Kondangan ke nikahan teman biasanya bikin kita happy karena satu; kita ikut senang untuk teman yang akan memasuki hidup barunya dan dua; makan-makan gratis! Tapi, terkadang ada beberapa alasan yang membuat kita malas ke kondangan teman. Apa saja sih? Simak yuk. Dan yakin deh, alasan-alasan ini bisa jadi lebih memberatkan dari iming-iming makan gratis.

Undangan mepet, cari baju yang sesuai dengan dresscode pun jadinya susah

warna pastel? boleh lahh via www.huffingtonpost.com

Yaa, kalo dresscodenya masih sebatas hitam putih, serba putih, kasual rapi, dan yang seperti itu mungkin masih gampang carinya. Tapi ya, kadang kalau dresscode sudah memasuki tema-tema yang complicated dan wah seperti tema 70an, busana Maroko, dan sebagainya, kita pun kadang merasa sulit. Bukan malas keluar uang sih, tapi mungkin terkadang susah cari busananya di mana, alhasil lebih memilih nggak datang deh.

Tempat yang terlalu jauh, saking jauhnya akan memakan waktu dan biaya yang tak sepadan

nikah di Bali via indonesia.tripcanvas.co

Yah, alasan yang satu ini wajar sih ya. Kadang teman ada yang memilih di suatu tempat yang eksotis dan jauh dari peradaban. Contoh, Bali menjadi salah satu destinasi pernikahan yang paling umum bagi pasangan-pasangan muda. Lhah, kalau rumahnya memang di Bali nggak masalah sih. Tapi kalau kamu, let s say, tinggal di Palembang, kondangan ke Bali itu tampak seperti sesuatu yang fana.

Mungkin kamu menghindari pertanyaan-pertanyaan menusuk sukma layaknya Kamu kapan nyusul?

Advertisement

kapan nyusul? via www.rd.com

Sepertinya cukup butuh tiga kata saja untuk membuat orang takut datang ke kondangan, yaitu, Kamu kapan meyusul? Sepele sih, tapi pertanyaan macam ini nih yang bikin kesal lahir batin, merusak mood, dan bikin mempertanyakan hidup.

Atau kamu menghindari orang-orang yang selalu membawa petaka dalam hidupmu, meskipun kamu pengen banget ngucapin ke temanmu yang sedang berbahagia

orang-orang yang bikin males via www.popsugar.com

Mungkin musuh abadimu sejak SMA bakalan hadir di kondangan tersebut. Itu tuh, si itu yang sekali lihat mukanya aja langsung pengen jambak-jambak rambutnya. Daripada kamu beresiko untuk berantem atau mengacaukan acara nikahan temanmu, mending nggak usah datang sekalian. Benar nggak sih, girls?

Mungkin kamu malas datang karena nggak ada gandengan, duh keki bok dateng sendirian kayak orang ilang

sendirian aja via apracticalwedding.com

Bagi sebagian orang, mungkin datang sendirian ke acara nikahan teman itu berasa mendaki gunung Himalaya, dingin dan beresiko kehilangan arah. Iya sih ada teman-teman lain, lhah tapi kalau mereka juga sudah punya pasangan masing-masing gimana dong? Yang ada kamu disana garing berdiri sendirian tanpa gandengan.

Apalagi ketika kamu tahu bahwa bakal ada mantanmu di sana, sama gandengan barunya, waduh pedih

awkward… via fansided.com

Mungkin kamu bukan tipe yang nggak masalah datang sendirian. Toh, biasanya ada teman sesama jomblo yang mau diajak kondangan bareng. Tapi kalau kamu tahu kamu bakal ketemu mantanmu dan gandengan barunya, itu sih masalah baru lagi. Nggak bisa, girls, kamu nggak bisa datang sendirian kalau begitu caranya. Kamu wajib menunjukkan bahwa kamu juga sudah move on dan jangan sampai kamu melihat muka sombongnya ketika dia berpapasan bersama gandengannya sedangkan kamu sendirian.

Atau mungkin si mantan nggak bakal datang ke acara kondangan tersebut…sebagai tamu. Secara yang punya acara kondangan adalah si mantan. No, no, no

Yakin mau datang ke acara kondangan mantan? Seakrab-akrabnya kamu dan mantan, pasti ada sedikit rasa kompetisi di hati terkait siapa yang bakala move on duluan, apalagi kalau kalian putus dengan api yang masih membara di hati. Daripada sakit hati, mending nggak usah datang ke kondangannya deh.

Jadi, alasan mana yang sering bikin kamu malas datang ke kondangan teman?