Dalam rangka mempersiapkan pernikahan, budget atau biayanya sudah wajib kamu dan pasangan pikirkan. Hal ini berkaitan dengan banyaknya kebutuhan yang harus kamu beli demi kelancaran acara dan memanjakan para tamu undangan. Undangan, biaya gedung dan dekorasi, hingga busana sudah tentu menjadi bagian wajib dari berlangsungnya acara pernikahan, khususnya pada saat resepsi.

Lalu, bagaimana dengan urusan katering? Bagaimana supaya biaya untuk katering tidak membengkak saat resepsi?

Now, Hipwee akan meringankan bebanmu dan pasangan dalam mempersiapkan katering, supaya biaya yang kalian keluarkan untuk resepsi nggak terlalu ‘mencekik leher’. Yuk simak!

1. Karena alasan berhemat biaya resepsi, tak ada salahnya kamu menggunakan konsep angkringan untuk menjamu para tamu undangan.

model angkringan juga oke via jogjarasa.com

Demi melancarkan niat berhematmu dan pasangan, tak apa-apa jika kamu memakai konsep stand angkringan pada hari resepsimu. Meja-meja kayu yang mudah ditemui serta isi hidangan khas angkringan yang murah meriah bisa kamu coba dan praktikkan untuk menjamu tamu undangan. Nggak perlu banyak berisi daging atau sate usus, kamu bisa menyediakan tempe atau tahu bacem, sate telur puyuh dan ceker ayam supaya tambah hemat.

2. Nggak cuma irit, menghidangkan donat mini warna-warni saat resepsi bisa memanjakan perut lapar sekaligus mata yang haus akan pemandangan.

Advertisement

meski mini, sumpah ini enak dan hemat banget! via chefkoch.com

Hidangan donat mini yang belum begitu banyak ditemui di Indonesia membuat sebagian besar orang enggan untuk mencobanya. Tapi, kamu bisa jadi pasangan pengantin pertama yang menyediakan hidangan unik dan enak ini untuk memanjakan perut sekaligus pandangan para tamu. Kamu bisa sangat berhemat dengan hidangan ini, asalkan ukuran donat yang kamu pesan betul-betul mini dan berbeda jauh dari ukuran donat seperti biasanya.

3. Menghidangkan segar dan lezatnya rujak buah juga nggak ada salahnya kamu coba. Meski tradisional, rujak buah ini ampuh untuk menggoyang lidah para tamu.

rujaknya bu, rujaknya pak via jirowes.weebly.com

Rujak buah yang biasa kamu temui atau bahkan konsumsi sendiri pun bisa lho dijadikan hidangan spesial saat resepsi pernikahan. Dengan menyediakan beberapa piring kecil lengkap dengan tusuk giginya, kamu sudah bisa menyenangkan hati para tamu karena lezatnya rujak buah ini.

4. Atau mau yang lebih modern namun tetap irit, kamu bisa menyajikan sate buah-buahan segar.

sate buah, biar segeran dikit via mom.isnuansa.com

Karena kebanyakan dari tamu undangan resepsi itu biasanya suka dengan hidangan yang segar, manis dan nggak berat, sate buah inilah yang paling cocok dihidangkan. Tak harus buah-buahan mahal nan menguras kantong, kamu bisa memilih semangka, melon, jeruk atau mangga yang harganya masih wajar dan nggak mengganggu niat berhematmu.

5. Walaupun tergolong makanan berat, soto ayam bisa jadi alternatif buatmu yang sungkan untuk menghidangkan lauk berbau daging sapi.

soto ayam, alternatif pengganti daging sapi via mrsrummedio.blogspot.com

Soto ayam yang sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia ini tak hanya enak, namun juga cukup mengenyangkan. Cita rasa yang segar karena ada kuahnya juga mampu membuat para tamu undangan puas, meski tak ada hidangan berbau daging sapi. Sediakan saja maungkuk-mangkuk kecil lengkap dengan sendoknya supaya budget-mu nggak terlalu bengkak.

6. Biar anti mainstream, kamu juga bisa menghadirkan kebab mini isi ayam yang pasti bikin ketagihan.

kebab mini, biar hemat via corumsaintjean.fr

Untuk ukuran normal, kebab yang merupakan makanan khas Timur Tengah ini memang agak besar. Namun, kamu bisa bereksperimen dengan sajian kebab mini yang belum begitu banyak ditemui di resepsi pernikahan orang Indonesia ini. Eits, karena kebab isi daging sapi itu mahal, kamu bisa menggantinya dengan isi daging ayam, kok.

7. Mau tambah nostalgia sambil berhemat? Hidangkan saja cilok bumbu kacang di resepsi pernikahanmu!

cilok, ulala ~ via santeaja.com

Cilok dan bumbu kacang yang sudah akrab di telinga ini ternyata bisa kamu jadikan pilihan hidangan saat resespi, lho. Harganya yang masih merakyat menjadi alasan mengapa cilok terus digemari hingga kini. ‘Kan unik tuh kalau penganan di resepsi pernikahanmu nanti semacam jajanan masa SD?

Mie Lidi yang masih melegenda hingga kini…

nostalgia dengan mie lidi via bukalapak.com

Nggak cuma nostalgia tahun 1990’an saja, menyajikan mie lidi di resepsi pernikahan juga membuat suasana sakralmu menjadi unik dan tak terlupakan.

8. Untuk menyegarkan suasana dan tenggorokan, es campur berukuran mini ini juga bisa memuluskan niat berhematmu.

es campur mini via kulinersehat.com

Karena nggak cuma makanan saja yang harus kamu hidangkan, minuman juga perlu untuk dipikirkan. Pilihlah minuman segar dengan warna-warna yang menarik supaya makin dilirik para tamu. Es campur berukuran mini inilah yang bisa kamu jadikan pilihan, supaya nggak cuma murah, tapi juga pantas buat memanjakan para tamu.

Pokoknya apa-apa serba mini deh!

9. Berikan kesan tradisional dan ramah dengan menghidangkan jajanan pasar yang khas dan familiar di lidah ini.

jajanan pasar tetap juara! via keripik.co.id

Siapa sih yang bakal nolak kalau dikasih klepon, lemper, serabi atau lumpia?

Hampir semua masyarakat Indonesia itu gemar menyantap camilan-camilan seperti jajanan pasar dan makanan kecil lainnya. Rasanya yang khas dan harganya yang super murah menjadikan pasukan jajanan pasar ini juara hingga saat ini. Dengan menampilkannya saat resepsi, bukankah kamu telah berhemat dan membiarkan jajanan pasar tetap menjadi idola?

Jadi, hidangan mana nih yang mau kamu pilih buat menghemat biaya resepsi?