Ketika kamu dan pasangan memutuskan untuk menikah, akan banyak persiapan yang sudah menanti. Berbagai persiapan kalian lakukan dengan bantuan dari kerabat dan juga vendor. Persiapan pernikahan ini harus penuh kematangan agar saat hari H nanti berjalan dengan lancar. Nah, salah satu persiapan yang cukup memakan waktu yaitu menentukan tanggal pernikahan.

Meskipun hanya menentukan tanggal, tapi hal ini cukup membuat kalian ribet lho. Yah gimana nggak ribet, namanya juga menentukan tanggal hari besar dua keluarga. Kalau salah memilih tanggal, kalian bisa rugi juga karena tamu yang datang sedikit atau ada pihak keluarga yang nggak bisa menghadiri.

Kamu tentu nggak mau dong hal ini terjadi? Makanya, simak yuk 9 hal yang perlu kalian perhatikan dalam menentukan tanggal pernikahan. Biar pernikahanmu berjalan lancar dan membahagiakan bagi seluruhnya.

  1. Kamu perlu memperhitungkan dengan baik antara selesainya persiapan pernikahan dengan penentuan tanggal. Berikan jeda minimal sebulan agar kalian punya cukup waktu untuk relaksasi sebelum pernikahan.

berikan jeda untuk istirahat, gak usah buru-buru via www.evolllution.com

Advertisement

Kalau tanggal 30 April gimana?

Eh jangan. Masa 2 minggu jedanya. Kita belum cukup istirahatnya itu.

Karena hari pernikahan membutuhkan persiapan yang matang, kamu nggak harus terburu-buru menentukan tanggalnya. Beragam persiapan yang kalian lakukan pasti menguras tenaga dan pikiran. Belum lagi persiapan tersebut kalian lakukan disela-sela pekerjaan yang menumpuk. Oleh karena itu, kalian butuh jeda yang baik agar waktu untuk relaksasi menjelang pernikahan mencukupi. Minimal waktu jeda sebulan lah, dengan demikian kalian sama-sama tampil fresh saat pernikahan nanti.

  1. Selain hari membahagiakan, pernikahan juga menjadi hari yang cukup melelahkan. Untuk itu, pilihlah tanggal yang kira-kira pekerjaan tak terlalu banyak.

jangan ambil tanggal pas masih bulan-bulan deadline pekerjaanmu via www.businessinsider.com

Dengan aktivitas bekerja yang melelahkan, kamu harus pandai mengatur waktu mempersiapkan pernikahan. Pekerjaanmu pasti memiliki deadline di waktu-waktu tertentu. Oleh karenanya, pilihlah tanggal pernikahan saat pekerjaanmu lagi nggak terlalu banyak dan dikejar deadline. Nggak kebayang kan kayak gimana kalau setelah menikah, lalu keesokan harinya kalian sibuk sama deadline kantor? ;(.

  1. Perhatikan juga cuaca di daerahmu, apalagi kalau memilih lokasi outdoor.

perhatikan musimnya via arielrenaephoto.com

Eh lo nikah udah direncanain mau kapan?

Maunya sih nanti pas Februari.

Serius? Itu kan masih musim hujan.

Dalam menentukan tanggal pernikahan, yang perlu kamu perhatikan yaitu cuaca. Hipwee sarankan sih hindari bulan-bulan musim hujan agar pernikahanmu berjalan lancar. Apalagi kalau lokasi pernikahan di ruangan terbuka, lebih baik dipindah aja deh tanggalnya. Saat musim hujan pun, para tamu akan berpikir 2 kali untuk menghadiri pernikahanmu.

  1. Gak ada salahnya kalau kamu memilih bulan-bulan yang sepi pernikahan, biar gak rebutan vendor dan gedung.

nanti bisa rebutan hehe via mathildia.tumblr.com

Biasanya bulan-bulan yang banyak orang menikah saat menjelang dan setelah hari raya Idul Adha nih. Kadang, setelah hari raya Idul Fitri juga lho. Kedua waktu-waktu tersebut dinilai merupakan bulan baik yang penuh berkah. Nggak apa-apa sih kalau kamu mau pilih tanggal pada kisaran waktu itu, namun biasanya kamu jadi rebutan vendor dan gedung. Yang seperti ini secara nggak langsung akan membuat kamu pusing juga karena harus mencari-cari lagi vendor dan gedung lainnya.

  1. Menghindari menikah di bulan ramai membuat kamu dan pasangan mengirit budget Karena saat bulan-bulan ramai itu biasanya vendor dan gedung akan menaikkan harga.

apa? harganya jadi mahal banget via people.theiapolis.com

Saat bulan-bulan ramai, biasanya para vendor dan gedung menaikkan tarif lho. Bagimu yang ingin mengirit budget, nggak ada salahnya menghindari menikah pada bulan-bulan tersebut. Pilihlah bulan-bulan yang sepi pernikahan, misalnya aja Mei-Agustus. Pppssttt, udah nggak musim hujan juga kan?

  1. Biar pernikahan semakin berkesan, memilih tanggal spesial juga bisa. Misalnya aja tanggal jadian atau ulang tahun salah satu dari kalian.

bisa aja pas tanggal ulang tahun salah satu dari kalian hehe via www.deko-manufaktur.com

Namanya juga salah satu momen penting dalam hidup, pasti inginnya berkesan dong. Makanya, pemilihan tanggal spesial bisa menjadi salah satu pilihan nih biar hari bahagiamu berkesan. Kamu dan dirinya bisa memilih tanggal ulang tahun salah satu dari kalian atau tanggal jadian lho. Bisa juga tanggal tunangan atau tanggal-tanggal cantik yang biasanya ada setiap tahunnya. Dijamin deh pernikahan kalian akan selalu dikenang. ;D

  1. Hari libur juga bisa kamu ambil, asalkan hari liburnya jatuh pada hari kerja ya. Biasanya harga vendor dan gedung lebih murah dan para tamu banyak yang datang.

hati-hati kalau ambil pas liburan panjang via www.google.com

Mengambil tanggal pernikahan di hari libur menjadi salah satu alternatifmu dan pasangan. Apalagi hari libur yang jatuhnya pada hari kerja, tamu-tamu yang hadir bisa diperkirakan banyak yang datang nih. Harga gedung dan vendor akan jatuh lebih murah. Sedangkan kalau hari liburnya kamu ambil saat liburan panjang, kamu akan rugi. Karena para tamu akan banyak yang memilih menghabiskan waktu liburannya dengan keluarga dan teman-teman. Mereka udah punya acara sendiri-sendiri.

  1. Ada juga sih yang kondangan justru di hari kerja. Kalau harus begini, antisipasi dari jauh-jauh hari supaya temanmu bisa cuti.

kalau ambil pas hari kerja, kabarkan dari jauh-jauh hari ya via www.dreamstime.com

Kadang, hasil diskusimu bersama pasangan dan keluarga besar menjatuhkan pilihan tanggal pernikahan di hari kerja. Kalau seperti ini, kamu perlu memberitahu para undangan agar mereka bisa mengatur waktunya dengan baik. Misalnya aja mereka bisa mengantisipasinya dengan mengambil cuti sehari supaya bisa datang ke pernikahanmu atau bekerja setengah hari.

  1. Kamu dan pasangan juga perlu mengetahui nih apakah ada kerabat menyelenggarakan pernikahan di tanggal yang sama. Kalau tanggal bertabrakan, para tamu yang hadir kemungkinan berkurang.

kalau tanggalnya sama, kemungkinan tamu berkurang via wolipop.detik.com

Hal satu ini perlu kamu lakukan juga karena saat tanggal pernikahanmu ternyata bertabrakan dengan kerabat yang lain, maka akan berpengaruh terhadap kehadiran para tamu. Bisa aja mereka jadi memilih datang ke salah satu pernikahan aja atau nggak sempat karena lokasi undangan yang berjauhan. Tentu hal ini akan menghabiskan waktu di jalan.

Karena hari pernikahan itu sangat penting dan merupakan salah satu momen penting, makanya jangan sampai salah menentukan tanggal ya. Kamu dan pasangan harus memikirkan dengan baik-baik dan perlu membicarakannya dengan keluarga juga. Jangan sungkan untuk menanyakan teman-teman, siapa tahu pendapat mereka bisa menjadi pertimbangan. Selamat menentukan tanggal pernikahan ya!