Insomnia alias sulit tidur bisa menyerang siapa saja. Mulai dari insomnia ringan sampai insomnia berat yang bisa membuatmu terjaga sampai berhari-hari. Meski kamu nggak ngantuk dan aktivitasmu nggak terlalu terganggu dengan kurangnya tidurmu, kalau dibiarkan saja insomnia ini bisa membahayakan kesehatan. Penyakit-penyakit serius dan berbahaya sudah menunggumu jika jam tidurmu masih berantakan.

Kondisi sulit tidur ini memang bisa diatasi dengan mengonsumsi dengan obat tidur. Tapi nggak mau dong kalau kita terus-terusan bergantung pada obat kimia yang sebenarnya akan merusak tubuh kita juga? Nah, sebelum insomniamu semakin berbahaya, yuk coba dulu atasi dengan cara-cara alami yang ini.

1. Coba tidur dalam keadaan lampu padam. Suasana gelap dan dingin akan membuat dirimu tenang.

Percuma matikan lampu tapi masih main hp via jalantikus.com

Saat kamu mengalami sulit tidur, sudah berbaring di kasur tapi dari tadi cuma guling-guling dan nggak tidur-tidur, coba matikan lampu kamarmu. Jika kamarmu terasa panas dan tak nyaman, pakailah pendingin ruangan. Dengan suasana gelap yang tenang, dan suasana adem yang membuatmu nyaman, rasa kantuk akan segera datang. Hindari televisi dan main HP sebelum tidur. Jauhkan benda-benda elektronik itu dari jangkauanmu. Sebagai gantinya, kamu bisa mendengarkan suara yang kipas angin atau detak jam. Suara yang konstan itu akan menjadi irama pengantar tidur yang bagus untukmu.

2. Nggak perlu sering-sering melihat jam. Waktu yang terus berputar justru akan membuatmu semakin gelisah dan susah tidur.

Jangan sering-sering melihat jam via www.bbc.com

Advertisement

Yang paling ngeri adalah saat besok kamu harus bangun pagi-pagi dan sampai tengah malam kamu belum bisa tidur juga. Kamu jadi terus-terusan melirik ke arah jam dinding, dan semakin panik saat waktu semakin berjalan sementara rasa kantukmu belum datang juga. Memaksa memejamkan mata juga percuma karena kamu nggak bisa tidur juga. Kalau hal ini terjadi, kamu harus berhenti mengawasi pergerakan jam. Waktu yang terus berjalan justru akan membuatmu panik dan gelisah. Rasa gelisah itu justru akan membuat tidurmu susah.

3. Olahraga teratur setiap pagi. Tubuh yang fit akan membuat pola tidurmu membaik.

Olahraga teratur agar tubuh tetap fit via jadiberita.com

Saat sirkulasi darah nggak lancar, banyak masalah kesehatan yang akan terjadi. Susah tidur adalah salah satunya. Biasakan untuk olahraga secara teratur. Nggak perlu olahraga berat yang akan membuat ototmu kuat. Kamu bisa jogging atau push up dan sit up secara teratur. Kamu juga bisa membuat jadwal main futsal dengan teman-teman minimal seminggu sekali. Dengan jadwal olahraga teratur, selain tubuh menjadi sehat, juga akan mengatasi insomnia yang kamu alami. Coba deh mulai menyisihkan waktu untuk olahraga, pasti kamu akan mendapat perubahan pola tidur yang signifikan.

4. Kadang kamu insomnia karena kebiasaan. Mulai sekarang, hilangkan hobi begadang. Pola tidurmu yang berantakan harus ditata ulang.

Atur jam tidurmu via www.neolaia.gr

Insomnia bisa juga terjadi karena kebiasaan. Mungkin awalnya kamu harus melembur pekerjaan hingga dini hari. Pukul 3 pagi, kamu baru berangkat tidur dan bangun dua atau tiga jam setelahnya. Jika hal ini kamu lakukan sering-sering, lama-lama mekanisme tubuhmu akan mengikuti polamu juga. Hingga akhirnya saat kamu nggak harus lembur, kamu mengalami kesulitan tidur jam 9 malam. Karena tubuhmu sudah terbiasa terjaga sampai pukul 3 pagi. Karena itu, mulai dari sekarang pola tidurmu yang berantakan harus segera diperbaiki. Biasakan diri untuk tidur di waktu yang tepat. Nanti lama-lama jam tidurmu akan teratur juga.

5. Mandi air hangat sebelum tidur juga akan membantumu terlelap dengan cepat

Mandi air hangat via lifestyle.analisadaily.com

Setelah seharian bekerja, pastinya kamu merasa penat. Tubuhmu pegal-pegal dan merasa lelah karena otot-ototmu tegang. Mandi air hangat sebelum tidur bisa membuat ototmu yang tegang jadi mengendur dan memperlancar sirkulasi darah. Dengan bantuan air hangat, tubuhmu jadi lebih lebih rileks dan nyaman. Kantukmu akan cepat datang dan tidurmu akan lebih nyenyak.

6. Minum secangkir cokelat atau susu sebelum tidur juga akan membuatmu mengantuk dengan cepat.

Cokelat membuat tidurmu lelap via sehat.co

Kalau kamu mengalami insomnia, hindari minuman-minuman yang bersifat stimulant seperti kopi atau soda. Kafein pada kopi bisa membuatmu semakin melek dan nggak tidur-tidur. Ganti kopi dengan cokelat atau segelas susu untuk mendatangkan kantukmu. Susu mengandung banyak kalsium, triptofan, dan asam amino, sedangkan cokelat mengandung zat yang dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam otak kita. Keduanya dapat memberikan efek menenangkan yang akan membuatmu cepat tidur.

7. Selain bagus untuk kesehatan, pisang dan madu juga akan membantu mengatasi insomnia.

Teh madu membuatmu tenang via sharingdisini.com

Jika kamu bosan dengan cokelat dan susu, kamu bisa juga mengonsumsi pisang dan madu sebelum tidur. Kandungan glukosa dalam madu bisa menekan kadar orexin dalam tubuh kita, yaitu hormon yang berkaitan dengan kewaspadaan. Madu juga bisa meningkatkan kadar triptofan yang dapat menimbulkan rasa mengantuk. Menambahkan madu pada secangkit teh camomile sebelum tidur akan membuat tubuhmu rileks dan mengantuk. Sementara itu pisang memiliki kandungan magnesium, kalium, dan potassium yang tinggi. Pisang bisa mengendurkan otot-otot yang tegang dan menciptakan rasa tenang. Pisang juga bisa memicu peningkatan hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur jam tidur kita.

8. Meski tidak disarankan, cobalah baca buku yang membosankan. Rasa lelah membaca akan membuatmu jatuh ketiduran.

Baca buku sebelum tidur via keepo.me

Buku yang membosankan, atau buku yang kamu kurang kamu sukai adalah solusi cerdas untuk membuatmu ketiduran. Sebenarnya membaca buku untuk bisa tidur nggak disarankan. Karena sebaiknya kita tidur dengan pikiran yang tenang dan rileks, bukan dengan pikiran yang lelah karena membaca buku. Tapi kalau memang itu bisa membantumu, nggak apa-apa dicoba. Dengan begitu, perlahan-lahan kamu akan memiliki pola tidur yang ajeg. Hingga akhirnya, tanpa membaca buku yang membosankan kamu tetap bisa terlelap. Tapi pastikan buku yang kamu baca itu membosankan ya. Kalau yang kamu baca buku yang menarik dan membuat penasaran, yang ada kamu malah keasyikan dan nggak tidur-tidur.

Jika cara-cara di atas tidak bisa membantumu mengatasi insomnia, mungkin sebaiknya kamu segera konsultasi ke dokter. Jangan dibiarkan terlalu lama karena dalam jangka panjang, insomnia bisa berbahaya untuk kesehatan. Dan jika insomniamu berhubungan dengan kebiasaan, mulai sekarang jangan begitu lagi ya. Cobalah untuk atur waktumu dengan bijak mulai sekarang. Supaya insomnia nggak lagi menyerang dan mengancam kesehatan.