Pada dasarnya, tak ada aturan tertulis mengenai rentang umur antar pasangan saat akan menikah. Hanya ada stereotip bahwa menikah dikatakan ideal jika pasangan laki-laki-nya lebih tua daripada si wanita. Tapi kalau sudah bicara cinta, apapun bisa terjadi. Termasuk dengan rentang umur yang sangat jauh antara suami dengan istri, yang jika dibayangkan sepertinya nggak akan mungkin bisa terjadi.

Di Indonesia sendiri, awal tahun 2017 dikejutkan mengenai kabar pernikahan dengan jarak usia yang terpaut jauh mendadak viral karena adanya pasangan yang menikah dengan jarak usia 54 tahun! Adalah Martha Bate (82 tahun) dan Sofian Loho (28 tahun) yang lebih terlihat seperti nenek dan cucu dibanding pasangan suami istri. Keduanya berkenalan secara tak sengaja via telepon yang nyasar. Dari sinilah awal mula hubungan mereka berlanjut.

Martha merupakan seorang janda yang memiliki dua anak, anak perempuannya sekarang tinggal di Jerman dan anak laki-lakinya bekerja di Arab Saudi. Tentunya pernikahan Martha dan Sofian banyak ditentang karena mereka terpaut usia yang sangat jauh. Namun, cintalah akhirnya yang membuat mereka bersatu.

Ternyata, Martha dan Sofian Loho tak sendiri, ada banyak kisah serupa di dunia ini. Ini dia Hipwee Wedding rangkumkan untukmu!

1. Tak hanya pasangan dari Sulawesi Utara, ada juga sejoli asal Madiun di mana seorang pemuda 24 tahun menikah dengan nenek 67 tahun

Rokim dan Tampi. Jarak usia: 53 tahun via sumut.pojoksatu.id

Advertisement

Pernikahan  Rokim (24) dengan Tampi (67) betul-betul terjadi, Rabu ( 15/3/2017) malam lalu. Rokim mengakui, ia menikahi Tampi atas dasar cinta dan kasihan melihat Tampi hidup menyendiri terus. Meski berusia jauh lebih muda dibandingkan Tampi, pria yang tidak lulus SD ini mengaku tidak malu memiliki istri seorang janda yang berumur selisih 43 tahun dari umurnya. Ia yakin pilihannya tak salah karena baginya jodoh sudah ditentukan oleh yang Maha Kuasa.

2. Setelah berstatus duda, Mark Sungkar menikah lagi dengan seorang gadis yang sebenarnya lebih pantas jadi anaknya. Bayangkan saja, jarak usianya 45 tahun!

Mark Sungkar dan Istri. Jarak usia: 45 tahun via www.instagram.com

Mark Sungkar, figur publik yang juga ayah dari artis Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar bercerai dari Fanny Bauti pada tahun 2010 silam. 4 tahun kemudian, tepatnya pada 6 September 2014, Mark resmi menikahi Santi Asoka Mala, seorang gadis yang pada saat itu masih berusia 21 tahun, sedangkan Mark 66 tahun. Kalau dipikir-pikir, pasangan ini lebih layak dikatakan seperti ayah dan anak. Bayangkan saja, saat Mark 45 tahun, Santi baru saja dilahirkan! Lucu ya, tapi, nyatanya cinta yang akhirnya mempersatukan mereka.

3. Seorang miliarder yang menikahi model majalah Playboy dengan rentang usia 58 tahun. Karena cinta atau harta ya?

Richard Lugner dan Cathy Schmitz. Jarak usia: 58 tahun via www.zimbio.com

Banyak orang menyangsikan pernikahan ini dilandasi rasa cinta. Ya, wajar saja sih. Bayangkan seorang laki-laki berusia 82 tahun menikahi wanita 24 tahun. Mereka sebenarnya lebih pantas disebut pasangan kakek dan cucu ketimbang suami-istri. Tapi kejadian langka ini memang nyata terjadi saat seorang miliarder bernama Richard Lugner jatuh hati dengan Cathy Schmitz yang merupakan model majalah Playboy.

Saat pernikahan mereka dilangsungkan pada bulan September 2014 silam, banyak otang yang mencibir dan mencemooh Cathy, tapi Richard tidak perduli dengan perkataan orang lain, dia tetap menikahi Cathy karena cintanya pada gadis itu. Tapi bagaimana dengan Catchy? Apakah benar karena cinta? Hmm..hanya dia dan Tuhan yang tahu.

4. Yang ini lebih menghebohkan lagi, jarak usia keduanya 60 tahun! Itulah yang terjadi pada pasangan Crystal Harris dengan bos majalah Playboy, Hugh Hefner

Hugh Hefner and Crystal Harris. Jarak usia: 60 tahun. Gila! via www.youtube.com

Sampai sekarang, pasangan yang menikah pada 2012 lalu ini masih saja menuai banyak kontroversi. Bagaimana tidak, Crystal Harris berusia 26 tahun saat diperistri Hugh Hefner yang kala itu sudah berusia 86 tahun. Bayangkan saat kamu masih bayi merah yang baru saja dilahirkan, jodohmu adalah seorang kakek berusia 60 tahun. Tapi, kalau kakeknya sekaya Hugh Hefner, gimana? Mungkin Crystal Harris tak bisa menolak kekayaan dan segala harta yang bisa dia punya dengan menjadi istri seorang bos.

5. Ada seorang remaja berusia 16 tahun, rela dinikahi wanita seumuran ibunya berusia 53 tahun

Marilyn dan William. Jarak usia: 37 tahun via www.dailymail.co.uk

Adalah Marilyn, wanita asal Sussex yang pada saat menikah berusia 37 tahun lebih tua dibanding suaminya, William Buttigieg yang saat itu baru berusia 16 tahun. Meski pada akhirnya William dijauhi teman-temannya karena pilihan yang diambilnya ini, ia tak menyesal dengan keputusannya menikahi Marilyn. Sedangkan menurut Marilyn sendiri, Willian merupakan sosok pria yang berbeda dengan anak 16 tahun pada umumnya. Pria yang saat ini sudah berusia 25 tahun ini merupakan sosok dewasa yang tidak terlalu peduli dengan apa kata orang lain tentang dirinya.

6. Nggak cuma dialami para figur publik karena ketenaran atau hartanya, 2 sejoli ini menikah dengan jarak usia yang juga sangat jauh; 39 tahun

Edna Martin dan Simon. Jarak usia: 39 tahun via simonsurentudotcom.wordpress.com

Edna Martin, wanita berusia 78 tahun asal Inggris menikah dengan Simon, pemuda berusia 39 tahun asal Birmingham. Meski Edna berusia lebih dari setengah usia suaminya, mereka mengaku bahwa tak ada masalah berarti terkait dengan perbedaan usia yang terpaut jauh. Setelah mengucapkan janji pernikahan pada 2005 silam, Simon dan Edna langsung menjadi sorotan media, baik dalam maupun luar negeri. Ironisnya, mereka harus menghabiskan bulan madu di karavan karena media terus membuntuti. Udah kayak artis aja ya!

7. Ada wanita bernama Zhang Feng yang jatuh cinta dengan seorang Kakek yang usianya hampir 50 tahun lebih tua darinya

Suaminya lebih tua hampir 50 tahun dari sang istri via upstation.unipin.co.id

Kelihatannya mustahil ya, tapi ini memang nyata terjadi, lho! Kisah tentang sejoli asal China ini dimulai ketika pada tahun 2001, Zhang Feng dan ayahnya menderita penyakit yang sama. Kemudian datanglah seorang dokter baik yang mau merawat mereka. Dokter ini adalah Wen Shanglin.

Wen tinggal dirumah Zhang demi merawat Zhang dan ayahnya sampai tahun 2006. Saat ayah Zhang meninggal, dia merasakan kehilangan dan disanalah ada Wen yang mau menemani Zhang sepanjang waktu dan benih-benih cinta pun akhirnya timbul. Tiga tahun kemudian Zhang memberanikan diri untuk menyatakan perasaannya pada Wen. Dan tiga tahun pula mereka berjuang meyakinkan keluarga bahwa usia bukanlah soal. Akhirnya, April 2012 mereka menikah dan hingga kini pernikahan mereka sudah lengkap dengan hadirnya seorang anak mereka bernama Tian.

8. Terakhir, ada pasangan yang menikah dengan idolanya semasa dia SD. Iya, cinta memang se-ajaib itu

Li Yuchen dan Ma Yuqin. Jarak usia : 32 tahun via www.dailymail.co.uk

Nggak bisa diupungkiri kalau pasangan dengan rentang jarak usia yang sangat jauh banyak mendapatkan cibiran dari orang-orang sekitarnya. Diremehkan dan dihujat sudah barang tentu jadi makanan sehari-hari. Tapi, pasangan ini mampu mematahkan pendapat itu. Li Yuchen dan Ma Yuqin baru saja berbahagia karena hubungan mereka sudah memasuki tahun ke-18.

Sejak kecil, Li Yuchen sudah sering melihat akting Ma Yuqin yang merupakan artis lokal yang cukup terkenal di daerahnya. Bahkan, Ma pernah datang ke sekolah Li untuk melakukan pertunjukan. Li muda sering dikenalkan dengan banyak gadis oleh orang tuanya, namun ditolaknya. Sampai pada akhirnya saat usia 27 tahun, Li menikahi Ma, meski banyak pertentangan dari pihak keluarga. Saat ini Li sudah berusia 44 tahun sedangkan Ma berusia 76 tahun.

See, meski kelihatannya mustahil, nyatanya usia tak lagi jadi soal ketika cinta sudah lebih dulu muncul. Jadi, kalau mungkin saat ini jodohmu belum lahir di dunia, itu mungkin saja bisa terjadi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya