Kalau nanti aku punya rumah, aku ingin ada ruang khusus salatnya.

Musala dalam rumah, biar sering salat berjamaah bareng keluarga nanti.

Aku juga ingin punya ruang khusus untuk doa.

Memiliki rumah dengan ruang ibadah adalah idaman banyak orang. Rumah tak hanya sekadar tempatmu pulang. Tapi juga tempat yang tenang untukmu dan keluarga kecilmu nanti, beribadah bersama. Untuk yang muslim, bisa salat berjamaah bersama keluargamu nanti tentu jadi hal yang kamu idam-idamkan. Kamu yang nasrani juga bisa menyiapkan spot khusus untuk berdoa di rumah. Kali ini Hipwee akan merangkum 10 desain ruang ibadah untuk rumah masa depanmu nanti.

1. Kamu bisa memilih warna yang soft untuk musala dalam rumahmu. Warna yang soft menambah kenyamanan dalam beribadah dan meneduhkan hati.

Warna yang soft bisa membuat ruang nyaman. via andyrahman.wordpress.com

Kamu bisa pilih warna cat yang soft, seperti abu-abu atau krem misalnya. Warna yang soft menamba kenyamanan dalam beribadah. Kamu juga bisa memajang kaligrafi pada dindingnya. Pilih juga karpet yang berwarna krem dengan motif yang sederhana untuk memberi kesan sedikit lapang.

2. Musala dengan konsep terbuka juga menentramkan jiwa dan raga. Semakin membuatmu betah beribadah padaNya.

Musala di ruang terbuka. via rumahminimaliss.info

Advertisement

Musala dengan konsep terbuka juga bisa kamu terapkan. Musalanya sendiri berbentuk gazibu. Tepat di sebelah musalanya, terdapat kolam dengan percikan air yang nyaman di telinga. Tempat wudhunya pun dengan konsep terbuka. Membuatmu semakin betah beribadah padaNya.

3. Kamu yang menyukai desain etnik bisa menerapkannya pada ruang salatmu nanti. Ukiran kayu jati akan memperindah ruang salatmu.

Musala bertema etnik. via rumahminimaliss.info

Untuk kamu yang menyukai desain etnik, bisa menerapkannya di musala-mu. Kamu bisa menonjolkan kesan etnik dengan memperbanyak ukiran bernuansa tradisional. Jangan lupa untuk memajang kaligrafi ya di dindingnya.

4. Ingin ruang salat yang menyatu dengan ruang tidurmu? Desain ini bisa menjadi pilihan. Semakin memudahkanmu beribadah di sepertiga malam.

Untuk kamu yang ingin ruang salatnya menyatu dengan ruang tidur. via www.ideaonline.co.id

Musala yang menyatu dengan ruang tidurmu juga bisa kamu wujudkan. Sementara untuk sekatnya cukup dengan dinding yang menutup sebagian. Untuk warna cat dindingnya kamu bisa pilih yang berwarna teduh seperti krem misalnya. Ruang salat yang menyatu dengan ruang tidur semakin memudahkanmu ketika ingin terbangun untuk menunaikan salat di sepertiga malam. Apalagi jika kamar mandinya juga terdapat di dalam ruang tidur. Kamu tidak perlu keluar kamar lagi untuk wudhu. Karena wudhu dan salat bisa kamu lakukan di ruang tidur.

5. Warna cokelat yang kalem memang menenangkan untuk tema ruang salatmu.

Warna coklat memang menenangkan. via rumahbagusminimalis.com

Warna cokelat memang menenangkan. Cocok untuk menjadi tema ruang musalamu. Beribadah pun semakin nyaman dan tenang. Ditambah lantai berkayu yang memberi kesan hangat. Jangan lupa untuk memajang kaligrafi di dindingnya ya.

6. Selipkan rak buku di musalamu. Sehabis salat, jika masih ada waktu, kamu bisa sempatkan untuk membaca buku.

Selipkan rak buku di musala rumahmu. via www.pinterest.com

Kamu juga bisa menyelipkan rak buku di ruang salatmu. Selepas salat, jika masih ada waktu kamu bisa membaca buku yang bertema religi.

7. Kamu yang menyukai ruang yang banyak cahaya, bisa menerapkan desain musala ini di rumahmu nanti.

Desain dengan konsep banyak cahaya. via www.rumahminimalisdesign.com

Kamu yang ingin musala dengan konsep banyak cahaya, bisa mengikuti desain yang satu ini. Hal yang harus diperhatikan adalah jendela yang lebar dan warna cat dindingnya juga bisa pilih yang cerah, seperti oranye misalnya. Konsep banyak cahaya dari jendela lebar memberi kesan ruang yang sedikit lapang. Jangan lupa untuk menghiasi dindingmu dengan pajangan berupa kaligrafi ya.

8. Lantai kayu juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin memiliki musala yang nyaman dan terasa adem.

Lantai berkayu memberi kesan hangat. via www.desain-minimalis.info

Lantai kayu selalu memberi kesan nyaman. Pun untuk musola pribadimu. Kesan nyaman dan hangat akan terasa setiap kamu menunaikan ibadah di sini. Cat dinding warna netral seperti putih, bisa kamu pilih. Untuk semakin membentuk tema ruang yang menenangkan.

9. Untukmu yang Nasrani, sudut doa ini bisa menjadi inspirasi untuk rumah masa depanmu nanti.

Sudut doa untuk rumah masa depanmu nanti. via ghar360.com

Untukmu yang beragama nasrani, bisa menciptakan ruang doa khusus di rumah. Kamu bisa menempatkan meja doa di sudut ruang yang masih kosong. Sisipkan juga rak untuk menyimpan buku-buku bertema religi.

10. Atau desain sudut doa yang sederhana dengan sofa nyaman ini juga bisa kamu terapkan. Kamu akan makin betah berlama-lama beribadah kepadaNya.

Sudut doa yang sederhana, bisa kamu terapkan. via www.catholiccompany.com

Untukmu yang ingin memiliki sudut doa dengan pencahayaan yang cukup banyak, kamu bisa menaruh sebuah kursi dan meja di sudut yang berjendela. Di sudut ini kamu bisa duduk nyaman sembari membaca alkitab.

Semoga 10 desain ruang ibadah untuk rumah masa depanmu di atas, bisa menjadi referensi buatmu. Mungkin belum bisa kamu wujudkan sekarang, tapi nggak ada salahnya kalau kamu udah punya bayangan ingin punya ruang ibadah pribadi seperti apa. Mudah-mudahan nanti bisa kamu wujudkan ya. 🙂 Amiin.