Bagi yang tidak berhijab, mengenakan sanggul pada momen-momen sakral sudah tentu jadi kebutuhan. Teknik memodifikasi rambut yang sudah ada sejak zaman dahulu ini tak hanya mempercantik tampilan, tapi juga mengesankan sopan santun bagi siapa saja yang mengaplikasikannya. Termasuk pada momen pernikahan, di mana penampilan menjadi persiapan nomor dua setelah kesiapan mental.

Karena bentuk dan model sanggul itu beragam, kamu pasti pernah dibuat bingung bagaimana cara memilih sanggul yang tepat dan paling pas buatmu ‘kan? Nah, mending kamu simak artikel dari Hipwee Wedding mengenai sanggul kali ini deh. Dari bentuk yang sederhana sampai luar biasa, ada semua!

1. Dimulai dari model yang paling sederhana, buatlah sanggul kecil yang dihiasi jepitan bunga. Kamu yang berambut pendek juga bisa, lho.

mulai dari sanggul sederhana dulu… via insideweddings.com

Sanggul sederhana yang satu ini memang paling banyak dipraktikkan para perempuan, khususnya di Indonesia. Cara membentuknya yang mudah menjadi salah satu alasan mengapa sanggul modern ini masih digandrungi hingga sekarang. Tambahan berupa jepitan bunga juga akan mempercantik tampilan sanggul yang super sederhana ini.

Kabar gembiranya, kamu yang berambut pendek pun bisa mencoba model sanggul yang satu ini.

2. Dengan sedikit bantuan hairspray, sanggul modern nan anggun khas Asia ini juga patut untuk kamu coba!

Advertisement

duh, anggunnya 🙂 via kawaiibeautyjapan.com

Beralih ke bentuk sanggul yang agak rumit, karena butuh sedikit bantuan hairspray. Tapi ini tak menjadi masalah kalau kamu atau hair stylish-mu telaten dalam proses pembentukannya. Cukup sisipkan setangkai bunga atau hiasan rambut saja, sanggul khas Asia ini tak kalah cantik dengan sanggul-sanggul modern lainnya.

3. Seperti princess, kamu juga bisa menambahkan mahkota pada sanggul modern kamu.

uuu, like a princess 🙂 via youngermart.com

Jadilah pengantin wanita tercantik di dunia, meski cuma sehari. Tambahkan mahkota pada kepalamu, supaya penampilan sanggulmu makin cantik nan mewah. Jangan khawatir, memakai mahkota itu sama sekali tidak lebay, kok. Justru banyak mempelai wanita yang ketagihan memakai mahkota, saat acara-acara formal dan spesial dalam hidup mereka.

4. Buatmu yang hobi berganti model rambut, bentuk sanggul kepang yang menantang ini bisa jadi salah satu pilihan.

nih buat yang hobi ganti model rambut via angelatam.com

Bagi kamu yang berambut panjang, model sanggul kepang ini sangat disarankan untuk dicoba. Karena agak ribet, kamu bisa meminta bantuan salon atau hair do supaya nggak memakan banyak waktu, ya.

5. Kalau bosan, permanis tampilan sanggul dengan bando atau headband juga cakeup, Mb.

pakai headband juga boleh kok via hairstyleindo.com

Untuk model yang satu ini, perhatikan juga caramu memilih motif serta warna headband. Jangan yang berwarna mencolok agar sanggulmu tidak fail. By the way, headband bunga berwarna putih motif mawar bisa jadi pilihan terbaik.

6. Mencontek gaya sanggul Jessica Alba, mengepang rambut di pinggir tak pernah gagal menyempurnakan penampilanmu.

kepangan pinggir, ulala ~ via fashionmodelku.com

Duh, Mbak Jessica Alba aja bisa cantik kayak gitu, apalagi kamu ~

7. Sesekali, sah-sah saja kalau kamu menyanggul rambut dengan bentuk unik seperti gaya Barat ini.

sanggu unik nan modern via contessabridal.com

Bukannya tidak cinta budaya sendiri, sesekali mencontoh gaya sanggul ala Barat itu sah-sah saja, kok. Sesuaikan juga dengan busana dan acaramu agar bentuk sanggul bulat yang unik ini tidak berubah menjadi aneh.

Akan begini jadinya kalau kamu matchingkan dengan busana dan tudung kepala khas pengantin.

gini nih jadinya kalau pakai baju pengantin via youmeantheworldtome.co.uk

Tuh ‘kan, terbukti kalau kamu sesuaikan dengan baju pengantin sanggul unik nan modern ini akan tetap terlihat pantas dan apik.

8. Kalau bosan sama jepit rambut, ganti dengan ikat rambut pada sanggulanmu pun tak kalah menawan.

rambutmu yang disanggul juga bisa diiket gini nih via weddinghairlooks.com

Setelah disanggul, kamu sangat bisa mengikat sanggulmu itu dengan ikat rambut berbahan mutiara sintetis biar nggak membosankan. Hanya butuh satu ikatan saja, tampilan sanggulmu akan seketika berubah menjadi sanggul sederhana namun berkelas.

9. Daripada rambut panjangmu tergerai berantakan, mending disanggul dan dikepang melingkar seperti ini aja deh…

daripada rambut panjangmu tergerai berantakan via my-love-1989.com

Tak sesulit yang dibayangkan, sanggul penuh dengan bentuk melingkar ini hanya butuh teknik mengepang yang teliti dan ahli. Gerakan jari yang lemah gemulai juga dituntut pada bentuk sanggul yang satu ini. Karena mustahil membentuk sanggul ini sendirian, kamu butuh orang lain atau hair do untuk memudahkan.

10. Tanpa butuh teknik khusus, sanggul cantik nan anggun ini bisa dibentuk dengan mudah lho. Cukup sisipkan setangkai bunga, hasilnya akan ulala ~

selipin bunga putih, uh cantik! via insideweddings.com

Jika kamu kurang suka model sanggul yang ribet dan terlalu kentara, bentuk yang satu ini bisa dicoba. Jangan lupakan juga setangkai bunga tulip atau mawar untuk menyempurnakannya

Kalau ini, tambahan bunganya agak banyak ya…

tambahan bunganya agak banyak nih via weddbook.com

Saking fleksibelnya, bunga yang bisa kamu tambahkan tak harus bunga palsu, tapi bunga asli juga bisa. Posisinya pun tergantung seleramu, bisa di depan, samping atau belakang. Bagus ‘kan?

Jadi gimana? Bentuk sanggul mana nih yang mau kamu coba duluan?