Kamu pernah dengar legenda Jaka Tarub dan 7 bidadari? Kalau pernah, kamu pasti pernah juga membayangkan tempat seperti apa Nawang Wulan mandi. Dalam bayanganmu, tempat tersebut pasti tempat yang keindahannya nggak perlu kamu pertanyakan lagi.

“Jelas saja, kan tempat mandinya Bidadari”

Nah, kalau kamu ingin tahu seperti apa tempat mandinya bidadari, coba deh kamu main ke Sanghyang Heuleut di Bandung Barat. Tempat wisata air asik yang katanya adalah tempat mandi bidadari!

Berlokasi di wilayah PLTA Saguling, keindahan Sanghyang Heuleut tersembunyi dengan apik. Butuh sedikit usaha untuk bisa main ke sana

Cakep, kan? via www.kompasiana.com

Karena letaknya yang tersembunyi dengan apik, Sanghyang Heuleut juga sering disebut sebagai hidden paradise di Bandung Barat. Terletak sekitar 5 KM dari pintu gerbang PLTA Saguling, kamu butuh jalan kaki untuk mencapainya karena kendaraan tak bisa masuk lebih dalam lagi.

Advertisement

Tenang, perjalanannya tak terlalu jauh kok. Cuma, kamu wajib berhati-hati karena trekking yang kalian lakukan adalah melalui jalur bebatuan dan pepohonan. Sesampainya di sana, dijamin kamu bakal bahagia melihat indah tempat wisatanya!

Bernama Sanghyang yang artinya tempat suci, keindahannya jelas nggak perlu kamu ragukan lagi. Bebatuan dan pepohonan semakin melengkapi indahnya

Untuk perkara keindahan, kamu nggak perlu lagi mempertanyakannya. Danau yang di bagian atasnya dialiri gemericik air dari Sungai Citarum purba ini pesona bakal memanjakan matamu. Selain karena seru melihat airnya yang terlihat menyegarkan, pemandangan bebatuan dan pepohonan di sekelilingnya semakin menambah suasanya tersembunyi dan keindahannya.

Pantas saja jika tempat ini dinamai Sanghyang yang memiliki arti “tempat suci”. Pesona tersembunyinya memang layak untuk didatangi.

Saking indahnya, bahkan ada legenda soal tempat ini sebagai tempat mandinya bidadari. Kata penduduk sekitar, Sanghyang Heuleut memang sakral

So sweet via www.dakatour.com

Saat kamu sampai di sana, matamu akan dimanjakan oleh keindahan pemandangannya. Bahkan saking indahnya sampai-sampai ada legenda soal tempat ini. Menurut penduduk sekitar, keindahan Sanghyang Heuleut bahkan sampai menarik hati para bidadari.

Katanya sih, tempat ini adalah taman mandi bidadari dari Surga.

Hal itu tercermin dari namanya juga, sih. Heuleut sendiri memiliki arti “selang antara dua waktu”. Menurut penjelasan warga sekitar, maksud dua waktu tersebut adalah waktu dunia manusia dan waktu dunia para bidadari yang mandi di sana. Bahkan, Nawang Wulan si bidadari dan Dayang Sumbi ibunda dari Sangkuriang yang terkenal cantik-cantik tersebut mandinya di sini. Masa iya kamu nggak mau main ke sini?

Terlepas dari itu, Sanghyang Heuleut juga merupakan danau purba yang indah. Kalau kalian main ke sana, tolong jangan sampai meninggalkan sampah!

Gimana? Yakin nggak mau ke sini? via www.dakatour.com

Jika bicara soal geografis dan sejarahnya, Sanghyang Heuleut ini sebenarnya merupakan danau purba. Keindahannya tersusun dari bebatuan besar hasil letusan gunung api purba bernama gunung Sunda yang meletus di masa lalu. Menciptakan keindahan luar biasa yang hingga kini bisa kita nikmati bersama.

Aliran airnya pun juga berasal dari gemericik aliran sungai Citarum purba. Semakin menambah indahnya pesona Sanghyang Heuleut yang keasriannya harus kita jaga bersama. Jangan sampai membawa sampah ya kalau main ke sini!

Oh iya, kalau kalian main ke sini, usahakan memakai sandal yang nggak licin. Maklum, karena tempatnya dipenuhi bebatuan dan air, kalian rawan terpeleset.

Jadi gimana? Masih nggak mau maen ke sana? Bagi anak gaul Bandung dan sekitarnya, Sanghyang Heuleut bisa jadi alternatif liburan akhir pekan. Tapi please dijaga ya jangan sampai rusak. Akhirnya, selamat berlibur…