Akhir-akhir ini, banyak sekali kita temui pemuda-pemudi yang menandai dirinya dengan sebutan travelers. Entah dari postingan di media sosialnya, dari majalah/tabloid yang dia baca, atau apapun yang membuat kita percaya bahwa itu representasi dari dirinya. Bahkan yang  sering kita temukan di setiap tempat dan kesempatan adalah orang-orang yang dengan bangga mengenakan pakaian yang serupa. Korban dari sebuah program acara di stasiun televisi di negeri ini.

Acapkali kita temui bahwa kehadiran para travelers kekinian ini tanpa pengetahuan yang memadai. Kadang, mereka datang hanya sekedar untuk selfie biar Instagram tetep update. Nah, di balik itu semua banyak sampah yang mereka buang sembarangan, tak sedikit wisata yang rusak. Tentu masih hangat dalam ingatan kita tentang rusaknya bunga amarilis atau meninggalnya pendaki di Merapi karena selfie. Harusnya kita belajar dari kejadian itu semua.

Tentu, kalangan travelers beneran berang dengan kejadian-kejadian konyol macam itu. Nah, yang unik adalah meme kreatif yang muncul di media sosial atas fenomena para pemuda-pemudi kekinian yang pengin diakui statusnya sebagai travelers sejati. Hmm.

1. Kaos sih Natgeo. Ketemu kecoa bukannya diteliti, malah lari!

Natgeo… 🙁 via campuranhumor.blogspot.com

Natgeo sih mengulas segala macam hewan, tumbuhan, dan alam. Bukan malah takut sama kecoa doang. Kalau nggak percaya, buka saja webnya atau beli majalahnya. Kaosmu nggak cocok, plis. 🙁

2. Ada juga yang lebih mentingin tidur daripada jalan-jalan. Meme ini menjawab nikmatnya tidur siang.

Advertisement

Bobo nyenyak, Kak. :3 via www.kochiefrog.com

Duh, apalagi kalau lagi hujan lebat banget dan mantan masih ngehubungin mulu. Tinggal tidur aja deh!

3. Kalau ada temanmu yang suka nonton acara MTMA, coba deh tanya di mana Ibukota Sulawesi Barat! Bisa jawab nggak dia?

Pulau KaliMANTAN di mana, Mblo? via www.pinterest.com

Guru: “Koko, di mana letak pulau Kalimantan?”

Koko : “Di hatimuuu, Bu.”

:((

4. Kakak Kyuri ini juga sama… Ngetrip ke mall, mau belanja ya…

Kyuri mau shopping.. 🙁 via www.instagram.com

Banyak kok kalau kamu lagi main ke mall, terus lihat orang pake baju/kaos anak petualang yang kayak di tv itu. Tulisannya sih oke punya. Antimainstream sih, ngetrip ke mall. Terserah deh, ya. -__-

5. Meme ini mau nyindir para travellers yang abal-abal. Mending ngarit daripada ngetrip!

Ngarit dulu, Bro! via gambarkatalucu.co

Buat kamu yang sok-sokan ngetrip tapi gagal paham, mending ngarit (mencari rumput). Lebih mulia, menyelamatkan ternak dari kepunahan!

6. Kan udah dibilang, membantu orangtua itu lebih mulia, daripada sekadar pengin dibilang anak petualang!

Angon kebo. :p via statusunik.com

Lebih berbobot ngangon kebo (menggembala kerbau), ‘kan?

7. Ngetrip ala backpacker, nggak dikasih duit jalan, eh ngambek!

Ngambek. via www.statusunik.com

Budi: Ma, minta uang dong, buat jalan ke Bali.

Ibu: Duh, Mama belum gajian.

Budi: Nggak naik pesawat kok, Ma. Backpackeran gitu loh.

Ibu: Iya, Mama belum ada uang, Nak!

Budi: Aaah, Mama mah pelit! Huwaaaa! :((

8. Kaos sih anak petualang banget. Iya, biar punya aja sih. Biar kekinian.

Kaosnya doang. -_- via instagramphoto.com

Teman: Wuih, mau ke mana nih? Ngetrip kayaknya?

Kamu: Enggak kok.

Teman: Nah, itu, baju lu?

Kamu: Lagi hits, Bro!

Teman: …

9. Backpacker-an ke mana-mana sudah biasa. Giliran kesasar dan nggak tahu jalan pulang, nangis.

WAZE ajalah, ya~ via www.statusunik.com

Ada juga sih yang begini. Pakai kaos kayak anak petualang banget, suka jalan ke manapun, tapi pas kesasar di pasar, malah nangis. Ada temanmu yang begini? Atau kamu sendiri yang begini? Haha! :p

10. Mau yang lebih menantang? Meme ini punya jawabannya!

Sehat, Mblo? via gambarlucu99.blogspot.com

My Jomblo, My Adenture!

Yeah! Ini jauh lebih menantang. Apalagi kalau jomblomu sudah sekian lama, bahkan sampai ada yang dapat predikat jomblo perak. Alias jomblo 25 tahun! Wew! Apa yang pernah terjadi padamu, Jomblo Perak? :p

11. Lebih ekstrem dari petualangan apapun! Risikonya lebih dari kematian biasa!

Boleh pinjem bojomu, Mz? via www.kochiefrog.com

Gimana, Bang? Mau berpetualang dengan istri/suami orang? LOL! :p

12. My Trip, My… Lillahita’ala ajalah, ya!

Masya Allah… via twitter.com

Serahkanlah hidup dan matimu, serahkan pada Allah semata~

Lah, jadi nyanyi, ‘kan. Sesungguhnya, apa yang kamu cari, yang kamu dapat, yang kamu tinggalkan, semua niscaya kembali kepada Yang Maha Kuasa.

Nah, gimana, Guys? Apa yang kamu rasakan setelah menyimak meme tentang traveller di atas? Nggak ada salahnya sih sebenarnya, justru keren mengenakan pakaian seperti itu. Tapi mbok yo relevan dikit gitu loh. Seenggaknya, kalau kamu mau diakui sebagai seorang petualang, pecinta alam, atau apapun itu, mulailah dari hal kecil. Seperti menjaga kebersihan lingkungan, tentu juga bagaimana attitude kita di tempat wisata. Hal itulah yang paling sering kamu abaikan. Hmm.

Kekinian itu bukan dari kaos apa yang digunakan, tapi dari sikap yang elegan dalam berpetualang.

Akhirnya, selamat travelling dengan cerdas ya. Nggak pake motto My Trip My Adventure, ga papa kok!