Lupakan tentang menjadi fotografer, MUA, atau penyedia katering, kalau kamu belum punya pengalaman atau skill di bidang itu. Bisnis tentang pernikahan nggak hanya perkara itu saja kok. Kamu bisa melihat peluang dengan melakukan bisnis kecil-kecilan dengan modal (yang juga) kecil berbasis pernikahan. Meskipun kecil, tetapi dengan adanya kultur pernikahan jaman sekarang yang semakin trendi, bukan tidak mungkin bahwa bisnismu kelak akan menjanjikan pemasukan besar.

Tertarik untuk mencoba bisnis-bisnis di bawah ini?

Para pengantin biasanya terlalu repot untuk mengurus souvenir. Kamu bisa menawarkan jasa beli souvenir sekaligus membungkusnya


bisnis souvenir via www.satujam.com

Kamu tidak harus memroduksi sendiri souvenir yang akan kamu tawarkan. Kamu bisa melayani jasa pembelian souvenir sesuai budget pengantin, hingga proses pembungkusan dan pemberian label. Selain itu, margin kecil tetap bisa kamu lakukan asalnya jumlah pesanannya banyak. Untungnya tetap banyak kok. Oh iya, jangan lupa untuk sediakan nomor telepon dan Instagram di label kamu ya.

Photobooth sekarang seakan menjadi hal wajib yang ada di venue pernikahan. Kamu bisa membuat usaha membuat tulisan buat photobooth


tangkai tulisan yang lucu via www.emimieshop.com

Advertisement

Orang sekarang, trennya adalah berfoto sambil memegang tangkai tulisan dengan makna tertentu. Bisa Mr., Mrs., ‘jomblo’, ‘nunggu dilamar’, dan sebagainya. Selain sebagai lucu-lucu, juga bisa kamu ambil sebagai peluang bisnis lho. Cukup bermodal desain (yang sudah ada banyak di internet), lalu printer dan fotocopy-an terdekat. Kamu sudah bisa menciptakan peluang bisnis baru.

Kamu tidak perlu ahli desain untuk membuat undangan. Bisa juga dengan jasa mengurus undangan sekaligus tempel-tempelnya ‘kan?


jasa undangan via www.jatayugrafis.com

Jasa berbasis pernikahan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah bisnis mengurus undangan. Lagi-lagi, kamu tidak harus ahli desain. Cukup punya teman yang pintar mendesain, lalu sisanya (masalah fotocopy dan bungkus undangan) kamu yang lakukan. Kamu bisa mengambil untung dari jumlah undangan yang disebar. Semuanya memang perlu dilakukan dengan keberanian.

Menambah konsumsi dengan bikin camilan kecil buat nikahan. Siomay, roti maryam, biskuit adalah contohnya

camilan via www.facebook.com

Kalau yang menikah adalah teman sendiri, kamu bisa melobi dia untuk membuka stand makanan di resepsi. Makanan kecil seperti pempek, siomay, aneka roti bisa kamu taruh di pernikahan. Jangan lupa untuk memberikan diskon khusus untuk temanmu yang menikah. Selain kamu mendapatkan banyak orderan, kamu pun bisa pelan-pelan mengenalkan bisnis kamu ke khalayak umum.

Pernah kepikiran untuk membuka jasa buka kado? Urusan buka kado itu bikin capek lho. Coba tawarkan ini untuk pernikahan sahabatmu ya

kadonya sebanyak ini, mau buat apa? via www.flickr.com

Pernah kepikiran untuk buat jasa buka kado? Well, yang namanya pengantin itu bisa mendapatkan ratusan kado. Kalau harus membukanya satu-satu, gempor dong. Nah, untuk itulah kamu bisa menawarkan jasa buka kado sekaligus pencatatannya semisal: isinya apa, dari siapa, dsb.

Jasa bungkus serah-serahan. Bermodal lem tembak plus kreatifitas. Semuanya bisa dilakukan

jasa bungkus serah-serahan via thehouseofseserahan.com

Membungkus seserahan adalah hal yang relatif lebih mudah dipelajari dan modalnya kecil dibanding menjadi fotografer atau MUA. Ilustrasinya, jika menjadi fotografer harus belajar bertahun-tahun dan banyak jam terbang, kamu bisa membungkus seserahan dengan kursus singkat dan modal kreatifitas. Mau coba?

Menjadi wedding planner dan wedding organizer dadakan untuk pernikahan teman sendiri. Kenapa tidak?

membantu merencanakan pernikahan teman via thehouseofseserahan.com

Kamu bisa memulai bisnis jasa wedding planner dan wedding organizer dengan memanfaatkan teman kepercayaan. Perbanyak koneksimu ke gedung pernikahan, MUA, katering, dan semuanya yang ada di kotamu, lalu ‘jual’ itu ke temanmu yang hendak menikah. Kamu bisa mengusulkan banyak hal dan belajar budgetting pernikahan. Setelah itu, lambat laun kamu bisa membesarkan bisnis kamu dengan memperbanyak klien dan jam terbang.

Bagaimana? Daripada kamu terus menerus bosan ditanyain kapan nikah, mendingan cari duit dari ceruk pernikahan, bisa jadi modal nikah kamu nantinya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya