“Kamu kapan nikahnya?”

“Yaaa pokoknya kalo nggak hari Sabtu ya Minggu!”

Hampir semua calon pengantin memilih akhir pekan untuk melaksanakan pesta pernikahannya. Alasan terkuatnya satu: memudahkan tamu undangan untuk bisa hadir di acara, mengingat akhir pekan adalah hari libur kerja. Hingga saat ini, menikah di akhir pekan sulit digantikan karena sudah menjadi kebiasaan yang mengakar di hampir semua pasangan yang menikah.

Bagimu yang akan segera melangsungkan pernikahan, nggak ada salahnya memilih hari kerja sebagai tanggal pernikahan, terutama jika kedua belah pihak telah menyetujui pemilihan hari tersebut. Nggak perlu khawatir. Nggak ada yang aneh dengan menikah di hari kerja, hanya saja belum terbiasa. Beberapa selebriti tanah air saja melakukannya kok. Nih ya, Hipwee Wedding kasih tahu. Justru keuntungan-keuntungan ini bakal kamu dapat kalau menikah di hari kerja.

1. Dibandingkan dengan akhir pekan yang hanya ada hari Sabtu atau Minggu, di hari kerja akan ada banyak pilihan hari yang tersedia

Lebih banyak pilihan harinya via harsupesa.am

Mengadakan pernikahan di hari kerja akan memberikan lebih banyak pilihan hari yang bisa dipertimbangkan. Kamu dan pasangan nggak hanya akan terfokus pada pilihan hari Sabtu atau Minggu saja, di mana pada kedua hari tersebut akan sangat mungkin bertabrakan dengan acara kerabat atau teman lainnya. Hal ini tentu akan memberikan kemudahan dalam menyesuaikan pemilihan hari yang dianggap paling tepat, jika dibandingkan dengan menikah di akhir pekan.

2. Peluang untuk mendapatkan gedung pernikahan yang diinginkan lebih besar

Advertisement

Berpeluang mendapatkan gedung yang diinginkan via bucksrailcentre.org

Sudah menjadi hal lumrah jika banyak pasangan yang harus rela mengantri demi mendapatkan sewa gedung sesuai dengan waktu yang diinginkan. Apalagi jika gedung tersebut populer di kalangan masyarakat sekitar, maka antriannya nggak tanggung-tanggung, bisa sampai setahun sebelumnya. Nah, jika kamu merencanakan pernikahan di hari kerja, maka peluang mendapatkan sewa gedung akan lebih mudah, sekalipun gedung tersebut termasuk yang banyak diminati. Pemilihan hari kerja juga akan memberi kesempatan untuk menggelar pernikahan dalam waktu dekat, artinya kamu nggak harus menunggu lama untuk ketersediaan jadwal di tempat yang diinginkan.

3. Pesta pernikahan terasa lebih hangat dan intim karena hanya orang-orang terdekat saja yang bersedia meluangkan waktunya

Lebih intim via id.pinterest.com

Buatmu yang mendambakan suasana intim dan hangat dalam pesta pernikahan, pemilihan waktu di hari kerja sangat direkomendasikan. Pasalnya, bisa dipastikan bahwa tamu undangan yang hadir adalah mereka yang benar-benar rela meluangkan waktunya untuk bisa hadir di momen bahagiamu. Pesta pernikahan seperti ini umumnya hanya dihadiri oleh keluarga, kerabat, sahabat dan teman dekat saja. Momen ini menjadi kesempatanmu untuk merayakan sebuah pesta yang hangat dan akrab bersama orang-orang terdekat.

4. Kesempatan untuk mendapatkan layanan terbaik dari vendor berkualitas. Maklum lagi selaw

Vendor lebih maksimal via deborahmillercatering.com

Mayoritas vendor pernikahan biasanya sibuk di akhir pekan. Nggak jarang mereka menerima hingga 2-3 klien di hari yang sama setiap minggunya. Sehingga besar kemungkinan mereka nggak bisa fokus dan maksimal untuk menangani acaramu. Jika kamu merencanakan pernikahan di hari kerja, tentu para vendor akan memiliki jadwal yang lebih fleksibel karena nggak begitu sibuk seperti halnya di akhir pekan. Selain kamu akan mendapatkan pelayanan yang maksimal, kamu juga berpeluang mendapatkan harga terbaik, sebab biasanya mereka akan menerapkan sejumlah harga yang lebih murah di hari kerja.

5. Kamu bisa menciptakan liburan long weekend-mu sendiri. Lumayan ‘kan buat bulan madu?

Long weekend via www.weekendtriptravel.com

Jumat adalah salah satu hari yang tepat untuk melangsungkan pernikahan. Terutama jika kamu berencana melaksanakan pernikahan di luar kota. Dengan mengadakan pernikahan pada Jumat, kamu yang punya tanggungan langsung bekerja setelah menikah bisa merasakan bulan madu walau singkat. Selain itu, para tamu undangan yang datang dari luar kota nggak perlu buru-buru pulang ke daerah asal. Mereka pun bisa menginap dan menikmati kota tersebut lebih lama. Hal ini bisa merekatkan hubungan kedua belah pihak keluarga.

6. Tamu undangan bisa sedikit bersantai karena perjalanan menuju ke tempat pernikahan nggak terlalu macet

Jalanan cukup lengang via www.aktual.com

Salah satu kendala menghadiri pesta pernikahan di akhir pekan adalah terjebak kemacetan, terlebih jika tempat penyelenggaraannya di luar kota dan dekat dengan obyek wisata. Namun mereka bisa lebih bersantai karena perjalanan menuju tempat pernikahan nggak akan terlalu macet seperti di hari Sabtu atau Minggu.

7. Memilih hari kerja sebagai waktu pesta pernikahan memberi kesempatan untuk menghemat biaya

Hemat biaya via www.huffingtonpost.com

Jika kamu menggelar pesta pernikahan di hari kerja, tentu akan lebih mudah mendapatkan gedung atau tempat pernikahan yang diinginkan, pun dengan harga yang lebih murah daripada di akhir pekan. Selain tempat pernikahan, kamu juga tentu akan mempersiapkan sejumlah kamar hotel bagi para tamu dan kerabat yang akan datang dari luar kota. Kamu akan mendapatkan penawaran harga sewa kamar yang jauh lebih murah di hari kerja, sebab di akhir pekan pihak hotel biasanya akan menerapkan sejumlah harga yang terbilang tinggi karena banyaknya jumlah tamu yang menginap di tempat mereka.

Jika kamu berencana untuk mengadakan pesta pernikahan di hari kerja, tetap persiapkan segala sesuatunya dengan terencana agar momen pernikahan menjadi lebih istimewa. Jangan heran jika momen bahagia yang kamu rancang untuk terlaksana di hari kerja menjadi cibiran banyak orang. Biarkan saja berlalu, toh kalian yang menikah bukan mereka, namun pastikan kamu tetap memberi kabar pada teman-temanmu, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya