Setelah Hipwee wedding membahas tentang prosesi mitoni atau tujuh bulanan beberapa hari lalu, kayaknya pas banget kalau kita juga membahas prosesi tujuh bulanan versi barat yang biasa disebut sebagai Baby Showers. Sebenarnya apa sih baby showers ini? Terus bedanya sama acara mitoni atau tujuh bulanan apa dong? Cek jawabannya di bawah ini.

Baby Shower bukan acara memandikan bayi, tapi acara mengguyur bayi dengan hadiah-hadiah lucu

baby shower via www.alexibullock.com

Baby shower? Maksudnya memandikan bayi? Bukan ternyata, girls. Baby shower sendiri mengacu pada dimandikannya si jabang bayi dengan berbagai macam kado yang akan berguna bagi si bayi ketika sudah lahir. Baby shower sendiri dilakukan beberapa bulan sebelum bayi lahir, sama seperti acara mitoni yang biasanya dilakukan pada bulan ketujuh kehamilan.

Baby shower biasa diadakan oleh kerabat terdekat untuk si ibu hamil dan jabang bayi

baby shower via www.huffingtonpost.co.uk

Berbeda dengan acara mitoni yang biasanya memang diadakan oleh si ibu hamil, Baby shower biasanya diselenggarakan oleh teman atau kerabat dekat si ibu hamil. Selain teman baik, kadang si nenek dari jabang bayi juga menjadi orang yang menyelenggarakan acara tersebut. Terkadang baby shower dirahasiakan dari si ibu hamil dengan harapan bahwa acara tersebut bisa menjadi surprise yang menyenangkan. Meskipun begitu, akan lebih baik jika yang akan diberi acara sedikit tahu-menahu tentang acaranya agar tak ada konflik schedule.

Bapak-bapak dan mas-mas nggak boleh ikut ya, karena acara ini khusus untuk cewek-cewek saja

Advertisement

cewek-cewek aja via www.wewomen.ca

Di acara tujuh bulanan, tamu tidak dibatasi oleh jenis kelamin. Semua kerabat dekat dan sahabat terkasih boleh ikut menceriakan acara tersebut. Meskipun begitu, baby shower ternyata hanya boleh diikuti oleh cewek-cewek termasuk si calon ibu tersebut. Hanya kakak laki-laki yang masih kecil saja yang biasanya dibolehkan ikut dalam acara tersebut.

Baby shower biasanya dimulai dengan suguhan-suguhan kecil nan imut bagi para tamu

kue dan snacks untuk baby shower via www.itmevents.ca

Yep, baby shower selalu dimulai dengan acara suguhan yang biasanya terdiri dari secangkir teh dan makanan-makanan kecil yang bentuknya imut. Makanan yang sering ada dalam Baby Shower adalah kue-kue lucu dengan bentuk yang berhubungan dengan bayi seperti telapak kaki bayi, dot susu, baju bayi, dan sebagainya.

Acara kemudian diikuti dengan games-games kecil yang dapat memeriahkan acara

tebak-tebakan makanan bayi! via domesticcharm.blogspot.com

Baby shower kemudian dilanjutkan dengan permainan-permainan kecil yang biasanya dilakuan di ruang tamu. Permainan yang dilakukan biasanya bernada ringan dan berhubungan dengan si jabang bayi tersebut. Salah satu permainan yang paling umum dimainkan dalam acara Baby Shower antara lain adalah Guess the Baby Food, dimana tamu harus menebak makanan bayi rasa apa yang mereka makan tanpa melihat informasi yang ada pada wadahnya.

Ada juga permainan Diaper Derby dimana tamu dibagi menjadi beberapa team. Kemudian team tersebut akan berlomba-lomba memakaikan tisu toilet sebagai popok bayi. Siapa yang paling cepat melakukannya akan menang dan mendapatkan hadiah.

Acara selanjutnya adalah yang paling ditunggu-tunggu, yaitu acara buka kado!

membuka kado via bemozza.org

Seperti acara ulang tahun, acara yang satu ini adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh si calon ibu, atau bahkan semua orang. Setelah bermain game, para tamu akan berkumpul sembari melihat calon ibu membuka kadonya satu persatu. Beberapa kado yang paling sering dijumpai di acara seperti ini adalah benda-benda keperluan bayi seperti popok, celemek makan, makanan bayi, dan sebagainya. Acara ini pun juga bisa dijadikan game tebak hadiah dimana si ibu akan menebak dari siapa hadiah yang sedang dia buka.

Sebagai tanda terimakasih sudah datang, para tamu pun pulang dengan souvenir di tangannya

dot bayi isi permen untuk buah tangan via espanol.babycenter.com

Para tamu biasanya tidak pulang dengan tangan kosong. Sebelum acara ditutup, penyelenggara acara biasanya akan menyediakan buah tangan lucu untuk dibagikan ke para tamu. Buah tangan bisa berupa souvenir-souvenir kecil hingga kue-kue lucu.

Nah, untuk kalian yang cuma ingin senang-senang tanpa ribet dengan acara siraman dan sebagainya, acara Baby Shower bisa menjadi alternatif untuk dipilih. Cobain yuk!