Hampir setiap orang dewasa yang telah menikah pastinya mengharap hadirnya anak di kehidupannya. Dan ketika hal itu terjadi, sudah menjadi hal yang wajib bagi orangtua untuk mendidik dan menyayanginya seumur hidup. Begitu pula ketika si anak sudah beranjak mampu berbicara dan mulai kerap menanyakan hal-hal yang baru diketahui. Dari yang sebelumnya hanya sesosok manusia yang kebutuhan utamanya hanya susu, lambat laun menjadi anak yang butuh untuk diajak berbicara.

Bagi orangtua, justru saat itulah masa-masa emas perkembangan anak dalam mencerna informasi. Oleh karena itu, jangan sesekali mengabaikan pertanyaan anak selugu apapun itu. Agar kamu yang masih menjadi calon orangtua menjadi lebih siap dengan pertanyaan-pertanyaan ajaib anak, Hipwee sediakan untukmu daftar pertanyaan ajaib yang pasti akan ditanyakan si anak kepadamu. Yuk simak!

1. “Kalau hujan-hujan ‘kan bikin sakit. Tapi mandi di kamar mandi kok nggak?”

Hujan senang via www.lovethispic.com

Saat hujan turun, ini jadi sebuah momen yang paling ditunggu anak-anak. Basah-basahan bersama teman sebayanya sambil mencipratkan air saja sudah bikin mereka sumringah. Tapi sebagai orang dewasa, kamu sudah was-was, cerewet, dan nggak sabar meminta mereka untuk pulang.

“Dek, jangan hujan-hujan. Nanti kamu sakit!”

“Kenapa hujan-hujan bikin sakit? Tapi kalo main air di kamar mandi nggak. ‘Kan sama-sama main air?”

Advertisement

Nah, kamu perlu menyiapkan jawaban yang mudah dan mudah dicerna anak-anak ya tentang bedanya air hujan dan air yang sudah sampai di kamar mandi.

2. Mereka akan bertanya, kira-kira kemana ya matahari pergi saat malam tiba

Senja dan anak-anak via dhita20.blogspot.co.id

“Ma, kalau malam matahari jalan-jalan kemana sih? Tiba-tiba diganti sama bulan aja gitu.”

Mereka akan menanyakan hal ini saat senja tiba. Ketika matahari sudah tenggelam dan hari jadi gelap. Nah, kalau ditanya begini, kira-kira kita harus jawab apa nih?

3. Saat naik mobil dan kereta, mereka akan amazed dan bertanya kenapa pohonnya ikut jalan

Naik kereta api tut tut tut via blog.amtrak.com

Bepergian dengan kendaraan seperti mobil dan kereta api, selalu jadi hal seru buat anak kecil. Apalagi saat dia melihat pohon-pohon yang dilewati seakan ikut berjalan dan mengikuti mereka.

“Wah, kok bisa ya pohonnya bisa ikutan jalan ngikutin kita?”

Dalam hati kamu menjawab, “Kamu akan tahu saat dapet pelajaran IPA ya, Nak. Hehehe.

4. Cepat atau lambat, anak kecil akan bertanya “Caranya biar bisa masuk ke TV gimana ya?”

Anak nonton TV via psikologan.blogspot.co.id

Layar TV dan layar gadget yang ramping, sekarang ini nggak pernah lepas dari jangkauan anak-anak. Yakin deh, mereka pasti bertanya-tanya tentang caranya biar bisa masuk TV itu bagaimana. Tinggal tunggu waktu saja, dan siapkan jawabannya. Hehehehe.

5. Saat dia bertanya “Ikan kok nggak pernah tidur ya, Ma?”

kenapa ikan nggak pernah bobo? via www.brilio.net

Keingintahuan anak itu luar biasa besarnya. Saat kamu dan anakmu ke pasar dan nggak sengaja melewati penjual ikan, siap-siap diberondong pertanyaan tentang kenapa ikan nggak pernah tidur.

Sebelum sempat menemukan jawaban, kamu akan dibuat terpingkal dan tertawa saat melihat wajah polosnya.

6. Kenapa sekarang sudah nggak ada dinosaurus?

kenapa mereka sudah nggak ada? via cerpin.com

Ngaku deh, kamu yang pernah jadi anak kecil pastinya merasa bahwa dinosaurus adalah hewan reptil yang keren. Ukurannya yang besar, makannya rumput, dan bisa memangsa hewan lain membuat dinosaurus menjadi hal yang diimajinasikan oleh anak-anak. Begitu pula dengan anak-anakmu kelak. Sedikit banyak akan ada pertanyaan kenapa hewan purba itu nggak bisa ditemui di era modern ini. Kamu sebagai orangtua, sudah siap dengan jawaban “Dinosaurus sekarang sudah jadi bensin yang mengisi kendaraan kita, Nak”?

7. Kenapa orang dewasa harus bekerja? Kenapa adek nggak bisa punya waktu banyak sama Ayah dan Ibu?

Papa ke mana? via keranews.org

Anak yang ingin lebih banyak menghabiskan waktu bersama orangtuanya pasti kerap mengeluh kenapa mereka jarang di rumah. Terutama bagi yang kedua orangtuanya bekerja. Untuk itulah sebagai orangtua kamu harus pintar-pintar memberi pengertian kenapa harus bekerja, dan manusia butuh uang untuk melakukan banyak kegiatan misalnya untuk sekolah anak, uang saku hingga masa depan si anak. Biar bagaimanapun juga, orangtua bekerja untuk anak juga ‘kan?

8. Kalau hewan disembelih, nyawanya masuk surga nggak?

Bu, hewan mati perginya ke mana? via drkimblackham.com

Ketika si anak sudah mulai makan daging, misalnya daging ayam, sapi dan sebagainya, bisa jadi dia anak penasaran bagaimana nasib si ayam tersebut. Apakah si ayam akan masuk surga? Atau apakah ayam akan merasa sakit ketika disembelih? Apakah ayam punya perasaan? Apakah induk si ayam akan mencari anaknya?

Begitulah contoh-contoh pertanyaan ajaib anak kecil yang kadang bikin orangtua geleng-geleng kepala bingung sendiri. Tapi tenang saja, meskipun ajaib, itulah tanda bahwa si anak tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Tak perlu khawatir kok. Nah, untuk menemani tumbuh kembang anak agar dia menjadi pribadi yang tangguh, beri ia susu Dancow Fortigro yang mengandung nutrisi agar ia semakin #SiapSekolah. Dijamin deh, setelah itu pertanyaan-pertanyaan ajaib anak akan datang silih berganti.

Lalu kamu akan sadar bahwa anakmu jauh lebih cerdas dari kamu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya