.com

Kota-kota yang bertetangga dengan kota tempat tinggalmu mungkin saja menyimpan pesona wisata yang belum kamu tahu. Sambil menanti libur, coba aja googling sejumlah tempat wisatanya di internet—Hipwee bisa jadi acuan, kok, hehe. Nah, nanti pas libur tinggal kamu eksekusi deh dengan one-day trip alias jalan-jalan seharian di kota sebelah. Apalagi, one-day trip ini banyak keuntungan, lho!

6. Atau, lihat kota tempat tinggalmu lewat perspektif yang berbeda dengan menjadi turis di kota sendiri

Berlagak jadi turis di kota sendiri via wisata.kompasiana.com

Melihat kota tempat tinggal kita lewat perspektif yang berbeda bisa kamu lakukan dengan cara yang sedernaha, kok. Berlagaklah ala traveler di kota sendiri: jajal transportasi umumnya, jelajahi kawasan kota lamanya, serta blusukan lewat gang-gang yang belum pernah kamu lalui sebelumnya. Kalau kotamu punya city tour bus yang akan membawamu ke tempat-tempat menarik di kota, boleh juga tuh dicoba!

Selain menjadi pengisi liburan yang oke, ini juga bisa jadi salah satu cara yang ampuh untuk melatih diri kalau kamu ingin menjajal traveling sendirian. Kamu juga makin paham apa aja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kotamu dari segi pariwisatanya.

7. Nah, kamu yang doyan makan, kenapa gak berburu kuliner aja di kotamu mumpung hari libur?

Berburu kuliner via awangesti.blogspot.com

Kalau biasanya kamu cuma makan di warteg atau di warung burjo, mumpung libur gak ada salahnya berburu kuliner unik yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Jangan mengira wisata kuliner itu hanya sekadar makan, karena ini adalah salah satu cara asyik untuk menjajal pengalaman baru lewat lidahmu. Permata kuliner pun bisa kamu temui di mana saja, mulai dari kafe kelas atas sampai warung makan kaki lima. So, mumpung libur, jajali saja satu-satu.

8. Tertarik dengan hal-hal yang berbau misteri? Untuk mengisi liburan, cicipi uji nyali yang mendebarkan lewat wisata mistis

Wisata misteri bersama komunitasnya via spotasik.com

Kalau kamu tertarik dengan hal-hal berbau mistis dan cukup bernyali, kamu bisa mencoba memacu adrenalin dengan tempat-tempat yang konon dianggap angker. Di beberapa kota besar, sudah ada wadah berupa komunitas-komunitas penggemar kegiatan wisata misteri yang rutin mengadakan jalan-jalan di akhir pekan. Ini bisa dijadikan salah satu alternatif pengisi liburanmu. apalagi, kamu gak sendirian.

9. Kalau kamu hendak hibernasi sejenak di tempat yang berbeda, gak perlu ragu buat menikmati nyamannya kamar hotel berbintang selama semalam

Salah satu hotel berbintang yang murah di Solo via instagram.com

Kalau energimu udah terkuras dan kamu gak berniat ke mana-mana, gak ada salahnya mengisi liburan dengan tidur, kok. Tapi, cobalah ganti suasana dengan pindah lokasi tidur ke kasur hotel yang nyaman. Fasilitas kamar standar di hotel berbintang 2-3 biasanya udah cukup nyaman untuk hibernasi selama semalam; tarifnya pun masih terjangkau kantong.

Biar tarif kamarnya semakin murah, booking-lah secara online lewat situs-situs booking hotel tepercaya. Kamu bisa dapat potongan sampai 50 persen, lho.

10. Liburan adalah saatnya menikmati hidup lewat hobi. Seremeh apapun hobi itu, ia akan membuat hidupmu tetap seimbang

Menekuni hobi via www.parkourindonesia.web.id

Akhirnya, akhir pekan pun gak selalu mesti dinikmati dengan jalan-jalan. Hobimu pun sudah bisa menjadi tempat pelarian yang menyenangkan usai bekerja seminggu penuh. Jangan ragu buat menyediakan waktu untuk menyalurkan hobimu yang beragam itu. Toh, seremeh apapun, hobimu akan membuatmu merasa utuh sebagai manusia. Yang penting, liburanmu telah dimanfaatkan untuk melakukan hal yang menyenangkan.

Itulah hal-hal seru yang bisa kamu lakukan di kala punya waktu libur sehari. Kamu sendiri, kalau libur ngapain aja?