Raisa Andriana baru saja melepas masa lajangnya dan telah sah menjadi istri Hamish Daud Wyllie. Apakah hatimu termasuk yang terpoteque gara-gara pernikahan mereka? Jika iya, jangan sedih, karena perasaanmu mungkin sama dengan jutaan manusia-manusia fakir asmara lainnya di seantero Indonesia ini. (Oke ini lebay)

Untuk bisa move on dari kisah cinta patah hati nasional ini, bagaimana jika kita beralih membicarakan satu aspek yang membuat penampilan Raisa makin memukau? Yap, itulah kebaya dan gaun yang dikenakannya. Untuk urusan yang satu ini, ternyata Raisa nggak main-main, lho. Pada tiap prosesi yang dia jalani, baik kebaya maupun gaun yang dipakai berasal dari desainer yang berbeda-beda.

Kali ini Hipwee Wedding ingin mengulas mengenai kebaya dan gaun apa saja yang Raisa kenakan mulai dari acara lamaran sampai resepsi kemarin malam. Kira-kira, berapa total biaya yang Raisa keluarkan ‘hanya’ untuk urusan wardrobe ya?

1. Untuk prosesi lamaran, Raisa mengenakan kebaya rancangan Vera Anggraini yang dibanderol dengan kisaran harga Rp 20 jutaan

Kebaya lamaran by Vera Kebaya via www.instagram.com

Vera Anggraini dengan label Vera Kebaya menjadi salah satu vendor pernikahan yang sering dipakai publik figur dan juga selebriti. Untuk kebaya standar saja harganya bisa mulai dari Rp 8 jutaan. Sedangkan kebaya untuk special occassion seperti yang dikenakan Raisa saat lamaran, biasanya dibanderol dengan harga kisaran Rp 20 jutaan. Nggak heran kalau penampilan Raisa kala itu terlihat sangat cantik dengan balutan kebaya warna merah muda, dipadankan dengan kain songket sebagai bawahan.

2. Dibalut kristal, Raisa mengenakan gaun warna putih rancangan Studio Boh?! untuk acara pengajian jelang pernikahan. Harganya juga ada di angka Rp 20 juta

Advertisement

Baju pengajian by Studio Boh?! via www.instagram.com

Gaun pengajian jelang pernikahan yang dikenakan Raisa ini sempat heboh diberitakan setelah Penny Arie Sunaryono, sang disainer dari Studio Boh?! mengatakan pada media bahwa harga normal untuk gaun yang dipakai Raisa adalah Rp 20 juta. Sedangkan Raisa diberikan diskon khusus untuk gaunnya tersebut.

Detailnya, gaun ini terdapat kristal sebagai payet dan juga sentuhan lasercut. Meski tidak sebanyak seperti pada bajunya, bagian tutup kepala juga diberikan sedikit kristal untuk menambah cantik penampilan. Studio Boh?! sendiri sengaja memberian warna lavender dengan model cape agar sesuai dengan acara pengajian yang khidmat dan tenang.

3. Usai siraman, Raisa melakukan prosesi Ngaras untuk sungkeman dan meminta restu pada orangtua. Kali ini ia mengenakan kebaya rancangan An’Soe

Kebaya pengajian by An’Soe via scontent-sin6-1.cdninstagram.com

Usai siraman, Raisa menggelar prosesi Ngaras untuk meminta restu pada orangtua. Pada prosesi ini, Raisa mengenakan kebaya berwarna blurple (blue-purple) rancangan Andika Pramudya dan Satria Soewiryo yang tergabung dalam label An’Soe. Kebaya yang dikenkannya ini bergaya off shoulder yang dipercantik dengan taburan ratusan kristal Swarovski pada motif brokat. Untuk kebaya jenis ini, harga yang ditaksir kisaran Rp 10 jutaan.

4. Untuk prosesi Ngeuyeuk Seureuh, Raisa mempercayakan kebaya rancangan Anggi Asmara yang dihargai sekitar Rp 10 juta

Raisa dan desainernya, Anggi Asmara via www.instagram.com

Untuk prosesi Ngeuyeuk Seureuh, Raisa mengenakan kebaya rancangan Anggi Asmara. Kebaya simpel dengan model peplum ini terlihat sangat cocok dipakai oleh Raisa yang kala itu disandingkan dengan Hamish Daud yang berpeci dan bersarung. Kebaya tersebut menggunakan bahan tulle dan brokat Prancis berwarna nude. Menurut review sebuah blog, Anggi Asmara membanderol harga kebaya simpel dan standar dengan harga Rp 6 – 10 juta.

5. Kembali menggunakan jasa Vera Anggraini, begini penampilan Raisa dan Hamish saat akad nikah dengan kebaya dan beskap yang harganya bisa mencapai lebih dari Rp 35 juta

Kebaya Akad by Vera Anggraini via www.instagram.com

Untuk prosesi akad nikah, Raisa kembali menggunakan jasa Vera Anggraini. Biasanya, Vera Anggraini sendiri memberikan harga mulai dari Rp 35 juta untuk sebuah kebaya akad nikah. Beda lagi untuk kebaya resepsi yang dibanderol dengan harga lebih tinggi 5 hingga 10 juta rupiah. Saat akad nikah, Raisa mengenakan kebaya warna putih yang menjuntai hingga ke bawah, sedang Hamish terlihat gagah dengan beskap dan blangkon yang juga dibuat oleh desainer yang sama.

6. Mengusung tema international wedding, Raisa mengenakan gaun resepsi rancangan Elie Saab yang kabarnya dihargai mulai dari Rp 100 jutaan. Wow!

By Elie Saab via www.instagram.com

Untuk resepsi malam harinya, Raisa mengenakan gaun rancangan Elie Saab, desainer asal Lebanon. Gaun pengantin Raisa ini merupakan koleksi Spring 2017 dari Elie Saab Bridal. Gaun tersebut bersiluet ballgown dengan potongan lengan panjang transparan yang bertabur bordiran bunga-bunga kecil, serta mengembang pada bagian bawah hingga menyapu lantai. Dilansir dari Vogue, harga untuk satu gaun rancangan Elie Saab bisa mencapai Rp 100 jutaan. Padahal, malam itu Raisa tidak hanya mengenakan satu gaun saja.

7. Terakhir, Raisa berganti pakaian dengan mengenakan gaun rancangan Jenny Packham yang lebih simpel. Tapi nyatanya, harganya tak sesimpel kelihatannya karena ditaksir sekitar 50 hingga 100 juta rupiah

By Jenny Packham via www.instagram.com

Di acara resepsinya, Raisa berganti pakaian dengan mengenakan gaun rancangan desainer asal inggris Jenny Packham. Gaun dengan payet yang rumit ini terjuntai dengan siluet yang simpel dan berlengan pendek. Banyak sumber mengatakan bahwa gaun buatan Jenny Packham biasanya ditaksir dengan harga antara 50 hingga 100 juta rupiah. Rancangan Packham juga kerap disukai para selebriti dunia, di antaranya Angelina Jolie, Kate Winslet, Jennifer Lopez, Taylor Swift, Vanessa Hudgens, dan Adele. 

Sepertinya Raisa tahu betul bahwa segala prosesi dalam pernikahannya ini memiliki kesan dan kenangan tersendiri. Mungkin itulah sebabnya ia memilih desainer kenamaan baik dari dalam maupun luar negeri agar penampilannya maksimal di hari bahagianya tersebut. Jika dijumlahkan, untuk urusan gaun dan kebaya saja, Raisa diperkirakan harus mengeluarkan kocek hingga mencapai Rp 300 jutaan. Wow, harga yang fantastis untuk sebuah kostum ya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya