Sesaat sebelum resepsi pernikahan benar-benar dimulai, ada satu buku yang wajib dan tidak boleh ketinggalan untuk dijajar di meja terima tamu. Buku tamu, sekumpulan kertas berukuran A4 yang berisi tabel untuk ditulis nama, alamat, dan tanda tangan para tamu adalah fungsi utamanya. Lalu, setelah acara resepsi selesai, bagaimana nasib buku ini?

Daripada pada akhirnya hanya dibiarkan di gudang atau dibuat bungkus kacang, sayang banget kan? Lebih baik, kamu mencari inovasi yang baru dan berbeda untuk buku tamumu ini. Selain mendapat nama dan torehan tandatangan dari tamu, buku tamumu ini bisa dipajang sebagai hiasan rumah yang terkenang dan berkesan. Hipwee sudah merangkum beberapa inspirasi buku tamu tak biasa yang memberi kesan mendalam buat kamu nantinya. Contek yuk, guys!

1. Ajak tamumu untuk membubuhkan tanda tangan di pigura bergambar sidik jari ini. Tak akan sia-sia, bisa kamu pajang di rumah masa depanmu nanti.

Bubuhkan tanda tangan dan pajang via www.brides.com

Daripada sekadar mempersilakan tamumu membubuhkan tanda tangan di buku yang isinya cuma tabel, coba sesekali buat inovasi berbeda. Ajak mereka untuk tanda tangan di kertas tebal bergambar sidik jari merah dalam pigora ini. Tak akan terbuang sia-sia, kamu bisa memajang pigura ini di rumah masa depanmu bersama pasangan. Lebih bermakna kan jadinya?

2. Kayu-kayu kecil berbentuk heart berisi pesan dan doa tamu akan jadi lebih berkesan. Sederhana, tapi penuh makna yang tersimpan di kotak kaca.

Masukkan ke dalam box bening via rusticweddingchic.com

Advertisement

Mengajak tamumu untuk hadir dan ikut serta dalam mendoakan pernikahanmu memang yang menjadi tujuan utama. Tapi, apa bisa kalau meminta mereka menulis di buku tamu? Bisa, tapi isinya akan jadi biasa saja. Jika pesan, harapan, dan doa yang ditujukan padamu dan pasangan tertulis di kayu berbentuk hati kecil dan dimasukkan ke dalam boks kaca, akan berbeda jadinya. Sederhana kok, tapi akan meninggalkan kesan yang mendalam. Uwuwuwuw~

3. Mintalah pada tamumu yang datang untuk menulis namanya di potongan puzzle ini. Nanti seusai acara, kamu dan pasangan bisa melihat daftar nama sambil menyusunnya, seru!

Di setiap potongan yang memiliki arti via rusticweddingchic.com

Siapa bilang puzzle cuma dipakai anak-anak untuk melatih konsentrasi dan kreatifitas? Kamu bisa memakai ide puzzle ini sebagai pengganti buku tamumu, lho! Kamu hanya perlu menyiapkan potongan puzzle berwarna putih, dan biarkan tamumu menuliskan namanya di sana. Saat acara sudah selesai dan ingin mengabsen siapa saja yang datang, kamu bisa susun sambil bermain. Mau dipajang pun tidak masalah!

4. Pesan kesan yang tertulis di batang pohon akan lebih terasa keunikannya. Kalau sudah begini, kamu pasti ogah cuma menaruhnya di gudang.

Batang pohon yang sudah terpotong via rusticweddingchic.com

Kayu berbentuk bundar yang didapat dari batang pohon tak akan jadi barang yang tak terpakai. Alihfungsikan saja sebagai buku tamumu, dan persilakan mereka menuliskan nama beserta pesan untuk hidup baru kalian. Karena menulisnya di atas kertas hanya akan percuma dan disayangkan. Coba dan tiruin, yuk!

5. Membubuhkan tanda tangan huruf yang berinisial namamu dan pasangan akan buat buku tamu jadi lebih unik. Pajang di rumah deh, nggak akan nyesel!

Inisial bikin makin asyik via lydioutloud.com

Hampir di semua pernikahan, inisial nama mempelai jarang sekali dilewatkan. Jika kamu memang sudah menyiapkan inisial nama dalam bentuk kayu, manfaatkan saja sebagai pengganti buku tamu tradisional yang gitu-gitu aja. Tanda tangan tamumu cukup bikin kayumu berwarna dan penuh makna!

6. Balok-balok kayu dari mainan Jenga bisa kamu jadikan inspirasi buat buku tamu. Tinggal susun saja sambil membaca kesan unik dari mereka!

Tulis di balok kecil ini saja. Mudah tapi penuh kesan via www.bespoke-bride.com

Permainan dengan balok-balok kayu kecil bernama Jenga yang hampir mirip kayak UNO Stacko ini bisa kamu jadikan inspirasi sebagai buku tamu pengganti. Kamu hanya perlu mengumpulkan balok-balok coklat kecil dan biarkan tamumu menulis nama beserta wejangan untuk menjalani pernikahan yang langgeng.

7. Atau dengan puzzle yang bentuknya tak beraturan, buat undanganmu jadi lebih dilibatkan. Tulisan yang terkenang dengan sempurna.

Jigsaw puzzle yang tak beraturan via www.bespoke-bride.com

Puzzle dengan bentuk tak beraturan yang dibuat dari kayu bisa kamu manfaatkan buat media menulis tamu undangan yang datang. Ajak mereka untuk menulis pesan dan kesan dengan antusias. Uh, jadi unik dan pasti berkesan, kan?

8. Siapkan kain-kain putih. Setelah tamu menulis nama dan pesan, pajang di gantungan ini saja. Pasti beda dan nggak monoton!

Kain putih sebagai pengganti via www.stylemepretty.com

Pajang buku tamu alternatif yang unik ini. Sebagai tuan rumah, kamu hanya perlu menyiapkan banyak kain putih berukuran kecil beserta pena atau spidol. Ajak tamumu untuk absen di buku tamu yang beda ini, dan gantung di jemuran lucu ini. Duh, jadi makin pingin resepsi nikahan nih!

9. Kain-kain berkesan vintage ini bisa kamu jahit rapi dan bisa kamu jadikan alternatif buku tamu. Unik maksimal tanpa pengecualian.

Di kain yang sudah rapi seperti ini via blog.myweddingreceptionideas.com

Sesekali, kamu ganti kertas putih menjadi kain putih dan warna-warna lainnya. Selain dipakai sebagai media menulis pesan, kamu bisa jadikan sebagai dekorasi sebagai cindera mata dari hari pernikahanmu. Sederhana tapi meninggalkan kesan mendalam untuk banyak pihak.

10. Berburu batu-batu kecil berwarna putih sebagai pengganti kertas. Simpan kenangan manis ini di kotak kayu yang besar. Bikin kamu senyum-senyum nantinya.

Batu putih pengganti kertas via blog.myweddingreceptionideas.com

Sesekali, coba deh pakai batu sebagai pengganti kertas dan buku tamumu. Kumpulkan di kotak kayu besar, dan tunggu hingga semua batu terisi pesan. Kamu akan dibuat senyum-senyum saat membaca pesan yang lucu dan aneh-aneh dari tamumu yang datang.

11. Tak hanya diduduki, kursi ini bisa kamu jadikan media alternatif sebagai buku tamu. Tanda tangan dan wejangan bisa ditorehkan di sana.

Tempat duduk yang penuh makna via www.itakeyou.co.uk

Kursi yang terbuat dari kayu memang bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Nah, mumpung terbuat dari kayu, coba ubah buku tamumu yang biasa dan umum, menjadi yang luar biasa dari kursi kayu. Ajak para tamu undangan untuk menuliskan nama dan wejangan kepada kedua mempelai. Saat kamu mendudukinya, siap-siap dibuat tersentuh dengan ucapan yang tertulis di sana.

Banyak cara untuk mendapatkan kesan yang berbeda dan penuh makna bisa kamu dapat dari banyak hal. Setelah baca inspirasi buku tamu yang nggak gitu-gitu aja, mana nih yang berhasil mencuri perhatianmu, guys?