Mengucapkan selamat untuk teman atau saudara yang baru saja menikah pastinya menjadi suatu keharusan di mana dari situ, kita menunjukkan rasa turut bahagia atas pernikahan mereka. Sayangnya, banyak di antara kita yang terkesan basa-basi dalam memberikan ucapan selamat tersebut. Padahal, ucapan kita bisa menjadi do’a yang berarti lho buat kedua mempelai.

Tapi, suka bosan nggak sih dengan ucapan selamat menikah yang biasanya cuma ‘selamat menempuh hidup baru’? Nah, Hipwee Wedding kasih beberapa ide ucapan selamat menikah biar nggak cuma itu-itu aaja. Check this out!

1. Jika kedua mempelainya muslim, mengucapkan ‘semoga menjadi keluarga SaMaWa’ dirasa paling pas dan elegan

Semoga samawa ya

Semoga samawa ya via www.tribunnews.com

Untuk kamu yang beragama islam, ‘semoga menjadi keluarga samawa’ adalah ucapan yang paling sering digunakan. Kamu sendiri sudah tahu belum apa arti samawa? Samawa merupakan singkatan dari Sakinah, Mawaddah dan Warrahmah.

Sakinah dalam bahasa Arab memiliki arti kedamaian, tenang, tentram, dan aman. Mawaddah bisa diartikan cinta atau sebuah harapan. Sedangkan Warrahmah dalam bahasa Indonesia dapat diartikan “dan kasih sayang”

Jadi, kalau kamu memberi ucapan selamat untuk temanmu yang menikah dengan ucapan ‘semoga menjadi keluarga samawa’, otomatis ada do’a yang terselip di dalamnya agar kelak mereka menjadi pasangan yang penuh kedamaian, cinta dan kasih sayang.

2. Untuk sesama cowok, ucapan ini nih yang cocok, ‘Ciyeee, akhirnya nikah, Bro! Selamat ya, semoga ‘sukses’!’

sukses, Bro

sukses, Bro via www.instagram.com

Ucapan kayak gini biasanya sih ditujukan untuk mempelai laki-laki. Maksud ‘sukses’ disini lebih kepada kata kiasan agar sukses dalam menempuh malam pertamanya. Ehm, jangan tegang, Bro. Semoga ‘sukses’ ya!

3. ‘Tahu-tahu udah nikah aja. Selamat ya, semoga cepet dapat momongan’, adalah ucapan sederhana, tapi dalam maknanya

semoga cepet dapet momongan

semoga cepet dapet momongan via www.pexels.com

Termasuk yang paling sering diucapkan, ‘semoga cepet dapet momongan’ juga menjadi do’a yang sebenarnya paling ditunggu-tunggu dari pasangan yang baru saja menikah. Mereka pastinya penuh harap agar pernikahannya kelak segera dikaruniai buah hati, yang nantinya akan menjadi penghias di setiap jalannya hari.

4. ‘Dulu kuliah bareng, ke mal bareng, wisuda bareng, nikah kok duluan? Tapi, semoga langgeng sampai akhir hayat, ya!’

akhirnya...

akhirnya… via instagram.com

Banyak dari kita yang punya sahabat dekat yang ke mana-mana selalu bareng. Dari mulai makan, tidur, jalan-jalan, kuliah sampai wisuda bareng. Tapi, kalau soal menikah, kadang takdir berkata lain. Bisa jadi, sahabat kita duluan yang melenggang ke pelaminan. Do’a terbaik tentunya yang patut kita berikan, semoga langgeng sampai maut memisahkan.

5. ‘Turut berbahagia atas pernikahan kalian, doakan aku segera menyusul…’ juga bisa nih jadi alternatif ucapan

aku juga pengen!

aku juga pengen! via www.pexels.com

Nah, kalau yang satu ini selain mengucapkan selamat berbahagia, si pemberi ucapan juga kayaknya sih udah ngebet nikah juga. Hahahaha…

6. Atau, ucapan puitis seperti ini bisa kamu tulis di kartu ucapan dalam kado yang kamu kirim ke kedua mempelai

Kado pernikahan

Kado pernikahan via www.pexels.com

Selamat mengarungi biduk rumah tangga, semoga kalian dapat saling menyukai di kala dekat, saling melindungi kehormatan di kala jauh, saling menghibur di kala duka, saling mengingatkan di kala suka, saling mendoakan di dalam kebaikan, serta saling menyempurnakan di dalam beribadah.

So sweet ‘kan?

7. ‘Akhirnya bisa bobok berdua juga! Semoga nggak sampai ninggalin kerja buat ndusel-ndusel berdua, ya!’ Ngaco sih, tapi nggak apa-apa kok

semoga nggak nyesel ya!

semoga nggak nyesel ya! via www.pexels.com

Entah nyindir atau kesal, ucapan seperti ini juga nggak ada salahnya kamu ucapkan ke kedua temanmu yang baru menikah, kok. Meski agak nyeleneh, masih ada harapan-harapan baik yang tentunya kamu tanam di sana bukan? So, nggak ada salahnya.

8. Kalau mau agak ke barat-baratan, ucapkan kalimat ini saja, ‘Happily ever after starts here…congratuliations!’

congratz!

congratz! via washingtonian.com

Lagi-lagi soal do’a terbaik yang memang wajib kamu berikan ke temanmu yang akhirnya melenggang ke pelaminan. Kalimat yang berarti ‘kebahagiaan tiada akhir akan di mulai di sini’ ini akan sangat cocok kamu tuliskan di sebuah kertas, atau bahkan kamu ucapkan langsung.

9. Atau, hadiahi temanmu dengan, ‘Berdua memang lebih baik. Jaga dan sayangi pasanganmu sebaik mungkin, ya!’

berdua lebih baik

berdua lebih baik via pexels.com

Siapa sih yang nggak suka kalau diberikan ucapan semacam ini? Ya, temanmu juga pasti akan senang sekaligus terharu kalau kamu mengucapkan kalimat sederhana ini di hari pernikahannya.