Bunga adalah hal yang nggak pernah luput sebagai dekorasi pernikahan, baik di dalam maupun di luar negeri. Contohnya di Indonesia kita mengenal bunga melati. Secara tradisional, bunga melati adalah bunga yang paling sering dijadikan hiasan pengantin dan ritual pernikahan. Sedangkan di budaya modern, bunga lain misalnya mawar juga menjadi pilihan sebagai penghias hari jadi suami-istri.

Saat ini kita mengenal banyak bunga untuk upacara pernikahan. Bebungaan itu dijadikan hiasan busana pengantin, hiasan pelaminan, sampai dekorasi agar terlihat lebih semarak. Nah, apa saja sih contoh bunga-bunga yang bisa dijadikan penghias di acara pernikahan? Simak yuk.

Bunga Melati. Bunga yang harumnya khas ini sudah menjadi sebuah tradisi dalam pernikahan Nusantara. Tak heran ia dijadikan bunga nasional

ronce bunga melati via www.instagram.com

Bunga melati memiliki banyak sekali makna bagi kita orang Indonesia, terutama ketika digunakan dalam pernikahan. Selain menjadi bunga nasional kita, bunga melati juga pertanda kesucian dan kemurnian kedua mempelai. Aromanya yang khas pun turut menjadi penanda bahwa pemakainya baru saja menikah. Bunga melati inilah yang bikin para pengantin sudah tidak butuh parfum lagi, karena sudah wangi.

Bunga mawar merah. Bunga yang melambangkan cinta yang membara untuk pengantin yang sedang dimabuk kasih

buket mawar merah via arielyve.com

Advertisement

hiasan meja mawar merah via junebugweddings.com

Bunga mawar merah memang sudah umum diketahui sebagai bunga cinta. Ketika digunakan dalam pernikahan, bunga mawar merah bukan saja membuat pernikahan terlihat spesial dan mahal, tapi juga melambangkan cinta dan gairah kedua mempelai.

Mawar putih. Saudara mawar merah yang lebih sering digunakan sebagai perlambangan keperawanan dan kesucian

buket mawar putih Sandra Dewi via www.instagram.com

dekor pintu masuk mawar putih via blog.karentran.com

Mawar putih ternyata jauh lebih sering digunakan dalam pernikahan daripada mawar merah. Hal tersebut dikarenakan mawar putih adalah sebuah perlambangan kemurnian dan kesucian. Oleh karena itu mawar yang ini cocok sebagai dekorasi pasangan pengantin muda yang baru menikah pertama kali.

Bunga Krisan atau Seruni. Bunga beraroma kuat nan cantik yang hadir dalam berbagai warna

bunga seruni putih yang dicampur mawar pink via www.modwedding.com

Bunga krisan atau seruni juga sering banget dijumpai dalam pernikahan dalam negeri, mungkin juga karena biayanya yang relatif murah dan mudah didapat di Indonesia. Bunga krisan sendiri memiliki simbol dalam budaya Cina sebagai pemersatu, sehingga bunga ini juga sering digunakan dalam pernikahan adat Tionghoa.

Bunga Anggrek. Bunga khas Indonesia yang melambangkan keistimewaan kamu dan dia

bunga anggrek sebagai hiasan meja pernikahan via www.modwedding.com

Bunga anggrek adalah salah satu bunga yang paling mahal untuk digunakan dalam pernikahan. Jika satu tangkai mawar bisa dihargai sekitar 5 ribu rupiah, setangkai anggrek bisa dihargai sekitar 120ribuan per pot. Oleh karena itu, jika pernikahanmu dihiasi dengan bunga anggrek, itu tandanya kamu makmur, hehe.

Bunga Lily. Si mahal yang elegan cocok untuk kamu yang punya budget berlebih

lily sebagai hiasan altar via www.insideweddings.com

Bunga lily adalah salah satu bunga yang paling cantik untuk digunakan dalam pernikahan. Bunga lily memiliki aroma yang sangat lembut dan tidak terlalu semerbak. Plus, bentuknya yang elegan datang dengan berbagai macam pilihan warna yang memukai. Sayangnya, bunga yang satu ini memang lebih cocok untuk mereka yang punya budget berlebih, secara satu batangnya dihargai sekitar 50ribuan.

Bunga Daisy atau Gerbera. Ekonomis dan cantik, pas untuk acara pernikahan. Auranya membawa nuansa ceria bagi kedua mempelai

bridesmaid membawa buket daisy oranye via www.marrymetampabay.com

Mungkin kamu sering menjumpai bunga Daisy atau Gerbera di segala macam acara selain pernikahan. Ya, memang bunga ini cocok untuk segala macam acara karena tidak cuma cantik tapi juga sangat ekonomis. Harganya kurang lebih sama dengan harga mawar atau bahkan kurang. Selain itu, bunga ini sering dianggap memiliki makna berbagi rasa yang pas banget buat para pengantin.

Carnation atau Anyelir. Bunga cantik yang terlihat megar sebagai penanda kasih sayang yang selalu mekar. Selain itu, ekonomis pula kok

buket anyelir punk via www.stylemepretty.com

hiasan bunga anyelir gantung via www.instagram.com

Bunga anyelir juga menjadi salah satu bunga yang paling ekonomis untuk dijadikan dekor pernikahan. Tak hanya itu, bunga anyelir juga memiliki tekstur megar dan penuh yang cantik sekali untuk dijadikan hiasan maupun buket bunga.

Bunga Tulip. Bunga asal negara Kincir Angin yang berkesan spesial sebagai perlambangan cinta kasih

tulip sebagai penghias meja resepsi via bellaflowersinc.wordpress.com

Memakai dekorasi bunga tulip untuk pernikahan memang menambah kesan spesial. Bunga tulip yang notabene adalah bunga asing pasti sering dianggap mahal. Padahal, untuk ukuran bunga luar Indonesia, bunga tulip harganya relatif murah karena hanya dijual sekitar 30ribuan/tangkai. Tentunya hal tersebut dikarenakan bunga tulip yang sudah bisa ditanam di iklim lokal.

Baby s Breath. Bunga kecil nan imut yang identik dengan pernikahan modern

baby’s breath di nikahan Sandra dewi via www.instagram.com

sebagai buket via www.instagram.com

Berbeda dengan bunga-bunga sebelumnya, tampaknya baby s breath memang baru menjadi tren akhir-akhir ini. Bentuknya yang kecil-kecil menggumpal bisa menjadi hiasan yang cantik dan chic. Bunganya cukup sederhana disertai aroma yang juga lembut, namun baby s breath bisa membuat pernikahanmu terlihat anggun dan modern.

Jadi, yang mana bunga yang akan kamu pilih untuk mendominasi dekorasi pernikahanmu nanti?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya