Menikah sejatinya mudah dan simpel sekali, namun yang membuatnya terlihat ribet adalah banyaknya hal yang disiapkan untuk sebuah acara bernama resepsi. Menyewa gedung, pesan katering, dekorasi sampai pada jenis wardrobe seperti apa yang akan dikenakan. Berbicara mengenai pakaian, saat akan melangsungkan resepsi pernikahan, kita pun tak bisa hanya memikirkan kebaya untuk diri sendiri sebagai pengantin.

Masih ada orangtua dan mertua, adik-adik, bridesmaids, termasuk juga para tante sampai tetangga kanan kiri yang juga masuk dalam daftar yang mendapatkan seragam. Untuk itulah kali ini Hipwee Wedding menjabarkan mengenai perkiraan jumlah kebaya yang harus disiapkan jelang pernikahanmu nanti. Baik itu mau sewa atau bikin sendiri, yang penting sekarang catat dulu, ya!

1. Kebaya untuk ibu kandung dan ibu mertua. Pilihlah warna serta kain yang lembut dan elegan

Kebaya orangtua via www.instagram.com

Ibu kandung dan ibu mertua = 2 kebaya

Untuk ibu kandung dan juga ibu mertua, pilihlah warna serta kain yang lembut dan juga elegan motifnya. Karena biasanya, orangtua tidak terlalu suka dengan warna mencolok serta motif brokat yang terlalu ramai. Pastikan juga untuk membeli kain dengan ukuran yang lebih lebar. Biasanya, para ibu-ibu lebih suka kebaya dengan bagian bawah yang panjangnya sampai lutut. Usahakan untuk mengajak mereka ikut serta saat proses memilih kain atau baju kebaya agar lebih mantap saat mengenakannya nanti di resepsi pernikahanmu.

2. Kebaya untuk adik perempuan dan juga calon adik ipar. Makin banyak adik, makin banyak kebaya yang disiapkan

Advertisement

Adik kandung (2 orang) dan adik ipar (1 orang) = 3 kebaya

Adik perempuan biasanya jadi yang ikut excited menyambut pernikahan kita. Salah satu yang ditunggu-tunggu dari mereka tidak lain dan tidak bukan adalah tentang adanya seragam kebaya. Biasanya sih mereka maunya pilih sendiri dari mulai kain sampai pada model kebayanya. Makin banyak adik perempuan, baik dari kamu maupun pasangan, tentunya makin banyak kebaya yang disiapkan.

3. Kebaya untuk bridesmaids. Nggak sabar menantikan sahabat datang dengan mengenakan seragam yang sudah disiapkan

Kebaya untuk bridesmaids via www.instagram.com

Bridesmaids 9 orang = 9 kebaya

Sekarang ini, bridesmaids jadi salah satu elemen pernikahan yang wajib ada. Rasanya senang sekali saat mereka datang dengan cantiknya mengenakan seragam dari kebaya yang sudah kita siapkan. Nah, untuk bridesmaids kamu bisa membebaskan model kebaya sesuai selera masing-masing dari mereka atau sengaja untuk menyatukan model sesuai keinginanmu sendiri.

4. Kebaya untuk Tante dan juga saudara sepupu. Biasanya sih semuanya pada minta jatah seragam

Tante dan saudara sepupu via www.bridestory.com

Tante dari pihak perempuan 5 orang

Tante dari pihak laki-laki 6 orang

Saudara sepupu pihak perempuan 5 orang

Saudara sepupu dari pihak laki-laki 7 orang

Total kebaya = 23 kebaya

Adik perempuan dari ibu atau yang biasa kita sebut dengan Tante juga masuk dalam daftar yang mengenakan seragam kebaya. Begitu juga dengan anak-anak perempuan mereka alias saudara sepupu kita. Banyak? Iya memang. Tapi karena kehadiran mereka pula resepsi pernikahan akan makin meriah, tak lupa juga dengan hadiah serta amplop yang mereka berikan. Semakin banyak orangnya, semakin banyak pula yang didapat. Hahaha!

5. Meski tak semua melibatkan tetangga, tak ada salahnya para ibu-ibu di kanan kiri rumah kita juga kebagian seragam kebaya

Ibu-ibu tetangga 10 orang = 10 kebaya

Biasanya, ibu-ibu ini (bersama suaminya) bertugas sebagai among tamu (orang yang menyambut tamu undangan yang hadir) dalam gelaran resepsi pernikahan. Maka, pilihlah seragam kebaya yang tak kalah cantik dengan seragam untuk keluarga maupun bridesmaids.

6. Kebaya untuk petugas buku tamu. Biasanya diberikan pada mereka anak dari tetangga atau dari saudara sendiri

Petugas buku tamu berfoto dengan pengantin via ourcosmic.wordpress.com

Petugas buku tamu 4 orang = 4 kebaya

Untuk petugas buku tamu biasanya berjumlah genap dan ada di dua sisi. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi tumpukan antrian pada pintu masuk sehingga dibagi dua sisi. Petugas buku tamu biasanya diberikan pada mereka anak dari tetangga atau justru saudara sepupu sendiri. Jika pilihan terakhir yang diambil, justru akan menghemat urusan kebaya karena saudara sepupu sudah punya seragam kebaya sendiri.

Seragam kebaya jadi salah satu hal yang disiapkan jauh-jauh hari karena selain harus memilih beberapa warna dan motif pada masing-masing kelompok (untuk orangtua, bridesmaids, among tamu, sepupu, dan lain sebagainya), kamu juga perlu mengirimnya ke beberapa tujuan untuk mereka yang berada di luar kota. Selain itu, tentunya memasukkan ke penjahit juga butuh waktu paling tidak minimal 2 minggu sampai akhirnya jadi. Jika sewa kebaya, pastikan adakan fitting pada mereka yang akan mengenakan seragam tersebut.

Semoga penjelasan ini dapat membantu persiapan pernikahanmu, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya