Selain kamu butuh calon, menyelenggarakan resepsi pernikahan tentu akan selalu membutuhkan tempat atau venue-nya. Namun, nggak sedikit calon pengantin yang kesulitan mendapatkan tempat karena keterbatasan dana yang dimiliki, lalu memilih menyelenggarakan resepsi pernikahannya di rumah sendiri untuk menghemat biaya.

Pertimbangannya, tempat yang dipilih haruslah nyaman bagi tamu, punya area parkir luas, berlokasi strategis dan tentunya sesuai dengan bujet yang ada. Nah, apa kabar kamu yang tinggal di Jakarta? Kota besar yang notabene jarang ada lahan yang luas yang dimiliki? Mau nggak mau, gedung akan menjadi salah satu pilihan tempat untuk menggelar pesta pernikahan, bukan?

Jangan galau dulu, ternyata masih ada lho gedung di Jakarta dengan harga sewa di bawah 10 juta. Untuk ukuran kota besar, harga ini tentu sangat terjangkau. Berikut Hipwee Wedding kasih list-nya!

1. Gedung Kementrian Departemen Pertanian (Deptan) di kawasan Jakarta Selatan ini jadi favorit di kalangan calon pengantin karena harganya yang cukup terjangkau

Salah satu alasan yang membuat gedung Deptan sangat populer adalah kapasitas gedung dan area parkir sangat luas dengan harga yang terjangkau. Sebaiknya kamu booking setahun sebelum jadwal pernikahan kalau nggak mau keduluan pasangan lain.

Advertisement

Harga sewa: Rp 8,2 juta

Kapasitas: 2.000 orang

Alamat: Jalan Harsono RM Nomor 3, Jakarta Selatan

2. Jika kamu memimpikan pernikahan dengan tema Jawa yang kental, gedung Balai Makarti Muktitama Depnakertrans ini bisa jadi pilihan

Selain harga yang terjangkau, kelebihan gedung ini adalah lokasinya yang strategis, dekat dari stasiun dan apartemen Kalibata, langit-langit gedung yang cukup tinggi dari kayu-kayu yang tampak klasik dan menyerupai joglo, juga tersedia lahan parkir yang cukup luas.

Sayangnya, kamu nggak bisa membawa sembarang katering, karena gedung ini sudah memiliki vendor-vendor rekanannya sendiri.

Harga Sewa: Rp 5 juta

Kapasitas: 800 orang

Alamat: Jalan Raya Kalibata nomor 17, Jakarta Selatan

3. Masih berlokasi di Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan TB Simatupang, gedung Graha El Nusa juga menawarkan harga sewa relatif terjangkau

gedung elnusa via ravansfamily.blogspot.co.id

Gedung ini berlokasi di kawasan strategis dan mudah diakses dari mana saja. Kapasitasnya yang cukup besar menjadikan gedung ini jadi rekomendasi tempat hemat untuk menggelar resepsi pernikahan.

Harga Sewa: Rp 8 juta (siang hari), Rp 9 juta (malam hari)

Kapasitas: 800 orang

Alamat: Jalan TB Simatupang, Cilandak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

4. Gedung Graha Kencana BKKBN yang terletak di kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur ini merupakan gedung favorit juga

Selain harga sewa terjangkau, kapasitasnya juga cukup besar. Hal ini dapat terlihat dari kondisi langit-langit gedung yang tinggi sehingga memberikan kesan lega. Keunggulan lainnya adalah area parkirnya yang luas.

Harga Sewa: Rp 9 juta

Kapasitas: 1.000 orang

Alamat: Jalan Permata 1 Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

5. Ciri khas dari Museum Purna Bhakti Pertiwi dengan bentuknya yang unik menyerupai nasi tumpeng juga bisa kamu tilik venue-nya

Purna Bhakti Pertiwi via en.wikipedia.org

Para tamu Anda akan dengan cepat dan mudah menemukan keberadaan gedung ini karena bentuknya yang unik. Yup, Museum Purna Bhakti Pertiwi ini sangat arsitektur dan ikonik. Lokasinya berada di dalam area Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Harga Sewa: Rp 8 juta

Kapasitas: 700 orang

Alamat: Jalan Taman Mini I, Jakarta Timur

6. Beralih ke kawasan Jakarta Pusat, aula yang ada di Gedung Aneka Bhakti, Departemen Sosial bisa kamu masukkan dalam daftar gedung resepsi pernikahan

gedung aneka bhakti via r-nhanachapter.blogspot.co.id

Jika gedung ini masuk dalam daftar utama untuk mengadakan resepsi pernikahanmu, segeralah mem-booking-nya. Keunggulan gedung ini antara lain lahan parkir luas, kapasitas cukup besar dengan harga sewa di bawah Rp 10 juta.

Harga Sewa: Rp 9 juta

Kapasitas: 1.000 orang

Alamat: Jl. Salemba Raya, Jakarta Pusat

7. Jika kamu ingin melangsungkan akad nikah sekaligus resepsi pernikahan, Masjid Al-Bina bisa kamu jadikan andalan

masjid al-bina via simomot.com

Berada di area strategis tentu memudahkan para tamu untuk hadir ke pernikahanmu. Pun, salah satu keunggulannya adalah desain gedung bergaya arsitektur khas Timur Tengah sehingga Masjid Al-Bina ini punya daya tarik tersendiri.

Harga Sewa: Rp 6,5 juta

Kapasitas: 1.500 orang

Alamat: Jalan Pintu Satu Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat

8. Buatmu yang berdomisili di Jakarta Utara, jadikan Auditorium Gelanggang Remaja sebagai alternatif utama

gelanggang remaja via aspirasirakyat1.blogspot.co.id

Gedung yang terletak bersebelahan dengan komplek Kantor Walikota Jakarta Utara tentu akan dengan mudah ditemukan para tamu. Beberapa keunggulan lainnya adalah lahan parkir yang luas dan mampu menampung tamu dengan volume cukup besar.

Harga Sewa: Rp 5 juta

Kapasitas: 600 orang

Alamat: Jalan Kom. L. Yos Sudarso nomor 25-26, Tanjung Priok, Jakarta Utara

9. Jika kamu adalah mahasiswa atau alumni Universitas Mercubuana, bisa memperoleh diskon ekstra 10-20% di Masjid Manarul Amal Mercubuana

masjid mercubuana via pendaftaran.mercubuana.ac.id

Lokasi masjid ini persis depan Universitas Mercubuana, Jakarta Barat. Keberadaannya juga sangat mudah ditemukan para tamu karena terletak di depan jalan tol. Harga sewa yang berkisar antara Rp 6-7 jutaan merupakan penawaran yang sungguh menggiurkan.

Harga Sewa: Rp 6 juta

Kapasitas: 1.000 orang

Alamat: Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat

Gedung menjadi salah satu hal krusial dalam perencanaan pernikahan. Karenanya, pertimbangkan baik-baik di mana kamu akan memilih tempat resepsi pernikahan karena kapasitas dan harga sewa venue pernikahan akan menentukan pengeluaranmu selanjutnya.

Kalau kamu punya referensi lain, silahkan tinggalkan komentar di kolom bawah ini, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya