Tak sengaja lewat depan rumahmu
Ku melihat ada tenda biru
Dihiasi indahnya janur kuning
Hati bertanya pernikahan siapa

Saat mendengar lagu ini dilantunkan, kamu pasti tak asing lagi dengan lagunya tante Desi Ratnasari yang berjudul Tenda Biru ini. Iya, lagu tentang ditinggal dia menikah dengan wanita lain. Sedih~

Di Indonesia, merayakan resepsi di rumah dengan menyewa jasa tenda memang masih banyak ditemui. Mungkin, saat kamu datang, suasana yang dirasakan sepertinya sama saja. Ramai berdesakan dan kesannya sempit.

Tapi, kamu tetap bisa mengukir kenangan bahagianya pernikahan walau dengan menyewa tenda biru atau warna lainya. Kesan lebih lengang dan luas bisa kamu dapatkan, asal tahu desain dan dekorasi yang mendukung. Agar tidak terasa gitu-gitu aja, Hipwee sudah merangkum 13 inspirasi dekorasi tent wedding nih, guys! Simak keindahan dan kesederhanaannya, yuk!

1. Tambahkan lampion berisi lilin untuk digantung di atap tenda. Saat sore hari, cahayanya akan membuat suasana makin hangat.

Tenda biasa, coba ganti lampu lampion untuk digantung via www.marthastewartweddings.com

Advertisement

Kebanyakan, di bagian atap tenda, akan dipasang lampu yang dikelilingi hiasan dari lipatan kain. Pemandangan ini sudah terlalu jamak. Coba kamu ganti dengan puluhan lampion yang berisi lilin, agar bisa kamu nyalakan pada saat sore hari. Suasananya akan jauh berbeda, terasa lebih hangat. Uwuwuw~

2. Agar pengantin tidak mudah capek, coba tambahkan sofa empuk di dalam tenda. Sembari bercengkerama bersama tamu, rasa kekeluargaan makin terasa.

Sofa sebagai pengganti kursi kayu biasa via feteny.com

Kursi empuk biasanya tersedia di venue, tapi hanya untuk kedua mempelai. Jika kamu ingin mengusung tatanan dan dekorasi yang berbeda, kamu juga bisa memasukkan sofa di dalam tenda. Tak hanya untuk mempelai, para tamu undangan pun juga bisa duduk di sana sambil mengobrol asyik. Suasana pun jadi terasa lebih hangat!

3. Tak perlu melulu tenda biru, dengan tenda berwarna putih saja venue pernikahan sederhanamu jadi terlihat lebih luas.

Dari luarnya saja terlihat beda via www.stylemepretty.com

Kamu tak perlu dibuat bingung ketika harus memilih warna tenda yang akan kamu pakai saat hari-H nanti. Dengan warna putih yang sederhana saja, venue resepsimu jadi terlihat lebih luas dan unik. Ditambah tambahan cahaya lampu dari bohlam kuning, kesan kekeluargaan makin terasa di sekitarnya. Yakin ga mau coba, guys?

4. Tenda terpisan seperti kanopi pun bisa kamu pasang untuk spot makan para undangan. Tak perlu berdiri, duduk santai sambil menikmati suasana sekitar jadi lebih menyenangkan.

Bak kanopi yang santai via www.stylemepretty.com

Setelah bersalaman dengan pengantin di pelaminan, para tamu akan dipersilakan untuk menyantap kudapan yang sudah disiapkan. Makan sambil berdiri adalah pemandangan yang lumrah dilihat. Coba manjakan tamumu dengan menyediakan satu dua tenda yang menyerupai kanopi yang berisi meja kursi. Mereka pun akan terasa senang saat menyantap makanan sambil menikmati suasana sekitar.

5. Berbagi kebahagiaan itu sederhana. Berkumpul di dalam tenda saat senja bersama hangatnya sinar lampu bersama kerabat dekat.

Romantis dan senja via www.intimateweddings.com

Marilah kita beranda-andai sejenak. Duduk sambil tertawa bahagia bersama keluarga dan sahabat terdekat di dalam tenda. Ditemani temaramnya lampur di dalam tenda di bawah jingga senja. Kebahagiaan mana yang akan kamu dustakan?

6. Sambil menikmati jingga indahnya senja, tenda dengan langit-langit terbuka ini bisa kamu jadikan pilihan. Sepoinya angin pun jadi lebih terasa.

Pas saat cuaca sedang cerah via www.stylemepretty.com

Ketika musim hujan sudah lewat, kamu bisa mengangkat tema pernikahan di halaman dengan tenda yang langit-langitnya terbuka. Sambil menikmati angin sepoi di kala senja, terasa semakin romantis acaramu nantinya.

7. Buat tamumu merasa nyaman untuk di meja bulat saat datang ke acara bahagiamu. Di dalam tenda pun terasa tetap menyenangkan.

Saling bertemu di meja bulat via p-a-r-t-y-planning.tumblr.com

Membuat tamu undangan terasa nyaman adalah salah satu faktor yang harus kamu pikirkan secara matang. Siapkan tempat yang membuat mereka bisa berinteraksi dengan tamu lainnya. Menyiapkan meja bulat adalah pilihan yang tepat!

8. Agar tendamu tak polos dan mainstream, coba tambah dekorasi dari tumbuhan hijan yang unik. Terasa lebih segar dipandang!

Biar ga terlalu polos via www.marthastewartweddings.com

Supaya tidak melulu dihiasi denga bunga, coba sesekali hiasi tendamu dengan yang hijau-hijau seperti tumbuhan menjalar yang unik. Tamumu akan betah berlama-lama di sana deh. Karena hati sudah dibuat terasa lebih tentram dan adem.

9. Hiasi halaman belakangmu dengan tenda putih yang luas dengan beberapa pot bunga cantik. Selain bahagia, pestamu akan jadi unik.

Seandainya seperti ini, akan membahagiakan rasanya via www.elizabethannedesigns.com

Menempatkan bunga-bunga cantik yang tumbuh di dalam pot, bisa kamu jadikan pilihan untuk dekorasi sederhana di bagian samping tenda. Pasti jadi terasa unik saat menyambut para tamu yang datang.

10. Tenda yang dihias dengan kain-kain putih adalah salah satu cara unik untuk kesan elegan. Yakin mau begitu saja melewatkan?

Kain-kain putih menjalar via www.bridesofadelaide.com.au

Tak melulu memilih tenda yang terlalu tertutup. Saat kamu ingin memanjakan tamu undangan sambil menikmati sejuknya udara di venue, kamu bisa memasang kain-kain putih di bagian atas. Yakin deh, tempat resepsimu ini akan menjadi benar-benar elegan dan berkesan.

11. Menikmati langit yang akan diselimuti bintang akan terasa saat tenda transparan yang kamu pilih. Ditambah lampu kecil di langit-langit, akan membuat tamu enggan beralih.

Tenda transparan bisa dijadikan pilihan via www.weddingwire.com

12. Tak hanya tenda biru atau putih, warna kuning pun bisa menonjolkan kesan ceria di hari-H. Tetap elegan dan menyenangkan, kok!

Jika kamu tidak ingin menjadikan warna biru atau putih sebagai tema yang mendominasi, kamu bisa mencoba warna kuning juga kok. Suasana yang lebih ceria dan berkesan tak akan tanggung-tanggun untuk kamu dapat sekaligus.

13. Tamumu akan makin betah berlama-lama di venue, menyediakan kursi di luar tenda adalah ide cemerlang. Suasana hangat tak mudah hilang!

Agar bisa bersantai di luar via www.stylemepretty.com

Mengobrol di dalam tenda memang menyenangkan. Akan terasa lebih hangat saat bertemu dengan tamu lainnya. Tapi, akan lebih menyenangkan lagi jika kamu dan para tamu bisa menikmati sekitar sambil bercengkerama santai di luar tenda. Menyiapkan kursi tambahan di sana adalah sebuah alternatif yang jenius. Suasana menyenangkan tak akan mudah hilang, deh!

Mau merayakan pernikahan di bawah teduhnya tenda memang menyenangkan. Semoga 13 dekorasi sederhana dari tenda ini bisa menginspirasi untuk hari pernikahanmu kelak, guys!